Mohon tunggu...
Ika Kurniawati
Ika Kurniawati Mohon Tunggu... Guru - GURU SD_SDN KAYULEMAH KEC.SUMBERREJO KAB.BOJONEGORO JAWA TIMUR

Seorang guru SD yang hobi menggambar dan mewarnai dan sedang mau belajar menulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Model Round Robin Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid

8 September 2024   11:57 Diperbarui: 8 September 2024   11:59 640
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid

Oleh :

Ika Kurniawati (CGP)

Rina Hartatik (PP)

Bekti Widodo (fasilitator)

Pada modul 3.3 ini, saya menyajikan jurnal refleksi dwi mingguan dengan model Round  Robin.

Berikut panduan pertanyaan untuk membuat refleksi model ini: 

1) Apa hal yang paling Anda kuasai setelah pembelajaran hari ini? Mengapa Anda merasa hal tersebut bisa membuat Anda sangat menguasainya? 

Setelah mempelajari modul 3.3 dengan alur M-E-R-D-E-K-A, hal yang paling saya kuasai adalah tentang konsep kepemimpinan murid (student agency). Saya merasa cukup menguasai konsep tersebut karena selama proses pembelajaran banyak disajikan modul-modul pengetahuan yang bisa saya pelajari secara mandiri dan mengeksplorasinya melalui forum-forum diskusi virtual baik diskusi tulisan maupun pada ruang kolaborasi yang dibimbing oleh Fasilitator kelas, juga mendapakan pendalaman materi dari instruktur dalam ruang elaborasi. Semua tahapan itu sangatlah membantu saya untuk cukup menguasai konsep dari materi modul 3.3. Selama proses pembelajaran tersebut, saya menjadi lebih faham bagaimana menciptakan program/kegiatan yang berdampak positif pada murid sehingga bisa menumbuhkembangkan kepemimpinan murid dengan lingkungan yang mendukung dan keterlibatan komunitas sekolah. 

2) Apa hal yang belum Anda kuasai setelah pembelajaran hari ini? Apa yang akan Anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut? 

Pada modul 3.3 ini, beberapa hal yang belum saya kuasai antara lain :

a. Merancang kegiatan/program sekolah yang kreatif dan inovatif yang benar-benar mempertimbangkan suara, pilihan, dan kepemilikian murid sehingga kegiatan/program tersebut berdampak positif pada murid baik kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, maupun ekstrakurikuler.

b. Efektifitas dalam melibatkan komunitas sekolah dalam upaya menumbuhkembangkan kepemimpinan murid di sekolah juga masih perlu saya fahami agar dapat mendukung terciptanya program/kegiatan sekolah yang berdampak positif pada murid.

Hal yang harus saya lakukan untuk mengatasi hal tersebut di atas adalah :

a. Saya harus banyak belajar dari berbagai sumber untuk memperdalam pemahaman saya dalam merancang program/kegiatan yang kreatif dan inovatif yang  berdampak positif pada murid dengan langkah awal mengidentifikasi aset-aset yang dimiliki sekolah sebgai modal dalam melaksanakan setiap program sekolah. Saya juga harus berupaya memahami dengan sungguh-sungguh tahapan BAGJA agar dapat merancang sebuah prakarsa perubahan yang terencana dengan baik sehingga dapat mewujudkan program/kegiatan sekolah yang diinginkan dengan tahapan yang runtut.

b. Saya harus belajar berkolaborasi dan menjalin kerjasama yang aktif dengan komunitas sekolah agar dapat mewujudkan kepemimpinan  murid di sekolah dalam semua jenjang, karena kepemimpinan adalah sebuah proses yang berkelanjutan yang tidak bisa diwujudkan sendiri. Maka sangatlah penting untuk melibatkan komunitas sekolah agar sama-sama berupaya mewujudkan kepemimpinan murid di sekolah.

 

3) Apa hal yang masih membingungkan Anda dari pembelajaran hari ini? Ceritakan hal-hal apa saja yang membuat hal tersebut membingungkan. 

Setelah mempelajari modul 3.3 ini, beberapa hal yang masih membingungkan bagi saya adalah bagaimana agar program/kegiatan yang kita rancang dapat berjalan dengan optimal dan konsisten serta mendapatkan dukungan penuh dari komunitas sekolah. Karena merawat konsistensi bagi saya cukup sulit, biasanya semangat di awal launching program/kegiatan namun semangat menurun ketika beberapa waktu terlampaui sehingga untuk menumbuhkan kesadaran dari semua komunitas sekolah dalam meumbuhkembangkan kepemimpinan murid dalam kegiatan sekolah juga menjadi salah satu hal yang masih membingungkan bagi saya.

Salam guru penggerak,

Tergerak

Bergerak

Menggerakkan

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun