Kapal ini tergolong mewah di kelasnya. Rekan-rekan bisa menemukan fasilitas hiburan dan keamanan yang mumpuni. Bisa menemukan kafetaria dengan desain interior menarik, ada baju pelampung, dan  tempat tidur yang empuk. Selain itu kapal ini dilengkapi dengan CCTV di setiap sudut kapal, memiliki mesin gerak berkekuatan 2x 500 PK, dengan kecepatan maksimal 8-10 Knot. Kapal ini bisa menampung bahan bakar sebanyak 24 Kilo Liter sehingga bisa berlayar untuk jangka waktu yang lama.
Berbicara mengenai ongkos yang dikeluarkan untuk menikmati transportasi ini, tak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Jika biasanya masyarakat harus mengeluarkan biaya 8-10 juta perton untuk pengangkutan barang dari Pomako (Timika) ke Kokonao, kini masyarakat cukup membayar :
-Untuk tarif rute Pomako-Agats : dewasa Rp.42.000, anak Rp.33.000
-Untuk rute Agats-Eci : dewasa Rp  76.000, anak Rp.59.000
-Untuk rute Pomako-Eci : dewasa Rp. 118.000 , anak Rp.92.000
Pemerintah Kabupaten Mimika dalam hal ini DISHUBKOMINFO Mimika berharap dengan adanya kapal ini dapat membantu masyarakat terutama dalam bidang ekonomi dan menekan harga sehingga tidak terjadi kesenjangan harga kebutuhan barang kebutuhan pokok di wilayah pesisir Mimika.
Tak hanya pelabuhan Pomako di Timika saja yang akan dipersiapkan sebagai bagian pelayaran kapal ini, tetapi ada juga beberapa pelabuhan yang sementara dalam tahap perencanaan pembangunan dan pembenahan diantaranya Pelabuhan Kapiraya di Distrik Kapiraya, Potowaiburu di Distrik Mimika Barat Jauh, Ipaya di Distrik Amar, Manasari di Distrik Mimika Timur Jauh, Sipu-Sipu dan Fakafuku Distrik Agimuga.
Terminal dermaga penyeberangan ASDP Pomako, Timika  dan kapal KMP Kokonao akan menjadi tempat dan wadah bagi saya untuk belajar lebih dekat tentang angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) mengingat saat ini saya ditugaskan di bagian ASDP Dishubkominfo Mimika.
KETERANGAN SPESIFIKASI KAPAL KMP KOKONAO
Nama kapal                :KMP. Kokonao
Pemilik                   : PT. ASDP INDONESIA FERRY (Persero)
Galangan Pembuatan        : PT. ADIHULUNG SARANA SEGARA INDONESIA
Type Kapal                :  Kapal Roro
Bendera                   : Indonesia
Klasifikasi                 :  BKI A 100 (1) D SM
UKURAN UTAMA KAPAL
L.O.A Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â :33,78 Meter
LPP Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â :27,95 Meter
B Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â :9,00 Meter
H Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â : 2,80 Meter
T Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â : 2 Meter
Speed              : 10 Knot
GT Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â : 263 GRT
ABK Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â :14 Orang
MUATAN
Penumpang          : 88 Orang ( 40 penumpang duduk, 48 penumpang tidur)
Barang              : Kapasitas 70 Ton
MESIN
Mesin Induk          : 2 x 500 RPM
Mesin Bantu          : 2 x 65 KVA
KAPASITAS TANGKI
Bahan Bakar         : 22 Ton
Air Tawar            : 30 Ton
Air Ballast           : 30 Ton
Tangki Harian        : 1 Ton
Bilga               : 1 Ton
Penulis:
Heriyanto Rantelino, Staf Dinas Perhubungan Kabupaten Mimika, Papua
Facebook: Heriyanto Rantelino
No telepon/Whatsapp : 085242441580
Line : Ryanlino
1. Anak Muda Tak Perlu Gengsi Membangun Karir di Papua
2. Mentalku Semakin Kuat di Tanah Papua
3. Mengindonesiakan Orang Papua di Bumi Pertiwi
4. Setahun Mengabdi di Dinas Perhubungan Mimika, Papua
5. Kemerdekaan  Transportasi Masyarakat Papua Dengan Kapal KMP Kokonao
6. Isak Tangis Bung Karno dan Upaya Pemuda Papua Mengusapnya
7. Empat Alasan Mengapa Mimika di Papua Terlihat Seksi di Mata Pemerintah Indonesia
8. Buang 5 Persepsi Ini ketika Bergaul dengan Anak Muda Papua
9.Kasus Freeport dari Sudut Pandang Perantau Muda di Mimika, Papua
10. Membuka Gerbang Pariwisata Papua Lewat Transportasi Sungai
11. Fakta Unik dari Kabupaten Mimika, Provinsi Papua
12. Tak Mudah Menggarap Tender Proyek di Tengah Masyarakat Papua
13. Memetik Empat Hikmah Positif dari Polemik Freeport Vs Pemerintah Indonesia
14. Cara Menimba Ilmu di Papua ala Strategi Ikan Remora
15. Belajar Integritas dari AKBP Victor Dean Mackbon di Tanah Papua
16. Serunya Meninjau Lokasi Pelabuhan Penyeberangan Kokonao, Daerah Pedalaman Papua
17. Â Meneladani Kiprah Johannes Rettob di Tanah Papua
18. Teruslah Berkreativitas Anak-anak Muda Papua
19. Sungai Keakwa di Papua Dikeruk, Transportasi pun Jadi Lebih Lancar
20. Mengapa Tarif Pesawat PP Papua Melonjak Tajam Saat Hari Raya?
21. Melirik Potensi Pelabuhan Pomako,Kabupaten Mimika
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H