halo, ini adalah Post ke-2 saya di kompasiana, setelah post yg pertama di hapus sama moderator, ga tau kenapa. mungkin karna udh banyak yg mirip yah, karna memang itu juga tugas dari Dosen, jadi mungkin ada sekitar 30-40 akun yg membuat artikel dengan tema atau judul bahkan isi yg sama.
tp kali ini saya akan sedikit memperkenalkan sebuah software untuk membuat model 3D, yaitu Blender. dan kali ini saya hanya fokus pada Viewportnya dulu.
Â
bukan blender untuk membuat minuman, tp BLENDER 3DÂ biarpun size nya kecil tp fitur juga tidak kalah dengan software 3D maker lainnya seperti Maya dan 3Ds Max.
berhubung saya juga masih baru dengan blender, jadi saya cuma menjelaskan apa-apa saja fitur atau tools yang biasa di gunakan.
Menurut saya pribadi, lebih enak menggunakan Blender di banding 3Ds Max, kenapa ?
karna menurut saya, Shortcut Keyboard yang mudah di ingat, sangat mudah dalam membentuk objek, aplikasi yang ringan, sangat mudah untuk di pelajari karna interface yang mudah di mengerti.
ini adalah tampilan utama Blender, di dalam Viewportnya kita bisa lihat ada Grid, BOX (objek pertama), Lamp, dan Camera
dari box itu kamu bisa membuat sesuatu seperti meja, kursi dan lain lain, sesuai dengan kreatifitas masing-masing
pada blender ada 2tipe render yaitu Render Internal (Blender Render) dan Cycles Render, untuk perbedaan antara kedua Engine render ini akan di bahas di Post selanjutnya.
bahkan kita juga bisa membuat game sederhana dengan blender ini, Bahasa Program yang bisa di gunakan untuk membuat game di Blender ini adalah C, C++, dan Python.
yang saya suka dari Viewpport blender ini adalah kita bisa dengan mudah untuk mengatur , berapa banyak Viewport yang kita butuhkan
ada beberapa macam shading viewport yang bisa kita gunakan yaitu yang biasa saya gunakan adalah, Solid, Texture dan Rendered.
1. Solid View
Wireframe view ini hanya memperlihatkan garis atau edge dari objek yang ada.
rendered view ini menampilkan Preview dari Objek kita sebelum di Render akhir, jadi sebelum di render akhir, kita bisa tahu bagian-bagian mana saja yang masih kurang atau masih salah.
diakhir artikel saya ini, saya mau memperlihatkan beberapa karya 3D model WARSHIPs & Render yang saya buat sendiri.
Render Tanpa Texture dengan Cyles Render
dan terakhir, ini hasil percobaan membuat Laut yang reaslistis, masih banyak yang harus di revisi lagi.maklum saja, saya juga masih Pemula dalam menggunakan software ini.