Mohon tunggu...
IDRIS APANDI
IDRIS APANDI Mohon Tunggu... Penulis - Penulis 1070 lebih artikel dan 55 buku, trainer menulis, dan mengisi berbagai seminar/ workshop menulis, pendidikan, dan peningkatan mutu guru, baik di daerah maupun nasional.

Penulis 1070 lebih artikel dan 55 buku, trainer menulis, dan mengisi berbagai seminar/ workshop menulis, pendidikan, dan peningkatan mutu guru, baik di daerah maupun nasional.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Jangan Mudah Menuduh PJJ sebagai Penyebab Siswa Bunuh Diri

2 November 2020   22:12 Diperbarui: 3 November 2020   20:25 595
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi mengerjakan banyak tugas yang diberikan selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). | (sumber: FREEPIK via kompas.com)

"Para guru diminta untuk tidak terlalu banyak memberikan banyak tugas yang memberatkan siswa, menyusun strategi pembelajaran yang efektif dan bermakna bagi siswa ditengah tantangan keterbatasan sarana, prasarana, dan sinyal internet."

Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) sejak bulan Maret 2020 sampai dengan saat ini diambil sebagai alternatif dilakukan oleh Kemendikbud dalam mencegah penularan Pandemi Covid-19 di lingkungan sekolah.

Kemudian terjadi kasus kekerasan yang dilakukan oleh orang tua terhadap anak bahkan ada yang meninggal dan bunuh diri, lalu penyebabnya dikaitkan dengan beban psikologis akibat tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh siswa selama PJJ.

Beberapa hasil survei terkait PJJ memang menyatakan bahwa baik orang tua maupun siswa merasa tidak senang dan bosan terhadap PJJ, serta berharap agar sekolah dibuka kembali untuk pembelajaran tatap muka. 

Data yang bisa dirujuk antara lain hasil survei Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) bulan April 2020 yang menyatakan bahwa sebanyak 76,7% siswa tidak senang dengan PJJ. Hanya 23,3% responden yang menganggap PJJ mengesankan. (Kompas, 27/04/2020)

Survei yang dilaksanakan oleh Saeful Mujani Research and Consulting (SMRC) menyatakan bahwa 92% siswa menjalani pembelajaran daring mengalami masalah. (Berita Satu, 18/08/2020).

Walau berdasarkan hasil survei PJJ membosankan, lalu apakah hal tesebut menyebabkan tindakan kekerasan orang tua terhadap anak atau seorang siswa bunuh diri? Menurut saya, kedua hal yang tersebut adalah dua hal yang berbeda walau mungkin saja ada kaitannya.

Pandemi Covid-19 berdampak terhadap berbagai bidang seperti ekonomi, sosial, kesehatan, dan pendidikan. Tindakan kekerasan yang dilakukan oleh orang tua kepada anak mungkin saja akumulasi dari beberapa penyebab. 

Misalnya ada orang tua yang terkena PHK atau di rumahkan, harus membayar kontrakan, harus membayar cicilan kendaraan, ditambah terbebani biaya kuota internet untuk belajar daring.

Sudah begitu, sedangkan dia pusing dengan anak yang rewel meminta dibimbing belajar secara daring, sementara dia sendiri tidak paham materi pelajaran yang ditanyakan oleh anaknya atau stres karena anak tidak mau mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru. 

Akibatnya, orang tua yang sudah stres menjadikan anak sebagai sasaran pelampiasan emosi.

Hasil survei KPAI yang dilaksanakan pada bulan Juni 2020 menyatakan bahwa para orang tua mengalami tekanan psikologis akibat tekanan ekonomi berpotensi tidak sabar saat mendampingi anaknya belajar dari rumah (BDR). KPAI memerinci bentuk-bentuk kekerasan terhadap anak yang terungkap dari survei itu.

Antara lain dicubit (23%), dipukul (9%), dijewer (9%), dijambak (6%), ditarik (5%), ditendang (4%), dikurung (4%), ditampar (3%), dan diinjak (2%). 

Adapun bentuk kekerasan psikis terhadap anak selama pandemi di antaranya dimarahi (56%), dibandingkan dengan anak lain (34%), dibentak (23%), dipelototi (13%), dihina (5%), dan diancam (4%). Pelakunya keluarga terdekat, seperti ibu, ayah, kakak, adik, saudara lainnya, kakek, nenek hingga asisten rumah tangga. (JPNN, 26/07/2020).

Tindakan kekerasan orang tua/keluarga terhadap anak cukup banyak terjadi pada siswa SD, sedangkan pada siswa SMP dan SMA/SMK relatif tidak terjadi karena siswa tidak terlalu merepotkan orang tua. 

Siswa SMP, SMA/SMK sudah relatif bisa belajar secara mandiri walau kadang mereka malas atau telat dalam mengumpulkan tugas-tugas. Hal ini saya dapatkan setelah saya berdiskusi atau sharing dengan beberapa orang guru SMP dan SMA/SMK.

Mengapa siswa tidak mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru? 

Penyebabnya bisa meragam, seperti; instruksi tugas yang disampaikan oleh kurang dipahami oleh siswa, tugas terlalu banyak, kebiasaan menumpuk tugas selama berminggu-minggu atau memang malas mengerjakan tugas karena lebih banyak waktu dihabiskan bermain game.

Memang ada juga kasus-kasus tertentu siswa tidak mengerjakan atau terlambat mengumpulkan tugas karena kendala jaringan atau tidak punya kuota internet. Oleh karena itu, Kemdikbud memberikan subsidi kuota internet untuk menunjang kegiatan belajar siswa secara daring.

Dalam pengamatan saya, Kemendikbud dan Dinas Pendidikan di daerah sudah melakukan berbagai upaya untuk melaksanakan PJJ yang tidak memberatkan siswa.

Para guru diminta untuk tidak terlalu banyak memberikan banyak tugas yang memberatkan siswa, menyusun strategi pembelajaran yang efektif dan bermakna bagi siswa ditengah tantangan keterbatasan sarana, prasarana, dan sinyal internet. 

Para guru pun saya amati sudah banyak yang melakukan hal tersebut. Mereka tetap memiliki tanggung jawab profesional dalam melaksanakan tugas mengajar para siswa. Kalau pun masih ada kekurangan, hal tersebut terus dievaluasi dan diperbaiki.

Berdasarkan kepada hal tersebut, menurut saya, jangan mudah menjadikan PJJ sebagai tertuduh atau penyebab utama terjadinya tindakan kekerasan terhadap anak atau bunuh diri. 

Perlu kajian komprehensif dan holistik terkait hal tersebut. Sebelum adanya PJJ pun, kasus tindakan kekerasan terhadap anak atau bunuh diri sudah terjadi.

Oleh: IDRIS APANDI
(Praktisi Pendidikan dan Pemerhati Masalah Sosial)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun