Mohon tunggu...
Laurry Murrai
Laurry Murrai Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta

Tidak akan ada suatu perubahan jika tidak adanya suatu gerakan dalam hal apapun

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mengenal STP dan Strategi Penting dalam Mempromosikan Keunggulan Perusahaan di Pasar

28 Juni 2023   11:19 Diperbarui: 2 Juli 2023   21:29 252
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

STP (Segmentation, Targeting, Positioning) adalah proses penting dalam pemasaran yang membantu perusahaan memahami pelanggan mereka, memilih segmen pasar yang tepat, dan memposisikan produk atau layanan mereka dengan cara yang paling menarik bagi konsumen. Dengan menerapkan STP secara efektif, perusahaan dapat memaksimalkan potensi laba, meminimalkan risiko kegagalan produk atau layanan, membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan, dan memperkuat posisi merek di pasar.

Kita mempelajari konsep STP (Segmentasi, Targeting, dan Positioning) karena hal ini sangat penting bagi perusahaan atau organisasi yang ingin memasarkan produk atau layanan mereka secara efektif. Dengan memahami konsep STP, perusahaan dapat memahami pelanggan mereka secara lebih baik, mengembangkan produk atau layanan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan, memilih segmen pasar yang paling menjanjikan, dan memposisikan produk atau layanan mereka di pasar yang dipilih dengan cara yang paling menarik bagi konsumen dalam segmen pasar tersebut. Dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif, pemahaman tentang konsep STP menjadi sangat penting untuk mempertahankan eksistensi dan kesuksesan perusahaan di pasar yang terus berkembang dan berubah.

 

Segmentations

Segmentations yaitu Segmentasi adalah proses membagi pasar menjadi kelompok-kelompok yang homogen berdasarkan karakteristik tertentu, seperti usia, jenis kelamin, penghasilan, minat, dan perilaku konsumen lainnya. Dengan melakukan segmentasi, perusahaan dapat memahami pelanggan mereka secara lebih baik dan mengembangkan produk atau layanan yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing segmen pasar. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk memaksimalkan potensi laba dan meminimalkan risiko kegagalan produk atau layanan di pasar.

A. Jenis-jenis Segmentations

Segmentasi Perilaku

Segmentasi perilaku mengacu pada pengelompokan konsumen berdasarkan tingkah lakunya terhadap produk bisnis yang ditawarkan, mulai dari sikap, pengetahuan, reaksi atau respon, loyalitas, serta penggunaan produk terkait dari seorang pelanggan. Biasanya, jenis segmentasi ini lebih terikat dengan proses pengambilan keputusan atau decision making konsumen.

Segmentasi Demografis

Jenis lainnya dari segmentasi pasar adalah segmentasi demografis, dimana pengelompokan konsumen berfokus terhadap aspek-aspek seperti usia, jenis kelamin, pekerjaan, pendidikan, status menikah, dan lain sebagainya.

Segmentasi Psikografis

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun