1.3.a.9 Aksi Nyata Modul 1.3 Visi Guru Penggerak
Assalamualaikum wr.wb
Perkenalkan saya Iin Nuraeni Calon Guru Penggerak Angkatan 9 Kabupaten Pasuruan.
Saya akan memaparkan kegiatan aksi nyata saya di modul 1.3 Visi Guru Penggerak.
Tujuan Pembelajaran Khusus: Calon Guru Penggerak mampu menjalankan rencana manajemen perubahan yang telah dibuat.
Pada modul 1.3 ini, para Calon Guru Penggerak mendapat tugas merevisi dan mengeksekusi rancangan BAGJA untuk prakarsa perubahan diri yang sudah dibuat pada tahap Demonstrasi Kontekstual. Penerapan Aksi Nyata ini bukan semata penugasan modul Program Pendidikan Guru Penggerak, melainkan sebuah praktik dalam pengembangan profesi berkelanjutan.
Latar Belakang
Saya memperoleh ilham dari  tujuan pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara, yang dapat diartikan  bahwa Pendidikan sejatinya adalah menuntun anak mencapai kekuatan kodratnya sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zamannya sehingga mereka bisa mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya untuk dapat bersosialisasi dalam masyarakat di era globalisasi abad 21 ini tanpa meninggalkan kultur budaya pada lingkungan sendiri.
Latar Belakang Aksi Nyata
Melalui pendekatan Inquiry Apresiatif, saya mencoba merumuskan visi Guru Penggerak dan mencoba untuk mengejawantahkan visi tersebut melalui Prakarsa perubahan diri.
Visi:
Mewujudkan Murid yang berakhlak mulia, Mandiri, Berprestasi, dan bertanggung Jawab sesuai dengan Profil Pancasila.
Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila, khususnya pada dimensi Mandiri dan Kreatif melalui pembiasaan positif di sekolah.
Prakarsa Perubahan Diri
Mengembangkan Kemandirian Murid yang Berprofil Pelajar Pancasila dengan berupaya menumbuhkan karakter disiplin, penuh semangat, dan motivasi yang tinggi, serta menumbuhkan rasa percaya diri dan keaktifan murid melalui pembiasaan-pembiasaan positif dalam pembelajaran yang benar-benar berpihak kepada murid UPT Satuan Pendidikan SDN Pekoren I
Aksi Nyata
Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila, khususnya pada dimensi Mandiri dan Kreatif melalui pembiasaan positif di sekolah.
Aksi Nyata
1. Pengenalan Profil Pelajar Pancasila kepada guru-guru dan siswa.Â
2. Pembiasaan Disiplin Positif (Hadir tepat waktu, 5S (Salam, Senyum, Sapa, Sopan, Santun), membaca Asmaul Husna sebelum pembelajaran dimulai, sholat dhuha (sesuai jadwal), sholat Dzuhur berjamaah (sesuai jadwal), tugas piket kelas, dan kesepakatan kelas.
3. Pemberian motivasi dan semangat untuk menumbuhkan motivasi
4. Â Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan untuk menumbuhkan kecintaan dan motivasi belajar
5. . Menumbuhkan karakter mandiri dan gotong-royong melalui kerja kelompok, diskusi, tugas kelompok.
6. Menumbuhkan karakter mandiri dan percaya diri melalui kegiatan presentasi dan seluruh siswa diberi kesempatan untuk tampil.
Refleksi:
Pada tahap refleksi, saya menuliskan pada jurnal refleksi mengenai pengalaman, perasaan, dan pembelajaran apa yang saya dapatkan dalam kegiatan aksi nyata. Saya juga membuat Tindak lanjut apa yang akan saya perbaiki dan perlu saya tingkatkan dari aksi nyata yang sudah saya lakukan.
Salam dan bahagia Bapak Ibu Penggerak
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H