Mohon tunggu...
Heriyanto Rantelino
Heriyanto Rantelino Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Pemuda Papua Yang Menikmati Petualangan sebagai ASN Sekretariat Daerah Di Belitung Timur

ASN Belitung Timur, Traveler, Scholarship Hunter. Kontak 0852-4244-1580

Selanjutnya

Tutup

Money Artikel Utama

Kemerdekaan Transportasi Masyarakat Papua dengan KMP Kokonao

23 Mei 2017   12:26 Diperbarui: 8 Juni 2018   10:22 2846
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ada Cafetaria di atas Kapal KMP Kokonao ini. Dok: Pribadi

Kemegahan Kapal KMP Kokonao (Dokumentasi Pribadi)
Kemegahan Kapal KMP Kokonao (Dokumentasi Pribadi)
Masyarakat Papua khususnya yang berada di Kabupaten Mimika sebentar lagi akan merasakan kemerdekaan dari ketertinggalan. Pasalnya mereka bisa menikmati asyiknya berlayar ke daerah pedalaman dengan biaya yang terjangkau dan jadwal pelayaran yang teratur. Adalah Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Kokonao yang merupakan hibah dari Kementrian Perhubungan yang segera akan beroperasi tahun 2017 ini.

Kapal KMP Kokonao. Dok:Pribadi
Kapal KMP Kokonao. Dok:Pribadi
Kapal ini merupakan hasil karya galangan kapal PT. Adihulung Sarana dengan bobot 260 GT. Untuk perawatan dan pemeliharaan diberikan kewenangan kepada PT. ASDP Kabupaten Merauke sedangkan untuk pengelolaannya diserahkan ke Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Mimika.

Tampak Samping Kapal KMP Kokonao (Dokumentasi Pribadi)
Tampak Samping Kapal KMP Kokonao (Dokumentasi Pribadi)
p-20170531-110201-592fa6a3ca23bd142dea50b0.jpg
p-20170531-110201-592fa6a3ca23bd142dea50b0.jpg
Salah satu Contoh Distribusi Pengangkutan Via KMP.Kokonao. Dok:Pribadi
Salah satu Contoh Distribusi Pengangkutan Via KMP.Kokonao. Dok:Pribadi
Kapal ini memiliki kapasitas angkut sebanyak 80 orang dan bisa menampung belasan kendaraan bermotor baik mobil dan motor pada dek bawahnya. Kapal ini memiliki banyak fungsi karena  segala macam hasil masyarakat bisa diangkut baik hasil kebun, laut, barang kebutuhan pokok masyarakat, bahan bangunan dan lainnya ke daerah-daerah pedalaman.

Kapal ini tergolong mewah di kelasnya. Rekan-rekan bisa menemukan fasilitas hiburan dan keamanan yang mumpuni. Bisa menemukan kafetaria dengan desain interior menarik, ada baju pelampung, dan  tempat tidur yang empuk. Selain itu kapal ini dilengkapi dengan CCTV di setiap sudut kapal, memiliki mesin gerak berkekuatan 2x 500 PK, dengan kecepatan maksimal 8-10 Knot. Kapal ini bisa menampung bahan bakar sebanyak 24 Kilo Liter sehingga bisa berlayar untuk jangka waktu yang lama.

Jumlah Baju Pelampung Yang Memadai (Dokumentasi Pribadi)
Jumlah Baju Pelampung Yang Memadai (Dokumentasi Pribadi)
Ruang Tidur Bagi Penumpang Berkonsep Tatami Jepang dilengkapi dengan AC (Dokumentasi Pribadi)
Ruang Tidur Bagi Penumpang Berkonsep Tatami Jepang dilengkapi dengan AC (Dokumentasi Pribadi)
Fasilitas Untuk Mencharge Gadget. Dok:Pribadi
Fasilitas Untuk Mencharge Gadget. Dok:Pribadi
Ada Cafetaria di atas Kapal KMP Kokonao ini. Dok: Pribadi
Ada Cafetaria di atas Kapal KMP Kokonao ini. Dok: Pribadi
Fasilitas Keselamatan Yang Tersedia. Dok:Pribadi
Fasilitas Keselamatan Yang Tersedia. Dok:Pribadi
Adapun pelayaran akan rutin dilakukan  untuk saat ini yaitu dari Pelabuhan Paumako-Kokonao (ibu kota Distrik Mimika Barat), Paumako-Agats (ibu kota Kabupaten Asmat), Agats-Atsi, Atsi-Agats, dan Agats-Paumako Timika. Di Kokonao sendiri, kapal mengalami gangguan saat ini karena di daerah ini mengalami pendangkalan sehingga kalau dipaksakan, bisa membuat kapal kandas. Oleh karena itu saat ini direncanakan hanya melayani rute Timika, Agats, Aci sembari menunggu pengerukan Sungai di daerah Kokonao.

Berbicara mengenai ongkos yang dikeluarkan untuk menikmati transportasi ini, tak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Jika biasanya masyarakat harus mengeluarkan biaya 8-10 juta perton untuk pengangkutan barang dari Pomako (Timika) ke Kokonao, kini masyarakat cukup membayar :

-Untuk tarif rute Pomako-Agats : dewasa Rp.42.000, anak Rp.33.000
-Untuk rute Agats-Eci : dewasa Rp  76.000, anak Rp.59.000
-Untuk rute Pomako-Eci : dewasa Rp. 118.000 , anak Rp.92.000

Pemerintah Kabupaten Mimika dalam hal ini DISHUBKOMINFO Mimika berharap dengan adanya kapal ini dapat membantu masyarakat terutama dalam bidang ekonomi dan menekan harga sehingga tidak terjadi kesenjangan harga kebutuhan barang kebutuhan pokok di wilayah pesisir Mimika.

Tak hanya pelabuhan Pomako di Timika saja yang akan dipersiapkan sebagai bagian pelayaran kapal ini, tetapi ada juga beberapa pelabuhan yang sementara dalam tahap perencanaan pembangunan dan pembenahan diantaranya Pelabuhan Kapiraya di Distrik Kapiraya, Potowaiburu di Distrik Mimika Barat Jauh, Ipaya di Distrik Amar, Manasari di Distrik Mimika Timur Jauh, Sipu-Sipu dan Fakafuku Distrik Agimuga.

Fasilitas Keselamatan di Kapal KMP Kokonao (Dokumentasi Pribadi)
Fasilitas Keselamatan di Kapal KMP Kokonao (Dokumentasi Pribadi)
Staf Yang Akan Melayani Kelancaran Transportasi Penyeberangan KMP Kokonao. Dok:Pribadi
Staf Yang Akan Melayani Kelancaran Transportasi Penyeberangan KMP Kokonao. Dok:Pribadi
PENUTUP

Terminal dermaga penyeberangan ASDP Pomako, Timika  dan kapal KMP Kokonao akan menjadi tempat dan wadah bagi saya untuk belajar lebih dekat tentang angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) mengingat saat ini saya ditugaskan di bagian ASDP Dishubkominfo Mimika.

KETERANGAN SPESIFIKASI KAPAL KMP KOKONAO

Nama kapal                              :KMP. Kokonao

Pemilik                                     : PT. ASDP INDONESIA FERRY (Persero)

Galangan Pembuatan              : PT. ADIHULUNG SARANA SEGARA INDONESIA

Type Kapal                               :  Kapal Roro

Bendera                                     : Indonesia

Klasifikasi                                 :  BKI A 100 (1) D SM

UKURAN UTAMA KAPAL

L.O.A                            :33,78 Meter

LPP                              :27,95 Meter

B                                  :9,00 Meter

H                                  : 2,80 Meter

T                                  : 2 Meter

Speed                           : 10 Knot

GT                                : 263 GRT

ABK                             :14 Orang

MUATAN

Penumpang                   : 88 Orang ( 40 penumpang duduk, 48 penumpang tidur)

Barang                          : Kapasitas 70 Ton

MESIN

Mesin Induk                  : 2 x 500 RPM

Mesin Bantu                  : 2 x 65 KVA

KAPASITAS TANGKI

Bahan Bakar                 : 22 Ton

Air Tawar                      : 30 Ton

Air Ballast                     : 30 Ton

Tangki Harian               : 1 Ton

Bilga                             : 1 Ton

Penulis:

Heriyanto Rantelino, Staf Dinas Perhubungan Kabupaten Mimika, Papua
Facebook: Heriyanto Rantelino
No telepon/Whatsapp : 085242441580
Line : Ryanlino

photogrid-1526642717058-5b19ef6916835f132c0ddf42.jpg
photogrid-1526642717058-5b19ef6916835f132c0ddf42.jpg
Baca  Pemikiran Saya Lainnya Tentang Papua di (Silahkan Klik)

1. Anak Muda Tak Perlu Gengsi Membangun Karir di Papua

2. Mentalku Semakin Kuat di Tanah Papua

3. Mengindonesiakan Orang Papua di Bumi Pertiwi

4. Setahun Mengabdi di Dinas Perhubungan Mimika, Papua

5. Kemerdekaan  Transportasi Masyarakat Papua Dengan Kapal KMP Kokonao

6. Isak Tangis Bung Karno dan Upaya Pemuda Papua Mengusapnya

7. Empat Alasan Mengapa Mimika di Papua Terlihat Seksi di Mata Pemerintah Indonesia

8. Buang 5 Persepsi Ini ketika Bergaul dengan Anak Muda Papua

9.Kasus Freeport dari Sudut Pandang Perantau Muda di Mimika, Papua

10. Membuka Gerbang Pariwisata Papua Lewat Transportasi Sungai

11. Fakta Unik dari Kabupaten Mimika, Provinsi Papua

12. Tak Mudah Menggarap Tender Proyek di Tengah Masyarakat Papua

13. Memetik Empat Hikmah Positif dari Polemik Freeport Vs Pemerintah Indonesia

14. Cara Menimba Ilmu di Papua ala Strategi Ikan Remora

15. Belajar Integritas dari AKBP Victor Dean Mackbon di Tanah Papua

16. Serunya Meninjau Lokasi Pelabuhan Penyeberangan Kokonao, Daerah Pedalaman Papua

17.  Meneladani Kiprah Johannes Rettob di Tanah Papua

18. Teruslah Berkreativitas Anak-anak Muda Papua

19. Sungai Keakwa di Papua Dikeruk, Transportasi pun Jadi Lebih Lancar

20. Mengapa Tarif Pesawat PP Papua Melonjak Tajam Saat Hari Raya?

21. Melirik Potensi Pelabuhan Pomako,Kabupaten Mimika

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun