Meningkatkan Literasi Melalui Minat Bakat Dengan Kreativitas Dan Efektivitas Di Sdn 08 Padang Sago Oleh Gugus Abdul Moeis Dalam Kegiatan Bakti Sosial Mahasiswa Departemen Pendidikan Non Formal Di Nagari Koto Baru, Korong Tungka Kampung Panyalai, Kec Padang Sago, Kab Padang Pariaman
Fatwa Azahra, Hikmathul Nurhasanah, Maroatul Nazifah, Mutia Khoiratunnisa, M. Rehan Alfirdaus, Nadya Fariska Rozzaq, Salwa Annafi Ananda
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang. Jl. Prof Dr Hamka Kampus Air Tawar, Kota Padang, Sumatera Barat, 25171Â
e-mail : salwaannaafi24@gmail.com, mutiakhoirunnisa28@gmail.com, nadyfariskar@gmail.com, hikmathulnurhasanah548@gmail.com
Abstrak
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengasah dan meningkatkan kemampuan literasi pada siswa/siswi SDN 08 Padang Sago. Dengan adanya kegiatan Bakti Sosial Mahasiswa (BSM) yang diselenggarakan oleh Departemen Pendidikan Non Formal ini menjadi wadah bagi Gugus Abdul Moies dalam menerapkan kemampuan yang dimiliki sekaligus mengimplementasikan ilmu yang telah didapatlkan selama dua semester, bagaimana kami berinteraksi dengan baik kepada siswa/siswi SDN 08 Padang Sago dan bagaimana kami bekerja sama dalam menyampaikan materi ajar yang telah disiapkan.Â
Ditengah riuhnya kemajuan teknologi yang semakin canggih memunculkan kekhawatiran tersendiri, terutama di Indonesia. Tingkat literasi yang rendah menjadi tantangan utama dalam dunia pendidikan. Generasi muda perlu menyadari pentingnya berliterasi, karena ini membuka cakrawala dunia dan meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas. Melalui kegiatan inilah kami dapat berbagi ilmu bahkan menimba ilmu baru, pengalaman yang luar biasa untuk kami terjun langsung kelapangan, dengan hal tersebut kami dapat meningkatkan pemahaman kepada siswa/siswi SDN 08 Padang Sago terkait literasi.
Kata kunci: Mengasah Dan Meningkatkan Kemampuan Literasi, Berinterasi Dengan Baik, Bekerjasama, Bakti Sosial Mahasiswa, Pendidikan Non Formal.
Pada akhir pekan lalu, tim mahasiswa program studi Pendidikan Non Formal melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka kegiatan Bakti Sosial Mahasiswa dan Keakraban Departemen Pendidikan Non Formal ( BSMKD ) di Sekolah Dasar Negeri 08 Nagari Koto Baru, Korong Tungka Kampung Panyalai, Kecamatan Padang Sago, Kabupaten Padang Pariaman. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi bagi siswa kelas 4 dengan memberikan pelatihan dan pendampingan membaca, menulis, serta pemahaman terhadap teks bacaan.
Melalui metode pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan, tim pengabdi memandu para siswa untuk mengasah kemampuan membaca dengan lafal dan intonasi yang baik. Selanjutnya, para siswa juga diajak untuk memahami isi dan pesan moral yang terkandung dalam teks bacaan, serta mendiskusikannya bersama.
Antusias dan rasa ingin tahu yang tinggi ditunjukkan oleh para siswa selama kegiatan berlangsung. Mereka terlihat sangat bersemangat dalam mengikuti setiap sesi dan aktif bertanya atau memberikan tanggapan. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan pengabdian ini sangat bermanfaat dan sesuai dengan kebutuhan siswa untuk meningkatkan kemampuan literasi mereka.
Kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi para siswa dalam meningkatkan keterampilan membaca, menulis, dan memahami teks. Ke depannya, tim pengabdi berencana untuk melakukan evaluasi dan tindak lanjut agar program literasi ini dapat berkelanjutan dan semakin memperkuat fondasi akademik siswa sejak dini.
Metode Penelitian
Penelitian ini mengusung pendekatan kualitatif untuk mengungkap secara mendalam pengalaman, perspektif, dan makna yang terkait dengan minat bakat siswa dalam kreativitas dan efektifitas melalui literasi di kalangan siswa kelas 4 Sekolah Dasar di Nagari Koto Baru, Korong Tungka. Pilihan metode kualitatif didasari oleh keinginan untuk memahami fenomena sosial secara holistik dan menyeluruh, bukan hanya sekedar mengukur atau menghitung. Pendekatan ini memungkinkan peneliti untuk menggali pemahaman yang kaya dan bermakna dari subjek penelitian, yang dalam hal ini adalah siswa kelas 4 SD.
Teknik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data utama dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam. Wawancara mendalam dipilih karena memungkinkan peneliti untuk mendapatkan informasi yang kaya dan mendalam dari responden, serta untuk memahami makna dan interpretasi mereka terhadap pengalaman dan perspektif mereka. Â Wawancara dilakukan secara semi-terstruktur, memberikan fleksibilitas bagi peneliti untuk menggali informasi lebih lanjut dari responden sesuai dengan alur percakapan. Â Peneliti menyusun pedoman wawancara yang disesuaikan dengan tingkat pemahaman anak usia sekolah dasar. Pedoman wawancara menggunakan bahasa sederhana dan contoh konkret untuk memudahkan anak-anak memahami pertanyaan dan merasa nyaman dalam berbagi pengalaman mereka. Contohnya wawancara dengan menanyakan hobi siswa dan berusaha mengaitkannya dengan kemampuan literasi di kalangan kelas 4 SD.
Subjek Penelitian
Subjek penelitian adalah siswa kelas 4 Sekolah Dasar di Nagari Koto Baru, Korong Tungka. Â Pemilihan subjek penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Â Teknik ini dipilih karena memungkinkan peneliti untuk memilih subjek penelitian yang memiliki karakteristik tertentu yang relevan dengan tujuan penelitian. Â Dalam penelitian ini, peneliti memilih subjek penelitian yang memiliki keragaman latar belakang, seperti jenis kelamin, prestasi akademik, dan latar belakang kegemaran siswa. Â Hal ini bertujuan untuk mendapatkan perspektif yang beragam dan representatif dari siswa kelas 4 SD di Nagari Koto Baru, Korong Tungka. Â Jumlah responden ditentukan berdasarkan saturasi data, yaitu sekitar 14 siswa.
Prosedur Wawancara
Proses wawancara dilakukan di lingkungan sekolah yang familiar bagi siswa untuk menciptakan suasana nyaman dan kondusif. Â Setiap sesi wawancara berlangsung sekitar 20-30 menit, mempertimbangkan rentang perhatian anak-anak. Â Peneliti berusaha untuk membangun hubungan yang positif dan empatik dengan responden, sehingga mereka merasa nyaman untuk berbagi pengalaman dan pendapat mereka. Yaitu peneliti mengajak responden dengan bermain peran di dalam kelas dengan cara bermain sambil bernyanyi.
Teknik Analisis Data
Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis tematik. Â Teknik ini digunakan untuk mengidentifikasi pola dan tema utama dari hasil wawancara. Â Peneliti akan membaca dan mencatat data secara berulang untuk menemukan tema-tema yang muncul. Â Tema-tema tersebut kemudian akan dikelompokkan dan diberi label untuk memudahkan interpretasi data. Â Analisis tematik memungkinkan peneliti untuk menemukan makna dan interpretasi yang mendalam dari pengalaman dan perspektif responden, serta untuk mengidentifikasi pola dan tren yang muncul dalam data.
Etika Penelitian
Peneliti akan menjaga kerahasiaan identitas responden dan data yang diperoleh. Â Peneliti juga akan mendapatkan persetujuan dari guru (pendidik) dari siswa sebelum melakukan wawancara. Â Hal ini penting untuk memastikan bahwa hak-hak responden terlindungi dan penelitian dilakukan secara etis.
Keterbatasan Penelitian
Penelitian ini memiliki beberapa keterbatasan, seperti jumlah responden yang terbatas dan kemungkinan bias peneliti dalam menginterpretasikan data. Â Jumlah responden yang terbatas dapat membatasi generalisasi hasil penelitian. Â Bias peneliti dapat muncul dari interpretasi peneliti terhadap data, yang dapat dipengaruhi oleh pengalaman dan perspektif peneliti sendiri. Â Namun, peneliti akan berusaha untuk meminimalkan bias dan meningkatkan kredibilitas data dengan menggunakan teknik analisis data yang sistematis dan objektif.
Kesimpulan
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan data yang valid dan reliabel untuk menjawab pertanyaan penelitian.  Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan pemahaman tentang menggali minat bakat melalu kreativitas dan efektivitas dengan Literasi  di kalangan siswa kelas 4 SD di Nagari Koto Baru, Korong Tungka.  Hasil penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa di  sekolah dasar di nagari Koto Baru, Korong Tungka Kampung Panyalai, Kecamatan Padang Sago, Kabupaten Padang Pariaman.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H