Mohon tunggu...
Ifa Isnaini
Ifa Isnaini Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi travelling

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Manusia Indonesia dari Perspektif yang Beragam

13 Desember 2022   18:49 Diperbarui: 13 Desember 2022   19:11 2776
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Perjalanan pendidikan di Indonesia dari masa ke masa memiliki cerita dan karakteristik yang menarik. Sejarah panjang pendidikan Indonesia penting dipahami dan dimaknai bagi seluruh warga Indonesia sebagai wujud identitas manusia Indonesia yang baik. Berbicara mengenai identitas manusia Indonesia tidak terlepas dari bagaimana keragaman yang ada di dalamnya. Keragaman tersebut menjadi ciri khas dan identitas bangsa. Identitas adalah ciri khas yang melekat akan keunikan yang dimiliki sehingga membedakan dengan hal lainnya (Hendrizal, 2020). 

Maka identitas manusia berkaitan dengan ciri khas dan eksistensi manusia yang ditentukan oleh faktor yang mendukung kelahiran identitas itu sendiri (Joko Suryo dalam Hendrizal, 2020) yakni faktor objektif meliputi geografis, ekologis, dan demografis serta faktor subjektif yakni historis, sosial, politik, dan kultural. Faktor tersebut memberikan pengaruh pada proses pembelajaran di Indonesia.

Proses pembelajaran dalam hal ini adalah pendidikan sebagai wadah persemaian cikal bakal sebuah kebudayaan yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat. Proses budaya menurut Ki Hadjar Dewantara sebagai ikhtiar dalam mengamalkan nilai luhur pada generasi baru untuk meningkatkan dan mengembangkan kebudayaan ke arah keluhuran budaya manusia (Mudana, 2019). Artinya adanya relasi antara kebudayaan dan pendidikan sehingga keduanya tidak bisa diabaikan.

Sebagaimana konsepsi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara yakni ajaran Trikon yang merupakan usaha pembinaan kebudayaan nasional terdiri dari tiga unsur yaitu dasar kontinuitas, dasar konsentris, dan dasar konvergensi (Tarigan et al, 2022). Ketiga unsur tersebut saling berkesinambungan yang mana pada dasar kontinuitas mengajarkan bahwa kebudayaan sifatnya berulang sehingga dalam mengembangkan kebudayaan harus konsentris yakni bersikap terbuka, kritis, dan selektif terhadap kebudayaan luar. 

Harapannya akan terbina karakter dunia secara universal dan karakter bangsa secara khusus sebagai suatu kesatuan tanpa mengorbankan identitas bangsa lain atau konvergen, (Tarigan et al, 2022).

Berdasarkan penjelasan di atas, inilah bagian dari "Bhineka Tunggal Ika" dimana identitas manusia Indonesia lahir, hidup, dan berkembang dalam kebhinekatunggalikaan yang khas serta tidak terlepas dari pengamalan nilai luhur budaya bangsa yang beragam. Manusia Indonesia adalah yang memiliki jati diri dan menjiwai nilai-nilai Pancasila. Pancasila sebagai pedoman dan falsafah hidup masyarakat menjadi tuntunan dalam berperilaku di kehidupan sehari-hari. 

Melalui Pancasila manusia Indonesia terlibat langsung dalam mencapai tujuan mulia bangsa ini. Manusia Indonesia yang berpedoman Pancasila tentu memiliki sikap saling asih dan menghormati antar sesama karena Pancasila berperan andil dalam merekatkan dan menyatukan hidup berbangsa atas keragaman yang ada di Indonesia.

Pengamalan nilai luhur budaya bangsa yang berpedoman pada Pancasila tidak terlepas dari Pendidikan sebagaimana yang digaungkan oleh pelopor Pendidikan Nasional Ki Hadjar Dewantara. Kebhinekaan sebagai struktur hakiki bangsa Indonesia mencakup keragaman agama, ras, suku, dan bahasa yang berpengaruh pula pada proses pengajaran. Sehingga diperlukan pemaknaan yang bersifat transendental dan terbuka melalui ekplorasi pengalaman lokalitas manusia Indonesia. Sesuai dengan apa yang diungkapkan oleh Koentjaraningrat terkait unsur kebudayaan Indonesia yang universal.

Menilik lebih dalam terkait identitas manusia Indonesia memiliki relevansi dengan perspektif sosio kultural dimana perkembangan manusia tidak dapat dipisahkan dari kegiatan sosial budaya sebagai proses perkembangan mental dan penalaran yang berkaitan dengan pembelajaran melalui temuan masyarakat (Suardipa, 2020). 

Aktivitas pembelajaran dalam perspektif sosio kultural menekankan pada tindakan atau perilaku yang menghasilkan interaksi sosial yang dilatarbelakangi oleh sejarah hidupnya (Budiningsih, 2003). Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran manusia sebagian besar merupakan bagian dari proses sosial, dengan fungsi kognitif yang dibentuk berdasarkan interaksi dengan orang-orang di sekitar yang "lebih terampil".

Oleh karena itu, perspektif sosio kultural selaras dengan dasar-dasar Pendidikan Ki Hadjar Dewantara yang memiliki ciri khas dan tidak dijumpai di belahan negara manapun. Tujuan Pendidikan Ki Hadjar Dewantara adalah menuntun segala kodrat yang ada pada anak, agar mencapai keselamatan dan kebahagiaan. Pada proses "menuntun" anak diberi kebebasan dan pendidik sebagai 'pamong' memberi arahan agar anak tidak kehilangan arah sehingga anak dapat memperbaiki tingkah lakunya untuk menjadi manusia seutuhnya. 

Implementasi proses "menuntun" berhubungan dengan kodrat alam yakni lingkungan di mana anak berada dan kodrat zaman berkaitan dengan perkembangan dan perubahan yang dijumpai anak seperti saat ini. Bahwa pendidikan menekankan kemampuan anak untuk memiliki Keterampilan Abad 21 maka dalam mendidik anak harus disesuaikan dengan kodrat alam dan tuntutan zaman agar selaras dengan kebutuhan anak.

Dalam menyesuaikan kodrat alam dan kodrat zaman seyogyanya dibarengi dengan penanaman budi pekerti, kekuatan batin, karakter, pikiran dan tubuh anak agar dapat mencapai kesempurnaan hidup, yaitu kehidupan dan penghidupan anak dapat selaras dengan dunianya (Taman Siswa dalam Mudana, 2019). Penerapan nilai-nilai budi pekerti yang baik, utamanya berada di lingkungan keluarga. Keluarga menjadi tempat bersemainya pendidikan yang sempurna bagi anak untuk mempersiapkan hidup bermasyarakat.

Lingkungan masyarakat pun turut memengaruhi perkembangan jiwa seorang anak. Apalagi pada anak yang masih mengenyam Pendidikan, tentu sekolah memegang peranan penting dalam pembentukan pribadi anak khususnya perkembangan kognitif.

Dengan demikian, dalam memprioritaskan pendidikan berdasar nilai-nilai budaya bangsa untuk mewujudkan daya saing dan karakter bangsa diperlukan upaya kesadaran bersama dalam mengembangkan pengetahuan, pengalaman, dan pemahaman atas realitas melalui indigenisasi. Indigenisasi dalam hal ini ialah penerapan konsep pendidikan yang diusung oleh Ki Hadjar Dewantara yang menghasilkan manusia tangguh dalam kehidupan bermasyarakat, bermoral, tidak menyalahgunakan kewenangan, tidak memanipulasi keuangan, dan tidak melanggar kesusilaan. 

Selain itu, sistem among merupakan sistem yang digalakkan Ki Hadjar Dewantara, dimana sistem tersebut bernafas pada kekeluargaan sehingga setiap pamong atau pemimpin dalam hal ini adalah pendidik diwajibkan bersikap Ing Ngarso Sung Tulodo artinya pendidik berada di depan memberi teladan; Ing Madyo Mangun Karso artinya pendidik selalu berada di tengah dan terus memotivasi, dan Tut Wuri Handayani artinya pendidik selalu mendukung dan mendorong siswa untuk maju.

Sebagaimana penjelasan di atas bahwa konsep pendidikan Ki Hadjar Dewantara adalah salah satu konsep yang tepat bagi bangsa Indonesia. Bersumber pada nilai-nilai luhur dan keragaman yang kompleks timbul masyarakat multikultur. Dalam konteks masyarakat Indonesia yang multikultur, pendidikan berperan penting untuk membangun paradigma berpikir, bersikap, dan berperilaku sebagai bangsa Indonesia. Pendidikan adalah proses untuk melestarikan keragaman yang menjadi praksis hidup bersama, saling peduli, mengasihi, menghargai dan bukan saling mengalahkan dalam semangat kompetisi.

Pendidikan dirancang berdasarkan visi spiritualitas kosmik yang menekankan pada nilai-nilai religiusitas. Manusia Indonesia sebagai manusia religius yakni meyakini adanya Tuhan. Sebagai bangsa yang berketuhanan, sistem pendidikan di Indonesia selalu menyelipkan pendidikan agama di dalamnya, hal ini juga sebagai implementasi atas identitas manusia Indonesia jika dilihat dalam prespektif pendidikan. 

Selain itu, perkembangan dan transformasi yang terjadi dalam proses pendidikan merangkum peningkatan kualitas budaya, sosial, dan ekologis. Dengan demikian proses pendidikan selalu berimplikasi pada relasi setiap pribadi dengan sesama dan lingkungan sekitarnya.

 Hemat saya manusia Indonesia dari perspektif yang beragam adalah kekhasan manusia yang terus mengalami transformasi kebaharuan. Kebaharuan disini adalah penerapan sistem pendidikan, kurikulum beserta elemen lainnya yang terus berproses ke arah penyempurnaan. Harapannya dengan mengaplikasikan falsafah Ki Hadjar Dewantara pendidik dan siswa saling bersinergi menciptakan ekosistem lingkungan sekolah yang kondusif, humanis, dan berdasar pada profil belajar siswa. 

Konsep pendidikan Ki Hadjar Dewantara mengamalkan nilai-nilai kearifan lokal bangsa yang secara tidak langsung menempatkan kita pada posisi untuk tetap melestarikan budaya bangsa melalui sistem pendidikan yang menurut saya lebih konsisten.

Daftar Pustaka

 

Budiningsih, C. A. (2003). Perkembangan Teori Belajar dan Pembelajaran Menuju REvolusi Sosiokultural Vygotsky. Jurnal Dinamika Pendidikan, 10(1), 37--48. https://journal.uny.ac.id/index.php/dinamika-pendidikan/article/view/6106

Hendrizal. (2020). Mengulas Identitas Nasional Bangsa Indonesia Terkini. Jurnal PPKn & Hukum, 15(1), 1--21. https://pbpp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPB/article/view/7877/6763

Mudana. (2019). MEMBANGUN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN KI HADJAR DEWANTARA. Jurnal Filsafat Indonesia, 2(2), 75--81.

Suardipa, I. P. (2020). SOCIOCULTURAL-REVOLUTION ALA VYGOTSKY DALAM KONTEKS PEMBELAJARAN. Widya Kumara Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 48--58.

Tarigan et al. (2022). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Perkembangan Pendidikan di Indonesia. MAHAGURU: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 149--159.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun