Mohon tunggu...
Y. Edward Horas S.
Y. Edward Horas S. Mohon Tunggu... Penulis - Pendiri Cerpen Sastra Grup (cerpensastragrup.com)

ASN Kementerian Keuangan. Alumni Sekolah Tinggi Akuntansi Negara. Nomine Terbaik Fiksi 2021. Peraih Artikel Terfavorit Kompetisi Aparatur Menulis. Pernah menulis opini di KompasTV. Kontributor Majalah Desentralisasi Fiskal, Ditjen Perimbangan Keuangan. Kontributor Buku Pelangi Budaya dan Insan Nusantara. Redaktur Cerpen Sastra. Juri: a. Perjamuan Sastra Cerpen Kompasiana, b. Sayembara Cerpen Perkumpulan Pencinta Cerpen, c. Lomba Artikel Opini Komunitas Kompasianer Jakarta, d. Lomba Cerpen Audio Komunitas Lomba Baca Cerpen, e. Lomba Cerpen Nasional Lembaga Kajian Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta, dan f. Lomba Cerpen Audio Siswa/Siswi SMA/SMK di Bandung. Narasumber: 1. Pertemuan Perkumpulan Pencinta Cerpen: a. Tema I, Bagaimana Menyusun Paragraf Pembuka Cerpen yang Menarik?; b. Tema II, Membangun Ketegangan Konflik Cerpen; dan c. Tema III, Menyusun Judul Cerpen yang Menarik, 2. Sharing With Blogger di Bisnis Muda (afiliasi Bisnis.com): Strategi Menjaga Semangat Menulis Jangka Panjang dan Cara Mengatasi Writer’s Block, 3. Bimbingan Mental dan Rohani di Direktorat Dana Transfer Umum, Ditjen Perimbangan Keuangan: Healing Through Writing. Host Community Sharing Kompasianival 2023. Pendiri Sayembara Menulis Cerpen IG (@cerpen_sastra), Pendiri Perkumpulan Pencinta Cerpen (@pulpenkompasiana), Pendiri Komunitas Kompasianer Jakarta (@kopaja71), Pendiri Lomba Membaca Cerpen (@lombabacacerpen), Pendiri Cerita Indonesia di Kompasiana (@indosiana_), Pendiri Tip Menulis Cerpen (@tipmenuliscerpen), Pendiri Pemuja Kebijaksanaan (@petikanbijak), dan Pendiri Tempat Candaan Remeh-temeh (@kelakarbapak). Enam buku antologi cerpennya: Rahimku Masih Kosong (terbaru) (Guepedia, 2021), Juang, Kucing Kakak, Tiga Rahasia pada Suatu Malam Menjelang Pernikahan, Dua Jempol Kaki di Bawah Gorden, dan Pelajaran Malam Pertama. Satu buku antologi puisi: Coretan Sajak Si Pengarang pada Suatu Masa. Dua buku tip: Praktik Mudah Menulis Cerpen dan Praktik Mudah Menulis Cerpen (Bagian 2).

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Artikel Utama

Fenomena Berbagi Masalah, Masalah?

2 Mei 2021   16:14 Diperbarui: 4 Mei 2021   17:51 442
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: liputan6.com

Ada dua orang duduk bersebelahan. Mereka teman tetapi tidak terlalu dekat. Satu pria, sisanya wanita. Pria itu memutuskan memulai percakapan, setelah menguburkan rasa malunya dalam-dalam.

"Sis, saya boleh pinjam uang?" tanyanya perlahan. Wanita itu meneguk secangkir kopi hangat. "Buat apa! Kamu tidak tahu, saya lagi banyak pengeluaran? Anak saya sedang masuk rumah sakit. Pinjaman kantor belum lunas. Saya pun masih punya utang ke bank," jawabnya berurutan tanpa jeda. Suaranya agak meninggi.

Pria itu terdiam. Dia memang tidak paham apa-apa tentang wanita yang menjadi teman kantornya itu. Wanita itu jarang bercerita. Dia hanya tahu penghasilan wanita itu lebih besar darinya. Dia berharap, wanita itu bisa menolongnya.

Bila kita diberi pertanyaan, lebih suka mana, bertemu dengan orang yang pandai memberi solusi atau yang sering berbagi masalah? Saya yakin, sebagian besar kita, menjawab pilihan pertama.

Ya, orang pasti suka berteman dengan orang yang mampu menjawab pertanyaan dan memberi pencerahan solusi dalam setiap kerumitan. Jika hendak bercakap dengan orang yang selalu bermasalah, pasti kita menimbang-nimbang lagi.

Kita tahu, masalah itu energi negatif. Bisa menuakan wajah dengan cepat. Mematahkan semangat yang menyala. Mengubah ekspresi dari bahagia ke sedih. Sesekali efektif memancing emosi marah.

Sementara solusi adalah kebalikannya. Orang senang beroleh solusi. Bahagia karena masalah terpecahkan. Bisa lanjut ke fase kehidupan berikutnya. Gampang punya teman dan sahabat. Tentu, dicari-cari orang.

Namun, kenyataan bahwa orang bermasalah atau suka membagi masalah selalu ada, tidak bisa dielakkan. Pasti kita temui dalam interaksi sosial dengan masyarakat. 

Jarang bahkan tidak pernah, kita mendapat solusi seusai bercakap dengannya. Menghindari percakapan pun tidak bisa selamanya, karena mungkin itu teman, yang bahkan berjumpa terus setiap hari di sekolah atau kantor. Kita memang rugi.

Menambah pusing

Masalah kita belum kelar, pertanyaan belum ditemukan jawabannya, malah ditambah dengan cerita masalah darinya. Semakin rumit persoalan tertumpuk. 

Potensi kepala pusing besar terjadi. Jika dirasa dalam-dalam, bisa membuat sakit, karena emosi negatif yang keluar bersama masalah yang diceritakannya, tanpa disadari terpapar langsung ke kita, seolah-olah kita yang bermasalah dengannya. Kita pun bisa ikut emosi.

Membuang waktu

Setengah jam, sejam, atau bahkan berjam-jam? Orang paling bersemangat menceritakan masalah, karena itu memuaskan unek-unek dalam hatinya. Mencurahkan segala beban pikirannya.

Orang yang bercerita tentu merasa waktu begitu cepat berlalu, sementara kita yang mendengarkan, merasa lama sekali. Secara tidak langsung, kita membuang waktu yang berharga, yang seharusnya bisa untuk memikirkan solusi.

Kapok

Orang bertipe demikian jarang diajak bercakap membahas masalah. Orang lain sudah paham, tidak ada solusi darinya. Bahkan mungkin kapok, percuma mendengar ucapannya.

Yang ada hanya masalah, masalah, dan masalah. Malah kita yang diminta menjawabnya. Kita sendiri sudah pusing, ini ditambah lagi harus membantunya.

Namun, jika dipikir baik dan lebih dalam, tidak selamanya negatif ketika bercengkerama dengan mereka. Ada sisi positifnya, yang berimbas pada perbaikan kualitas kehidupan kita, baik pribadi maupun kepada sesama.

Melatih simpati

Dengan sengaja memberi waktu mendengarkan, kita melatih simpati menyimak penderitaan orang. Tentu, ini tidak dalam hal kita buru-buru ya. Benar-benar sengaja menyediakan waktu tanpa diganggu apa pun, termasuk desakan menyelesaikan masalah kita.

Biasanya kepada sahabat, orang terdekat, dengan sendirinya kita rela, berdiam di sebelahnya, memasang telinga tajam-tajam, dan mendengarkan tumpukan masalahnya. Sesekali kita pernah ditolong olehnya, jadi sudah sewajarnya kita bersimpati atasnya.

Meskipun kita tidak menghadirkan solusi, dengan mendengarkannya, dia sudah bahagia. Setidaknya ada teman dalam kesusahannya.

Memantik solusi

Solusi juga dapat timbul dari masalah. Sebetulnya solusi adalah lawan dari masalah. Jika seorang lapar, solusinya makan. Jika ada yang haus, solusinya minum. Semudah itu. Iya, semudah itu, jika hanya terkait pribadi. Namun, bila melibatkan perasaan banyak orang, lain hal.

Terkadang, dengan memecahkan masalah orang, kita mendapat solusi atas masalah sendiri. Apalagi jika ceritanya searah dengan masalah yang kita alami. Seketika solusi terpancing.

Menjaga pertemanan

Dengan memberi waktu, kita juga berusaha menjaga pertemanan. Kita tidak bisa hidup sendiri, bukan? Memang, dalam beberapa waktu mendengarkannya, kita akan kehilangan momen yang mungkin lebih berharga jika dihabiskan untuk pribadi.

Namun, suatu ketika, kita pun bisa di posisi mereka. Orang sulit tergerak menolong jika kita tidak pernah menolongnya. Anggap saja, investasi untuk masa depan. Tetapi tetap, dilakukan dengan tulus, karena perhatian dan kasih kepada teman.

Demikianlah, plus minus jika memandang orang bermasalah dari dua sisi. Semoga ini menjadi dasar pertimbangan kita, bagaimana memperlakukan mereka sebaik-baiknya pada saat yang tepat.

Jadi, berbagi masalah, masalah tidak? Sangat masalah, jika masalah yang diceritakan begitu panjang tetapi waktu yang kita miliki untuk memutuskan solusi sangat sedikit. Lebih baik mohon pamit saja dan beralih ke orang lain yang dipandang mampu memberi solusi.

...

Jakarta

2 Mei 2021

Sang Babu Rakyat

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun