Fungsi Strategis Dakwah: Amil Zakat, selain bertugas mengelola dana zakat, infak, dan sedekah, juga memiliki peran dakwah melalui distribusi dana untuk meningkatkan kesejahteraan umat, mereka menyentuh aspek-aspek sosial, ekonomi, dan spiritual masyrakat.
 pendekatan Manajemen Dakwah melalui Baznas dan Laznas menciptakan program zakat dengan dakwah islam, memberikan pembagian spiritual kepada mustahiq (penerima zakat), dan mempromosikan nilai-nilai kemandirian dan keadilan sosial.
Digitalisasi Dakwah: menyebarkan dakwah melalui media sosial dan website serta mempermudah pembayaran zakat.
persamaan:        perbedaan   hukum   penerima    sifat harta
1. Niat Ikhlas       zakat        Wajib    8 Mustahiq  Habis Dipakai
2. Tujuan Sosial    Infak        Sunnah   Bebas        Habis Dipakai
3. Pahala           Sedekah     Sunnah   Bebas        Habis Dipakai
                    Wakaf       Sunnah   Bebas        Abadi
                    Zakat, Infak, Sedekah Dan Wakaf
" Dalam Manajemen Dakwah Mengelola Urusan Dakwah, Pengelola harus memahami kebutuhan masyrakat dan membangun rencana yang didasarkan pada survei dan studi"
                                   Â
                                         (Al-khalil ibn Ahmad, Kitab Al Majmu' al-fiqhiyyah)
                                                       Manajemen DakwahÂ
"untuk menerapakan metode dakwah, pengelola harus mengikuti lebijakan yang inovatif dan proaktif untuk mencapai keunggulan."
                                  (Al-hafiz ibn hajar, kitab al-siraj al-munir, penerbit: dar-aljutub al-'ilmiyyah halaman 47-49)
Analisis: Mnajemen Dakwah menekankan pentingnya kebijakan inovatif dan proaktif dalam menerapakan metode dakwah yang unggul. pengelola dakwah melakukan cara-cara baru dan kreatif untuk memperbaiki dan meningkatkan efektifivitas dakwah untuk mencapai keunggulan dakwah .
Prospek Gaji Amil
Informasi Baznas RI     Pemula     Menengah                     Eksekutif
      Gaji                 4-6 jt       8-15 jt          20 jt lebih srelain tunjangan dan fasilitas
kebutuhan SDM 2022 Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â 5000 Amil
kebutuhan SDM 2023 Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â 7000 Amil
kebutuhan SDM 2024 Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â 8000 Hingga 10.000 Amil
Sumber: Data diolah dari
laporan Baznas 2022-2023
Rencana Strategi Baznas 2023-2024
Manajemen Dakwah
1. MD memiliki peran mencapai peran tujuan dakwah yang efektif melalui aktifitas organisasi manajemen dakwah yang profesional
2. MD melakukan evaluasi dan tinjauan berkala dalam mengembangkan program dakwah dengan terus melalukan layanan yang diberikan yang terbaik
3. MD menekankan pentingnya kebijakan inovatif dan proaktif untuk memperbaiki dan meningkakan efektivitas dakwah untuk mencapai keunggulannya
4. MD menekankan pentingnya memhamai kebutuhan masyrakat dalam mengelola dakwah
Urgensi Amil Zakat yang Berkualitas
paling tidak terdapat enam kekuatan jika zakat dikelola oleh amil zakat yang amanah, profesional, dan memiliki tata kelola yang baik.
1. lebih sesuai dengan tuntunan syariah (Al-Qur"an) dan sirah nabawiyyah maupun sirah para sahabat dan tabi'in
2. untuk menjamin kepastian dan disiplin muzaki
3. untuk menjaga perasaan rendah diripada mustahiq zakat apabila berhadapan langsung untuk menerima zakat dari para muzakki
4. untuk mencapai efisiensi dan efektivitas serta sasaran yang tepat dalam penggunaan harta zakat menurut skala prioritas yang ada pada suatu tempat
5. untuk memperliatkan syari'at islam
6. sesuai dengan prinsip modern dalam sistem manajemen organisasi
Sektor Nonprofit di Amerika Serikat
pada tahun 2022, terdapat 1,97 jt lembaga nonprofit yang beroperasi, dan 1,48 jt di antaranya merupakan lembaga yang mendaoatkan pengecuaian pajak,
total donasi yang terhimoun dari masyarakat Amerika melalui lembaga nonprofit selama tahun 2022 sebanyak $499,33 milyar/7,751 trliun rupiah.
8 program prioritas Baznas
1. Rumah sehat Baznas: Dilakukan dalam rangka peningkatan kapasitas dan kemandirian Rsa serta penguatan program layanan kesehatan di 34 provinsi yang ada di indonesia
2. Baznas Micro-Finance: program yang diharapkan dapat membantiu para mustahiq untuk memiliki pendapaan yang lebih stabil
3. Penguatan Baznas Tangggap Bencana: program yang dilakukan utuk membantu masyarakat pada suatu daerah yang terdampak suatu bencana dan meringankan beban para korbanÂ
4. santri-preneur: program pemberdayaan umkm  yang ditujukan kepada pelaku umkm lulusan pesantren dan santri yang sedang menempuh pendidikan tingkat akhir dengan tujuan mewujudkan generasi santri yang produktif, inovatif, tangguh, dan mandiri secara ekonomi sesuai dengan prinsip syariah
5. Beasiswa: terbagi menjadi enam kutipan yaitu Beasiswa Cendekia Baznas (BCB) Beasiswa Kaderisasi serba serba utama (KBU) Beasiswa santri khususnya beasiswa paket ( khususnya riset terbaik ziswaf) beasiswa khusu program studi ziswaf, difabel, suka bersaing)
6. Z-chicken: program pemberdayaan ekonominmustahiq di bidang kuliner dengan menjual produk ayam crispy dengan bumbu ayam yang khas melalui program Z-chicken mustahil dapat membentuk suatu kelompok usaha untuk membangun jaringan distribusi dan mengontrol dari rasa, produksi, dan pelayanan
7. Z-mart: program pendampingan interatif yang membangun para mustahiq untuk memiliki modal dan membuka usaha berupa warug atau Mcd yang usaha berdampingan ini berbasi kelompok dan individu
8. Rumah layak huni: program yang dilakukan untuk membangun rumah layak huni untuk para mustahiq.