Mohon tunggu...
Deddy Huang
Deddy Huang Mohon Tunggu... Freelancer - Digital Marketing Enthusiast | Blogger | Food and Product Photographer

Memiliki minat di bidang digital marketing, traveling, dan kuliner. Selain itu dia juga menekuni bidang fotografi sebagai fotografer produk dan makanan. Saya juga menulis di https://www.deddyhuang.com

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Miagas Sampai Rote, J&T Express Membangun Jembatan Logistik di Era Industri 4.0

23 Desember 2019   22:36 Diperbarui: 23 Desember 2019   22:48 65
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
8 Keunggulan J&T Express menjangkau konsumen di seluruh Indonesia (Infografis : www.deddyhuang.com)

Sangkut, seorang sprinter jasa kurir berteriak nyaring dari depan rumah. Suara teriakannya akrab hingga menjangkau ke telinga saya bersama paket barang. Saya mengambil minuman kaleng dingin untuknya melepas peluh. Lumayan menolongnya istirahat sejenak dari terik matahari dan tumpukan paket yang masih harus ia antarkan.

Lalu, Sangkut pun mengulurkan tangan memberikan paket pesanan belanja online beberapa hari lalu. Cepat dan rapi bungkusan barangnya.


Paket kotak kayu yang selalu saya nantikan. Bahagia sekali ketika mendapat paket ini.
Paket kotak kayu yang selalu saya nantikan. Bahagia sekali ketika mendapat paket ini.
Kondisi apapun tetap membuat J&T Express berkomitmen.
Kondisi apapun tetap membuat J&T Express berkomitmen.
Saya melirik ke arah belakang motornya. Masih banyak paket konsumen lain yang perlu diantar hari itu juga. Cukup panjang perjalanan kilometer jalanan Palembang. Ditambah terik matahari atau hujan deras tetap harus tiba di depan rumah konsumen.

Perubahan Gaya Hidup Belanja

Selalu senang ketika ada suara
Selalu senang ketika ada suara
Rata-rata barang yang diantar adalah hasil berburu promo belanja online yang semakin mempermudah hidup di era industri 4.0 saat ini. Kita tidak perlu ke luar rumah, cukup lewat genggaman smartphone sudah bisa membeli barang yang diinginkan.

Berbagai macam kebutuhan manusia telah banyak didukung internet dan dunia digital sebagai wahana interaksi dan transaksi.

Sadarkah kita hidup di era industri 4.0, dimana interaksi manusia diwarnai dengan perpaduan teknologi yang hampir mengaburkan batas antara bidang fisik, digital dan biologis.

Perubahan akan menjadikan hal baru. Menggantikan yang lama bahwa setiap perubahan besar akan diikuti oleh perubahan besar dalam bidang lainnya, termasuk logistik.

Melihat di setiap Revolusi Industri, semula tampak begitu lama, sulit, dan mahal mendadak jadi mudah, cepat dan murah. Perlahan perubahan secara fundamental dapat mengubah cara kita hidup, bekerja, dan berhubungan satu sama lain.

Masalah Dalam Logistik di Indonesia

Perubahan yang dirasakan era industri 4.0 (Infografis : www.deddyhuang.com)
Perubahan yang dirasakan era industri 4.0 (Infografis : www.deddyhuang.com)
Gejala transformasi bisa kita rasakan. Saat ini beberapa model bisnis dan pekerjaan sudah terkena dampak dari arus era digitalisasi. Toko konvensional yang dulu ramai mulai tergantikan dengan model bisnis e-commerce. Taksi atau ojek tradisional posisinya sudah mulai tergeserkan dengan moda-moda berbasis online.


Bahkan di dalam logistik pun kita juga bisa merasakan transformasi tersebut. Pengerjaan pengiriman barang nyatanya tak semudah yang dipikirkan. Khususnya di Indonesia banyak faktor yang memberi pengaruh.

a) Konektivitas Maritim Indonesia

Indonesia merupakan negara kepulauan yang cukup besar. Hal ini menjadi persoalan untuk logistik di Indonesia. Perpindahan barang antar pulau memakan waktu yang cukup lama dan tarif yang besar. Dan ditambah minimnya infrastruktur membikin konektivitas maritim menjadi keadaan sulit paling utama.

b) Tarif Pengiriman

Satu waktu, saya pernah mengirimkan satu majalah pesawat ke teman di Ruteng dari Palembang. Jalur pengiriman cukup panjang. Paket dikirim dari Jakarta ke Surabaya. Lalu dari ekspedisi yang ada di Surabaya dikirim ke Bajo. Besoknya baru diantar jalur darat ke Ruteng. Ini membuat harga pengiriman bisa lebih mahal dari harga barang.

Dari model ini bisa kita lihat ada tarif pengiriman darat, lalu tarif loading barang ke kapal laut, lalu pengiriman lewat trek laut, dan nantinya di unloading lagi ke truk di Bajo. Banyaknya servis yang diterapkan, makanya membuat tarif pengiriman barang menjadi mahal.

c) Teknologi dan Informasi

Perusahaan logistik terhambat oleh belum adanya ketersediaan infrastruktur dan jaringan yang handal. Terbatasnya jangkauan jaringan pelayanan non seluler, dan masih terbiasa menerapkan metode manual (paper based system) dalam transaksi logistik.

d) Infrastruktur

Persoalan lain adalah infrastruktur yang belum memadai dari jalan yang rusak hingga minimnya pelabuhan untuk docking kapal logistik. Hal ini menambah resiko pengiriman barang ke daerah yang jauh menjadi tinggi.

Survive di Era Disrupsi 4.0

Cara hidup dan berbisnis berubah drastis sepanjang periode waktu ini. Kini tenaga mesin tidak dibatasi oleh otot sehingga terjadilah penghematan biaya dalam jumlah luar biasa.

Saya membayangkan nantinya ketika hendak mengirim barang ke ekspedisi seperti J&T Express maka orang yang akan melayani saya bukan mustahil adalah robot, bukan manusia.

Teknologi baru pasti secara dramatis mengubah sifat pekerjaan di semua industri maupun individu. Maka dari itu, perusahaan memang harus cerdas bagaimana karyawan diberi pelatihan ke pekerjaan yang lain yang belum bisa digantikan oleh robot. Seperti pelayanan yang memuaskan.

Realitas ini akan mendobrak dan mengubah model bisnis setiap waktu. Internet yang memiliki potensi untuk mengubah pemahaman kita tentang bagaimana segala sesuatu dapat terhubung, juga memberikan nilai lebih pada dunia.

Gaya Baru Kirim Paket

Sangkut memberitahu kalau sekarang saya tidak perlu repot datang ke drop point untuk mengirim barang. Cukup telepon nanti sprinter datang mengambil barang dan bayar. Hal ini baru diterapkan J&T Express sejak memiliki layanan penjemputan paket untuk meningkatkan pelayanan di era industri 4.0.

Layanan penjemputan barang akan memudahkan kita sebagai konsumen apabila terkendala waktu dan jarak ketika sedang sibuk. Lanjut Sangkut bilang, J&T Express sekarang banyak berbenah diri. Sehingga dirinya juga harus menyesuaikan, cepat beradaptasi agar tidak tergerus oleh zaman juga bekerja lebih efisien. Pernyataannya ini menjawab tantangan terbesar dalam era disrupsi 4.0 yaitu people mindset. Etos kerja yang sulit untuk ditiru.

Sprinter J&T Express yang selalu ceria dalam mengantar paket.
Sprinter J&T Express yang selalu ceria dalam mengantar paket.

Sebagai informasi, J&T Express melayani rata-rata pengiriman per harinya sudah mencapai 1 juta paket. Makin pesatnya bisnis online turut mempengaruhi peningkatan jasa pengiriman. Hal ini yang membedakan J&T Express dengan jasa pengiriman lainnya, J&T Express menyediakan layanan penjemputan di tempat secara gratis.

J&T Express Siap Hadapi Era Industri 4.0

Meski J&T Express baru sebagai perusahaan jasa pengiriman, tetapi mampu memberikan berbagai keunggulan dan pelayanan berkualitas serta kenyamanan untuk setiap pelanggannya.

Keunggulan lainnya J&T Express benar-benar mengoptimalkan rute-rute pengiriman dan meminimalkan biaya transportasi dalam memberikan dan menyediakan layanan ekspress agar lebih efisien, aman, dan tepat waktu untuk setiap pelanggan setianya.


8 Keunggulan J&T Express menjangkau konsumen di seluruh Indonesia (Infografis : www.deddyhuang.com)
8 Keunggulan J&T Express menjangkau konsumen di seluruh Indonesia (Infografis : www.deddyhuang.com)
Perkembangan teknologi yang sangat pesat, membuat J&T Express tak ingin ketinggalan zaman. Jaringan yang sudah dibentuknya cukup luas. Melalui jaringan tersebut, J&T Express mampu memfasilitasi layanan cepat untuk semua pelanggan yang ada di Indonesia. Membangun sebuah perusahaan logistik yang berbasis pengembangan teknologi internet dengan jangkauan hingga ke Asia Tenggara memang menjadi visi utama J&T Express.


J&T Express pun menerapkan nilai-nilai dasar berupa integrity, share, service, dan responsibility. Empat hal yang menjadi dasar J&T Express untuk mendapatkan kualitas pengiriman paket unggul untuk sampai langsung di tangan pelanggan.

Untuk menjadi yang terunggul tidak mudah. J&T Express memiliki nilai-nilai yang menjadi komitmen sedari awal :

1) Menjangkau seluruh wilayah di Indonesia

Ada banyak titik drop point J&T Express di Palembang
Ada banyak titik drop point J&T Express di Palembang

Penyebaran drop point J&T Express di seluruh wilayah Indonesia. Dalam satu kecamatan bisa ditemui satu konter untuk satu kecamatan. Drop point menjadi jawaban agar konsumen bisa lebih mudah menjangkau.

2) Sistem pelacakan tepat waktu

Era digital ini, memaksa jasa pengiriman harus memiliki sistem pelacakan yang langsung terintegrasi dengan database. Kapanpun dan dimanapun sudah dapat melacak keberadaan barang secara Real Time Tracking System. Artinya dari tiap drop point ke drop point bisa tahu keberadaan paket, bahkan durasi waktu sampai titik ke titik nya.

3) Aplikasi dan website

Integrasi aplikasi smartphone dan website untuk mendapatkan info pengiriman.
Integrasi aplikasi smartphone dan website untuk mendapatkan info pengiriman.
Bicara sistem pelacakan yang canggih, tentu J&T Express membutuhkan platform untuk mengakses. Ada dua jalur akses yaitu aplikasi pada ponsel atau via website. Di dua jalur tersebut tersedia info seputar biaya ongkos kirim, info promosi atau drop point terdekat.

4) Selalu beroperasi setiap hari

Dalam 365 hari, J&T Express memberikan layanan operasional maksimal tanpa libur. Ini yang memberikan nilai lebih ketika sedang tanggal merah maka pengiriman paket ke rumah tetap dilakukan.

5) Layanan hotline konsumen 24 jam

Layanan hotline konsumen diperlukan saat konsumen sedang menemukan masalah. Nomor call center J&T Express di (021) 80661888 atau saluran media sosial menjadi jawaban. Konsumen bisa menelepon setiap hari, baik hari libur atau tidak.

6) Harga reguler dengan pelayanan extra regular

Harga menentukan kualitas dan kecepatan pengiriman barang. Biaya pengiriman cukup kompetitif namun J&T Express sendiri memiliki alur pengiriman yang membuat pengiriman jauh lebih cepat dan aman.

Alur pengiriman barang di J&T Express dalam era industri 4.0 (Infografis : www.deddyhuang.com)
Alur pengiriman barang di J&T Express dalam era industri 4.0 (Infografis : www.deddyhuang.com)

Alur pendistribusian J&T Express kurang lebih seperti ini:


- Saat paket keluar dari kargo dan sampai di daerah yang dituju, tanpa menunggu lama langsung membawa paket ke gateway (gudang penyimpanan) guna dilakukan penyortiran tujuan masing-masing.

- Selesai disortir, paket langsung dikirim ke drop point yang berada di setiap kecamatan tujuan tadi.

- Sampai di drop point, paket langsung dikirim oleh Sprinter ke alamat yang dimaksud di hari yang sama.

Nah, alur ini kontras dengan jasa pengiriman yang biasanya setelah sampai di drop point akan disimpan dulu di gudang, dan dikirim di hari berikutnya. Ini salah satu pelayanan Extra Reguler yang dimaksud dari J&T Express.

7) Layanan VIP Platform

Platform VIP ini berguna bagi pelanggan yang memiliki bisnis berbasis online yang mengirimkan produk melalui jasa ekspedisi. Dengan menjadi member VIP akan mendapatkan potongan biaya paket hingga 10%.

8) Jaminan garansi klaim

Garansi klaim bila dalam keadaan tak terduga tiba-tiba paket hilang atau sulit terlacak, maka J&T Express siap memberikan klaim untuk barang tersebut.

Paket kiriman yang langsung disortir untuk siap dikirim ke konsumen.
Paket kiriman yang langsung disortir untuk siap dikirim ke konsumen.

Optimis Menyongsong Era Industri 4.0

Akan ada banyak inovasi dari J&T Express dalam menghadapi era industri 4.0
Akan ada banyak inovasi dari J&T Express dalam menghadapi era industri 4.0
Hadir sebagai perusahaan jasa ekspedisi yang berbasis teknologi, J&T Express tentunya optimis menghadapi Logistik di Era Industri 4.0. Bukti keseriusan dalam menangani persoalan digital terlihat mulai dari fokus pada media sosial untuk menjawab keluhan konsumen serta membangun mega hub agar distribusi paket lebih cepat.

Kapasitas pengiriman barang semakin meningkat pesat, tidak memungkinan untuk mempertahankan sistem manual yang bakal memakan waktu cukup lama, apalagi sampai memperlambat proses pengiriman logistik, domestik maupun luar negeri.

Tak kala penting juga J&T Express melakukan kolaborasi dengan situs e-commerce besar seperti Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak di Indonesia. Menawarkan pelayanan gratis ongkos kirim (bagi para pembeli) sampai dengan gratis jemput paket (bagi para penjual online).


E-commerce memberikan peluang besar dalam logistik era 4.0
E-commerce memberikan peluang besar dalam logistik era 4.0
Promo gratis ongkir dengan J&T Express sangat menggetarkan jiwa untuk belanja.
Promo gratis ongkir dengan J&T Express sangat menggetarkan jiwa untuk belanja.
Menjamurnya situs e-commerce menjadi stimulus konsumen lewat promo harga murah hingga gratis ongkos kirim. Hal ini bukti nyata sinergi J&T Express di era industri 4.0 tidak sepenuhnya digital saja melainkan juga masih tetap membutuhkan sentuhan manusia untuk membangun hubungan pelayanan terbaik sampai ke tangan konsumen.

Dalam menghadapi era industri 4.0, perkembangan bisnis dengan pola digital terutama dagang sulit berkembang tanpa perkembangan jasa pengiriman. Butuh kerja yang efektif, efisien, handal dan dapat dipercaya memperkecil tingkat error.

Saya melihat J&T Express telah "Express Your Online Business" lewat sesuatu yang dulu prosesnya sangat lama menjadi lebih singkat dan cepat. Teknologi itu friendly. Sehingga kita tetap butuh dukungan jasa kurir yang mumpuni. Bukan begitu?

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun