Mohon tunggu...
Iis Isnaeni
Iis Isnaeni Mohon Tunggu... Guru - SMPN 3 Tasikmalaya

A Wife, A Mom, A Teacher

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Mingguan Modul 1.1. CGP Angkatan 6 Kota Tasikmalaya

12 September 2022   10:05 Diperbarui: 12 September 2022   10:27 2093
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN

MINGGU PERTAMA CGP MODUL 1.1. PEMIKIRAN KHD

PENERAPAN 4F

FACT, FEELING, FINDING, FUTURE

 

Iis Isnaeni

SMPN 3 Tasikmalaya

CGP Angkatan 6

FACT (FAKTA)

  • Rabu, 24 Agustus 2022 Pembukaan PGP Angkatan 6 dilaksanakan secara daring dan dibuka oleh Mendikbud, Nadiem Makarim. Dilanjutkan dengan Pembentukan grup-grup terkait PGP Angkatan 6 melalui Whatsapp grup.
  • Senin, 29 Agustus 2022 dilaksanakan pre-test modul 1.1. Saya mengerjakan sekira pukul 21.00.
  • Rabu, tanggal 31 Agustus 2022. Dilaksanakan Sesi Video Confrence pertama dengan fasilitator Ibu Herlina Endah Lestari dari Purworejo pukul 13.00 sampai 15.00 membahas tentang  Eksplorasi konsep: pemikiran Ki Hajar Dewantara.
  • Kamis, tanggal 1 September 2022. Dilaksanakan Sesi Video Confrence kedua dengan fasilitator Ibu Herlina Endah Lestari dari Purworejo pukul 13.00 sampai 15.00 dalam ruang kolaborasi: pemikiran Ki Hajar Dewantara yang dibahas dalam kelompok (Sosio-kultural).
  • Jumat, tanggal 2 September 2022. Dilaksanakan Sesi Video Confrence ketiga dengan fasilitator Ibu Herlina Endah Lestari dari Purworejo pukul 20.00 sampai 22.30 dalam ruang kolaborasi: pemikiran Ki Hajar Dewantara yang dibahas dalam kelompok (nila---nilai luhur). Dilanjutkan dengan sesi presentasi kelompok PP Ibu Ilah Sarilah dan PP Bapak Yayan Saofyan Saury.
  • Sabtu, 3 September 2022. Zoom-meet dengan BBGP Jawa Barat dilanjutkan dengan lokakarya orientasi dengan Pengajar Praktik sampai pukul 16.30.
  • Jumat, 9 September 2022. G-meet pertama dengan instruktur Ibu Siti Luthfah dalam elaborasi pemahaman.

Dua pekan memahami modul 1.1. Refleksi Filosofis Pendiidkan Nasional Ki Hajar Dewantara banyak tugas yang selesai dikerjakan:

  • Membuat blog pribadi di menu "Mulai Dari Diri -- Ki Hajar Dewantara Sang Filsuf Pendidikan Ramah Anak.
  • Menyimak penayangan video gambaran pendidikan zaman kolonial dan membuat sebuah reviu serta saling bertukar pikiran dengan yang lain.
  • Membuat sebuah rekamanan audio/video yang merefleksikan diri tentang intisari pemikiran KHD, https://www.youtube.com/watch?v=gKGgx9Mo_OY
  • Membuat tugas kelompok yang berkenaan dengan pemikiran KHD dalam memandu kekuatan kodrat anak dan penerapannya pada konteks lokal sosial budaya.
  • Membuat tugas kelompok yang berkenaan dengan menemukenali nilai-nilai luhur kearifan budaya daerah asal yang relevan menjadi penguatan karakter murid sebagai individu sekaligus sebagai anggota masyarakat..
  • Membuat tayangan berupa video pembacaan puisi berkolaborasi dengan siswa dalam demontrasi kontekstual. https://www.youtube.com/watch?v=SCV08gjQJPg
  • Membuat tayangan berupa video koneksi antar materi yang telah dipelajari dalam modul 1.1. https://www.youtube.com/watch?v=qX_5unJGYsQ
  • Membuat jurnal refleksi mingguan.

Feeling (Perasaan)

Perasaaan berpadu satu saat pelaksanaan Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 6 ini. Dua pekan yang padat, sarat makna, penuh tugas, dan banyak hal dilalui. Luar biasa sekali lagi berucap syukur tiada kira, bisa diberikan kesempatan yang tidak semua orang bisa mendapatkannya. Bergabung bersama-sama para guru hebat. 

Memupuk solidaritas, tanggung jawab, disiplin waktu untuk hasil yang ingin dicapai tentunya. Bahkan setelah dua pekan bergelut dengan kegiatan, merasakan juga waktu tumbang karena raga sudah tak kuasa bertarung, alhamdulillah diberikan waktu beberapa hari untuk istirahat. 

Tentunya pendidikan yang tengah dilaksanakan sedikit membuka mata batin dan menampar keras betapa luar biasanya pendidikan jika dijiwai sepenuhnya apalagi dengan kemantapan pikiran KHD: pendidikan yang menuntn kodrat alam dan zaman anak agar meraih kebahagiaan dan keselamatan setinggi-tingginya.

Finding (Penemuan)

Selama pelaksanaan Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 6 ini, banyak temuan-temuan yang muncul. Diantaranya penemuan-penemuan pemikiran-pemikiran KHD tentang pendidikan yang makin menguatkan jiwa sebagai seorang pendidik. Bagaimana melaksankan treatment yang baik dan benar dalam proses pendidikan anak, bagaimana proses menuntun yang baik dan benar dalam memberikan pelayanan pendidikan anak sesuai kodrat alam dan zamannya. 

Sekali lagi diingatkan, bahwa mendidik anak butuh kesabaran, butuh keteladana, dan buth ramuan kasih sayang dalam perjalanannya. Kemudian disuguhi pula potret pendidikan masa kolonial yang super eksklusif tidak seperti pendidikan zaman sekarang yang sebetulnya telah mencapai kata merdeka bebas dari intervensi penjajah. 

Hanya bagaimana kita mengisi kemerdekaan yang diraih dengan suatu kemerdekaan-kemerdekaan batiniah agar pendidikan yang dilaksanakan bisa benar-benar merdeka seutuhnya.

Future (Target Capaian)

Akhirnya, ada masa depan yang menanti artinya strategi pembelajaran yang berlandaskan pemikiran KHD sebenarnya tak lekang oleh waktu. Sekarang pun masih sangat relevan untuk tetap digunakan dalam proses pendidikan. 

Harapannya tentu sebagai pembelajar dan pemelajar bisa menerapkan keluarbiasaan pemikiran KHD ini dalam lingkup sekolah agar siswa merasa senang belajar, merdeka belajar, dan bisa belajar sesuai kodrat alam dan zamannya serta bisa menuntun siswa menemukan konsep bahagia dan selamat versinya.

Salah satu karya nyata dari pembelajaran modul 1.1. adalah puisi dwi bahasa berjudul: KI HAJAR DEWANTARA.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun