Mohon tunggu...
Inovasi

Berkreasi Membuat 3D dengan BLENDER

4 November 2015   00:32 Diperbarui: 4 November 2015   01:09 345
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

halo, ini adalah Post ke-2 saya di kompasiana, setelah post yg pertama di hapus sama moderator, ga tau kenapa. mungkin karna udh banyak yg mirip yah, karna memang itu juga tugas dari Dosen, jadi mungkin ada sekitar 30-40 akun yg membuat artikel dengan tema atau judul bahkan isi yg sama.

tp kali ini saya akan sedikit memperkenalkan sebuah software untuk membuat model 3D, yaitu Blender. dan kali ini saya hanya fokus pada Viewportnya dulu.

 

bukan blender untuk membuat minuman, tp BLENDER 3D biarpun size nya kecil tp fitur juga tidak kalah dengan software 3D maker lainnya seperti Maya dan 3Ds Max.

berhubung saya juga masih baru dengan blender, jadi saya cuma menjelaskan apa-apa saja fitur atau tools yang biasa di gunakan.

Menurut saya pribadi, lebih enak menggunakan Blender di banding 3Ds Max, kenapa ?

karna menurut saya, Shortcut Keyboard yang mudah di ingat, sangat mudah dalam membentuk objek, aplikasi yang ringan, sangat mudah untuk di pelajari karna interface yang mudah di mengerti.

ini adalah tampilan utama Blender, di dalam Viewportnya kita bisa lihat ada Grid, BOX (objek pertama), Lamp, dan Camera

dari box itu kamu bisa membuat sesuatu seperti meja, kursi dan lain lain, sesuai dengan kreatifitas masing-masing

 

pada blender ada 2tipe render yaitu Render Internal (Blender Render) dan Cycles Render, untuk perbedaan antara kedua Engine render ini akan di bahas di Post selanjutnya.

bahkan kita juga bisa membuat game sederhana dengan blender ini, Bahasa Program yang bisa di gunakan untuk membuat game di Blender ini adalah C, C++, dan Python.

 

yang saya suka dari Viewpport blender ini adalah kita bisa dengan mudah untuk mengatur , berapa banyak Viewport yang kita butuhkan

 

ada beberapa macam shading viewport yang bisa kita gunakan yaitu yang biasa saya gunakan adalah, Solid, Texture dan Rendered.

berikut Preview dengan model 3D yang sudah saya buat sendiri.

1. Solid View

2. Material View

3. Texture View

4. Wireframe View

Wireframe view ini hanya memperlihatkan garis atau edge dari objek yang ada.

5. Rendered View

rendered view ini menampilkan Preview dari Objek kita sebelum di Render akhir, jadi sebelum di render akhir, kita bisa tahu bagian-bagian mana saja yang masih kurang atau masih salah.

 

diakhir artikel saya ini, saya mau memperlihatkan beberapa karya 3D model WARSHIPs & Render yang saya buat sendiri.

kapal mulu yah,,, sengaja, emang sukanya kapal-kapalan, sekaligus karna untuk bikin 1 kapal membutuhkan banyak Objek sampai puluhan, bahkan ratusan objek, jadi bisa melatih dan mengingat Shortcut keyboard dan Fitur-fiturnya agar tidak mudah lupa 

Render Tanpa Texture dengan Cyles Render

 

dan terakhir, ini hasil percobaan membuat Laut yang reaslistis, masih banyak yang harus di revisi lagi.maklum saja, saya juga masih Pemula dalam menggunakan software ini.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun