Pada kegiatan guru penggerak modul 1 terdiri atas empat bagian yaitu
- Modul 1.1 Â Refleksi Filosofis Pendidikan Nasional-Ki Hajar Dewantara
- Modul 1.2 Nilai Dan Peran Guru Penggerak
- Modul 1.3 Visi Guru Penggerak
- Modul 1.4 Budaya Positif
Keempat hal tersebut saling terkait dimulai dari pemikiran KHD yang mengatakan bahwa  sebagai seorang pendidik kita menuntun segala kodrat anak agar mereka mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia ataupun sebagai anggota masyarakat.Â
Dan hal ini berkaitan dengan Profil Pelajar Pancasila yaitu 1.Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia; 2. Berkebinekaan global; 3. Gotong royong; 4. Mandiri; 5. Bernalar Kritis; 6. Kreatif dan untuk mewujudkan hal tersebut guru memiliki nilai dan peran yaitu
Nilai
- Berpihak pada murid
- Mandiri
- Reflektif
- Kolaboratif
- Inovatif
Peran
- Menjadi pemimpin pembelajaran
- Menjadi coach bagi guru lain
- Pendorong kolaborasi
- Mewujudkan kepemimpinan murid
- Penggerak komunitas praktisi
Dalam menuntun menuju siswa yang bahagia guru juga harus memiliki visi yang dimulai dengan pendekatan inquiry apresiatif dan melahirkan prakarsa perubahan dipandu kerangka BAGJA.
Setelah pemikiran KHD dipahami, dilanjutkan dengan nilai dan peran guru penggerak, di tentukan visi lalu diterapkan untuk mencapai budaya yang positif
Membangun budaya positif di sekolah guru harus menyadari motivasi perilaku manusia, kenapa seseorang berbuat sesuatu, keyakinan apa yang ada pada diri seseorang dan menyadari bahwa seseorang bisa saja berbuat kesalahan namun kesalahan tersebut masih bisa diperbaiki.Â
Dan untuk hal ini saya memulai dengan menciptakan pemikiran positif di kalangan kelas, mengadakan inquiry apresiatif bukan dengan memberikan imbalan ataupun hukuman namun apresiasi saat hal positif terjadi juga diperlukan.
Setelah membangun pemikiran positif dikelas, saya melanjutkan dengan pembuatan keyakinan kelas serta menyepakati konsekuensi apabila keyakinan ini dilanggar.
Dan pada saat mempelajari modul disiplin positif saya menjadi tertegun karena banyak hal yang telah dilaukan ternyata adalah sebuah kesalahan misalnya dalam penegakan disiplin ternyata posisi penghukum adalah posisi terendah, dan masih ada empat posisi lagi diatasnya diantara 5 posisi kontrol guru yaitu penghukum, pembuat rasa bersalah, sebagai teman, pemantau dan sebagai manajer.