Mohon tunggu...
Ibrahem Jeh-ubong
Ibrahem Jeh-ubong Mohon Tunggu... pelajar/mahasiswa -

51/2 M.5 T.sadawa A.yarang Patani 16490 Thailand

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Empat komponen yang harus saya ingat dalam pembelejaran ilmu psikologi perkembangan

2 Maret 2015   18:52 Diperbarui: 17 Juni 2015   10:16 398
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pertama  Sifat perkembangan


  • Sistematis : yakni dengan cara yang diatur baik-baik.
  • Progresif    : berubah terdiri bersifat maju.

  • Berkesinambungan : berubah terdiri pada setiap individu.



Kedua      :  Perinsip-perinsip perkembangan

- Perkembangan melibatkan perubahan

- Perkembangan awal lebih kritis ketimbangan perkembangan selanjutnya

- Perkembangan merupakan hasil proses kematangan dan belajar

Juga perinsip-perinsip tersebut menurut beberapa Ahli adalah :


  1. Menurut William Stern, Iamemandang bahwa kehidupan pribadi yang bekerja sendiri atau pribadi secara utuh itulah yang menentukan jalannya perkembangan.
  2. Menurut J.L. Moreno, bahwa pasti ada kesempatan bagi setiap anak untuk memilih sendiri jalan perkembangannya.
  3. Menurut Jean Piaget, bahwa pada setiap manusia terdapat dua faktur, yaitu pengenalan dan perasaan. Keduanyanberguna untuk penyesuaian ruhani terhadap lingkungan.( dalam buku Pendidikan& Pesikologi Perkembangan yang dikarangan oleh Prof Dr. H. Baharuddin. M.pd.l, h.74-75)

Ketiga      :  Tugas perkembangan

Sebelum mengetahui maksud dalam tugas perkembangan harus mengetahui pengertianTugas terlebih dahulu, Tugas adalah hal-hal yang harus dipelajari seseorang jika ingin dipandang orang dan dianggap sebagai seorang yang berbahagia dan berhasil.


  • Tugas yang harus dilakukan seorang dalam masa hidup tertentu, sesuai dengan norma masyarakat dan norma kebudayaan.
  • Salah satu tugas perkembangan yang dianggap paling penting adalah emansipasi diartikan proses pembentukan idontitas/ individuasi.
  • Nilai-nilai pribadi dan cita-cita seseorang, yang merupakan sebagian dari keperibadiannya.

Keampat :  Faktor mempengaruhi perkembangan manusia


  1. Heriditas ( keturunan/pembawaan).
  2. Kondisi lingjungan  - Prenatal : Kesehatan ibu, Natal : Jenis kelahiran, Post natal : Jenis kelamin.
  3. Peran kematangan.
  4. Lingkungan sosial.
  5. Status sosial.
  6. Budaya, ras dan etnis.
  7. Konteks sejarah.


Pendapat para Ahli tentang faktor-faktor yang memengaruhi perkembangan dapat digolongkan menjadi tiga golongan yang mengikuti aliran nativisme, empirisme,dan konvergensi.


  1. Nativisme, berpendapat bahwa perkembangan individu itu semata-mata ditentukan oleh faktor-faktor yang dibawa sejak lahir.
  2. Empirisme, berpendapat bahwa perkembangan itu semata-mata berasal dari faktor lingkungan.
  3. Konvergensi, aliran ini merupakan gabungan antara aliran empirisme dan nativisme yang menggabungkan arti nereditas (pembawaan) dengan lingkungan sebagai faktor-faktor yang berpengaruh terhadap perkembangan manusia.(juga dalam buku Pendidikan& Pesikologi Perkembangan yang dikarangan oleh Prof Dr. H. Baharuddin. M.pd.l, h.71-73)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun