Mohon tunggu...
iin nuraeni
iin nuraeni Mohon Tunggu... Guru - seorang ibu yang menyukai anak-anak, suka menulis, dan ingin terus belajar.
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Belajar sepanjang hayat

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

1.3.a.6 Aksi Nyata Modul 1.3 Visi Guru Penggerak

28 September 2023   12:02 Diperbarui: 28 September 2023   12:04 545
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1.3.a.9 Aksi Nyata Modul 1.3 Visi Guru Penggerak

Assalamualaikum wr.wb

Perkenalkan saya Iin Nuraeni Calon Guru Penggerak Angkatan 9 Kabupaten Pasuruan.

Saya akan memaparkan kegiatan aksi nyata saya di modul 1.3 Visi Guru Penggerak.

Tujuan Pembelajaran Khusus: Calon Guru Penggerak mampu menjalankan rencana manajemen perubahan yang telah dibuat.

Pada modul 1.3 ini, para Calon Guru Penggerak mendapat tugas merevisi dan mengeksekusi rancangan BAGJA untuk prakarsa perubahan diri yang sudah dibuat pada tahap Demonstrasi Kontekstual. Penerapan Aksi Nyata ini bukan semata penugasan modul Program Pendidikan Guru Penggerak, melainkan sebuah praktik dalam pengembangan profesi berkelanjutan.

Latar Belakang

Saya memperoleh ilham dari  tujuan pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara, yang dapat diartikan  bahwa Pendidikan sejatinya adalah menuntun anak mencapai kekuatan kodratnya sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zamannya sehingga mereka bisa mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya untuk dapat bersosialisasi dalam masyarakat di era globalisasi abad 21 ini tanpa meninggalkan kultur budaya pada lingkungan sendiri.

Latar Belakang Aksi Nyata

Melalui pendekatan Inquiry Apresiatif, saya mencoba merumuskan visi Guru Penggerak dan mencoba untuk mengejawantahkan visi tersebut melalui Prakarsa perubahan diri.

Visi:

Mewujudkan Murid yang berakhlak mulia, Mandiri, Berprestasi, dan bertanggung Jawab sesuai dengan Profil Pancasila.

Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila, khususnya pada dimensi Mandiri dan Kreatif melalui pembiasaan positif di sekolah.

Prakarsa Perubahan Diri

Mengembangkan Kemandirian Murid yang Berprofil Pelajar Pancasila dengan berupaya menumbuhkan karakter disiplin, penuh semangat, dan motivasi yang tinggi, serta menumbuhkan rasa percaya diri dan keaktifan murid melalui pembiasaan-pembiasaan positif dalam pembelajaran yang benar-benar berpihak kepada murid UPT Satuan Pendidikan SDN Pekoren I

Aksi Nyata

Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila, khususnya pada dimensi Mandiri dan Kreatif melalui pembiasaan positif di sekolah.

Aksi Nyata

1. Pengenalan Profil Pelajar Pancasila kepada guru-guru dan siswa. 

Dokumen pribadi
Dokumen pribadi

2. Pembiasaan Disiplin Positif (Hadir tepat waktu, 5S (Salam, Senyum, Sapa, Sopan, Santun), membaca Asmaul Husna sebelum pembelajaran dimulai, sholat dhuha (sesuai jadwal), sholat Dzuhur berjamaah (sesuai jadwal), tugas piket kelas, dan kesepakatan kelas.

Dokumen pribadi
Dokumen pribadi

dokumen pribadi
dokumen pribadi

dokumen pribadi
dokumen pribadi

3. Pemberian motivasi dan semangat untuk menumbuhkan motivasi

4.  Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan untuk menumbuhkan kecintaan dan motivasi belajar

5. . Menumbuhkan karakter mandiri dan gotong-royong melalui kerja kelompok, diskusi, tugas kelompok.

6. Menumbuhkan karakter mandiri dan percaya diri melalui kegiatan presentasi dan seluruh siswa diberi kesempatan untuk tampil.

Dokumen Pribadi
Dokumen Pribadi

Refleksi:

Pada tahap refleksi, saya menuliskan pada jurnal refleksi mengenai pengalaman, perasaan, dan pembelajaran apa yang saya dapatkan dalam kegiatan aksi nyata. Saya juga membuat Tindak lanjut apa yang akan saya perbaiki dan perlu saya tingkatkan dari aksi nyata yang sudah saya lakukan.

Salam dan bahagia Bapak Ibu Penggerak

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun