Tugas 2.3.a.8 Koneksi Antar Materi Modul 2.3 Â Â Â Â Â Â
Oleh : Iis Sakila
Calon Guru Penggerak Angkatan 6
Kabupaten Majalengka
Bagaimana peran pendidik sebagai seorang coach di sekolah? Apa kaitan coaching, pembelajaran berdiferensiasi dan pembelajaran sosial dan emosi?
Ki Hadjar Dewantara menekankan bahwa tujuan pendidikan itu menuntun tumbuhnya atau hidupnya kekuatan kodrat anak sehingga dapat memperbaiki lakunya. Karena itu, keterampilan coaching perlu dimiliki para pendidik untuk menuntun  segala kekuatan kodrat (potensi) agar mencapai keselamatan dan kebahagiaan sebagai manusia maupun anggota masyarakat.
Dalam mengembangkan diri orang lain, sebagai guru kita dapat melakukan peran-peranan. Baik peran sebagai coach, mentor, konselor, fasilitator dan trainer. Guru harus mampu mengetahui peran apa yang bisa dipilihnya saat menghadapi berbagai situasi baik ketika menghadapi murid atau rekan sejawat.
Apa perbedaan coach, mentor, konselor, fasilitator dan trainer?
Coach adalah orang yang menuntun coachee menemukan ide baru untuk mengatasi tantangan yang dihadapinya untuk mencapai tujuan yang diinginkannya.
Mentor adalah orang yang membagikan pengetahuan, keterampilan dan pengalamannya kepada orang lain (mentee) untuk mengembangkan dirinya.