Jika bicara tentang karir di dunia kerja siapapun bisa saja mengalami masalah kebosanan. Masalahnya, efek dari jenuh dalam bekerja ini bisa berbagai macam dampaknya. Mulai dari kerja yang tidak produktif, pengaruhnya pada tubuh, meningkatnya emosional diri, sampai keinginan untuk mengundurkan diri.Â
Kejenuhan di tempat kerja ini bisa jadi karena pekerjaan rutin dan monoton yang berlangsung tahunan, memperoleh tanggung jawab kerja yang kurang menantang atau kurang berarti.Â
Masalah ini pun bisa dialami oleh siapa saja.Â
Sebetulnya, jawaban dari masalah ini adalah kondisi otak manusia yang selalu membutuhkan stimulasi dan tantangan. Kondisi ini menyebabkan siapapun akan merasa bersemangat ketika memperoleh tugas baru.Â
Tapi setelah itu berlalu, rasa antusias pun akan segera turun hingga timbullah rasa jenuh.Â
Maka jika rasa jenuh ini mulai hinggap, coba carilah stimulus baru di pekerjaan yang mampu memancing kreativitas dan menggali kesempatan pengembangan diri. Tantangan atau motivasi yang baru bisa berdampak pada semangat kita dalam bekerja nkembali.Â
Untuk itu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk kembali membangkitkan semangat bekerja. Temukan hal yang baru terus menerus, bisa mulai dengan merubah tampilan meja kerja, mengganti penampilan dan gaya busana, atau meminta tugas dan tanggung jawab baru pada atasan.Â
Bertemulah dengan orang-orang baru serta banyaklah berinteraksi dengan mereka. Sadari juga bahwasanya otak memerlukan informasi baru dengan mempelajari hal-hal yang baru.Â
Jika memungkinkan, ajukan permintaan untuk mengikuti pelatihan dan kursus. Proses belajar ini akan meningkatkan rasa percaya diri dan kesanggupan dalam menyelesaikan hal-hal yang menantang.Â
Tantangan juga bisa didapat dengan menumbuhkan ide-ide segar dan membuat target kerja yang jelas. Jika itu sudah tercapai, beri hadiah pada diri sendiri.Â
Hindari juga kebiasaan untuk menunggu dan merespon hanya saat mendapat tugas dari atasan. Jika ini dilakukan, imbasnya bisa juga menghasilkan penilaian positif dari atasan atas inisiatif yang telah kita lakukan.Â
Monoton melakukan kerja memang bisa memicu kebosanan. Karenanya, lakukan kegiatan yang kita sukai sebelum melakukan kerja seperti mendengarkan musik atau berolah raga untuk menciptakan mood yang positif. Jika perlu, jadwalkan liburan atau cuti dalam rentang waktu tertentu.Â
Tips atasi jenuh di kantor:Â
1. Cintai pekerjaan kita lebih dahulu. Dengan mencintai pekerjaan akan mendorong semangat untuk bekerja dengan penuh tanggung jawab.Â
2. Berpikirlah positif dalam menghadapi tantangan dan jangan pernah berpikir tantangan adalah sebuah hambatan. Dengan demikian, kita bisa melihat tantangan sebagai solusi peningkatan kapasitas diri.
3. Tingkatkan kemampuan seiring dengan bertambahnya tantangan atau tanggung jawab kerja. Lebih bagus lagi jika kita bisa selalu meningkatkan kemampuan, mengasah keahlian dan mengisi pikiran dengan informasi atau ilmu pengetahuan terbaru.Â
4. Tetapkan skala prioritas dalam bekerja. Kerjakanlah tugas dari yang paling penting terlebih dulu, dan selesaikanlah sesuai dengan batas waktu yang sudah kita tentukan sendiri. Patuhi target deadline atau batas waktu ya.Â
5. Ciptakan suasana kerja yang komunikatif. Sisihkan waktu paling tidak untuk mendengar dan berusaha memahami harapan dan persoalan yang sedang dihadapi oleh orang-orang dalam lingkungan pekerjaan kita. Hal ini bisa menghasilkan adanya saling pengertian dan jalinan keakraban, yang pada akhirnya melahirkan suasana menyenangkan dalam bekerja.Â
6. Lakukan konsistensi yang positif dalam aktivitas kerja karena dunia kerja sarat dengan aneka tantangan. Bila kita bisa selalu bersikap konsisten terhadap tujuan semula, yaitu menghasilkan pekerjaan terbaik, maka keresahan, kekhawatiran, kebosanan dan segala yang kurang menyenangkan dalam pekerjaan bisa diganti dengan rasa tenang dan senang.Â
7. Ciptakan motivasi atau reward untuk diri sendiri serta orang lain. Motivasi dan penghargaan bisa menciptakan keakraban dalam lingkungan kerja. Selain itu hal ini juga mengobarkan stimulus dalam berpacu mengejar prestasi.Â
Bisa jadi satu di antara penyebab kita tidak bersemangat dalam bekerja adalah adanya rasa bosan, malas. Hal ini bisa jadi dikarenakan keberadaan potensi kita yang kurang diberdayakan atau kurang dihargai. Tapi kalau saja potensi yang ada digabungkan dengan semangat kerja, hasilnya bisa jadi sangat mengagumkan.Â
Untuk itu langkah yang bisa kita coba adalah mencoba saling memotivasi dan menghargai sesama teman di lingkungan kerja.Â
Keberadaan motivasi dan penghargaan nantinya tidak hanya menciptakan keakraban dalam lingkungan kerja. Tetapi bisa juga lho juga menjadi semangat dala. berpacu mengejar prestasi.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H