Â
Â
 Â
Senang rasanya ketika saya mendapat amanat dari pihak Kompasiana untuk mengikuti Gathering Community Kompasiana 2015, acara temu muka seluruh admin komunitas Kompasiana. Kegiatan ini merupakan salah satu keseriusan pihak Kompasiana untuk mengembangkan dan memajukan Kompasiana beserta komunitas-komunitas yang ada. Saya ditunjuk mewakili Kampusiana yaitu wadah bagi para Kompasianer yang masih aktif di dunia kampus entah itu dosen, pegawai atau mahasiswa.
Sayangnya, acara ini tidak diadakan di daerah tempat tinggalku ( Makassar) melainkan di Kota Jakarta. Sempat ragu sih, apakah bisa ikut soalnya ada banyak pertimbangan. Pertama, jaraknya. Yang kedua, adanya kekhawatiran saat di Jakarta nantinya. Seingat saya, terakhir kali ke Jakarta 10Â tahun lalu disaat saya masih di bangku SMA. Sekarang, mana ingat tuh rute mana yang harus ditempuh dan kendaraan mana yang bisa mengantarkanku dengan selamat ke tempat tujuan.
Kabar baik pun datang, Pegipegi.com bersedia memfasilitasi tiket pesawat dan Taksi Blue Bird berkenan mewadahi transportasi dari Bandara Soekarno Hatta ke lokasi kegiatan di Hotel Discovery Ancol. Dengan begini, hati jadi tenang dan yakin bahwa saya akan baik-baik saja nantinya selama di Jakarta hingga pulang kembali ke Makassar nantinya.
Pegipegi.com sudah menyediakan tiket pesawat  dari Makassar- Jakarta dan sebaliknya. Dengan perantara pihak panitia, e-tiket pesawat dikirimkan ke alamat emailku.Di tiket pesawat menuju Jakarta tertera bahwa saya akan menumpang pesawat Lion Air dengan jadwal keberangkatan jam 6 pagi. Saya memilih berangkat menuju ke Bandara Sultan Hasanuddin jam 4 pagi saja. Mendingan cepat ke bandaranya daripada nanti ketinggalan pesawat  bisa berabe sekaligus mengecewakan pihak panitia.
Â
Mengamati Layanan Website Pegi-Pegi.com
[caption caption="Tentang Pegi-Pegi.com (dok: id.techinasia.com)"]
Selama menunggu di Bandara, saya mencoba mengakses pegipegi.com. Saya perhatikan tampilan  websitenya cukup trendy dan user friendly. Oh ya, sekedar info, Pegipegi.com itu adalah sebuah startup online travelling yang menawarkan layanan informasi dan reservasi tiket pesawat dari berbagai macam maskapai di Indonesia dan penginapan secara mudah. Dengan adanya startup ini, kita dimudahkan mencari penginapan berdasarkan tujuan wisata (kota atau area), memilih jadwal keberangkatan pesawat dan penginapan yang tersedia pada tanggal yang diinginkan dan kemudian melakukan reservasi secara mudah melalui web PegiPegi.
Pegipegi.com memudahkan penggunanya mencari hotel yang diidamkan. Pengguna dapat melakukan filtering hotel berdasarkan lokasi, nama hotel, peringkat hotel, tarif kamar, tipe kamar, fitur yang ada dalam hotel, range harga, hingga testimoni dari orang-orang yang pernah nginap di hotel tersebut
Dalam bertransaksi, pengguna dengan mudah melakukan pembayaran. Selain menggunakan kartu kredit, pengguna dapat menggunakan metode pembayaran via ATM, transfer bank, hingga perbankan online. Pegipegi.com sudah menjalin kerjasama dengan berbagai melalui KlikBCA, Mandiri ClickPay, ATM Mandiri, ATM BCA serta melalui kartu kredit Visa dan MasterCard.Kita juga bisa membayar hotel dengan cara transfer dan melalui mini market. Jika beruntung, pengguna Pegipegi.com bisa mendapat promo menarik seperti voucher potongan harga bila melakukan pembayaran dengan kartu kredit  atau bertranskasi di merchant tertentu.
[caption caption="Partner Pegipegi.com (dok pegipegi.com)"]
Pegipegi.com berusaha semaksimal mungkin memberikan service yang terbaik bagi pelanggannya. Oleh karena itu, demi kenyamanan pelanggan, pegipegi.com memberikan layanan customer service 24 jam. Pelanggan dapat menghubunginya melalui email, telepon ataupun media sosial seperti:
Facebook: Pegipegigold (https://www.facebook.com/PegiPegiGold)
Twitter: @pegi_pegi
Email : cs@pegipegi.com
Telepon: (021) 3000 7777
BBM : 20C3914C
Â
Saya berkesimpulan bahwa dengan adanya Pegi-pegi.com , kita tak perlu jauh-jauh ke travel agent, cukup di depan komputer atau bahkan dengan menggenggam smartphone ,tiket idaman bisa tiba di tangan. Adanya call-center yang siap melayani 24-jam, proses transaksinya mudah, sistem pembayarannya banyak pilihan,harga hemat, dan layanan berkualitas lainnya, membuat kita tak ragu lagi memilih pegipegi.com sebagai sahabat dalam melakukan perjalanan ke berbagai daerah.
Â
Layanan Berkualitas di Taksi Blue Bird
[caption caption="Layanan Taksi Blue Bird Group (dok: www.bluebirdgroup.com)"]
Setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih dua jam, akhirnya saya tiba di Bandara Soekarno Hatta. Baru pagi aja, udah banyak orang lalu lalang di bandara ini. Ramai banget mau itu di terminal keberangkatan maupun di terminal kedatangan. Karena takut terlambat ke lokasi acara, saya segera mencari pool Taki Blue Bird. Eh, ternyata poolnya tak jauh dari tempat saya berdiri. Saya mendekati petugas Blue Birdnya dan diberikan nomor antrian 13. Keren juga nih, pesan taksi pake antri nomor antrian segala. Yah, bagus juga sih karena dengan gitu para pelanggan taksi di bandara tidak saling sikut dan tetap menganut budaya antri. Selama nunggu antrian, sang petugas memberikan sebuah surat yang memuat informasi bahwa khusus pengguna taksi yang berangkat dari bandara dikenakan biaya tambahan. Nah, dengan begitu saya tahu biaya tambahan tersebut bukan akal- akalan sang pengemudi taksi.
Tibalah nomor antrianku. Saya memberitahukan bahwa saya mau ke Hotel Discovery di Ancol. Sang supir langsung tancap gas menuju lokasi. Sebenarnya, dalam hati saya masih terbesit perasaan cemas karena saya tak tahu rute jalan mana yang benar ke hotel tersebut. Saya hanya berharap agar supir ini mengantarkan saya ke lokasi dengan selamat dan tak curang dengan sengaja mengambil rute yang jauh biar tarif argonya besar.
Tak sampai 30 menit, saya sudah sampai di hotel tepat di halaman lobby. Di argonya tertera harga yang menurut saya sudah masuk akal. Eh, tanpa saya suruh, sang supir mencetak struk pembayaran tarifnya dan memberitahukan total tarif yang saya harus bayar. Salut nih sama transparansi, keramahan dan kejujuran supir taksi Blue Bird.
Â
Serunya Ikut Acara Gathering Community Kompasiana
[caption caption="Aksi Para Kompasianer Memperkenalkan Komunitasnya "]
Saya mengikuti rangkaian kegiatan  yang sudah dijadwalkan panitia. Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan sambutan dari Bigbos Kompasiana, Pak Pepih Nugraha dan dilanjutkan dengan sharing sponsor dari pihak Blue Bird yang dibawakan oleh Mbak Hani Amalia. Acara selanjutnya adalah pemaparan dari admin-admin Kompasiana tentang rencana pelaksanaa Kompasianival dan kegiatan komunitas nantinya, sharing SOP dan Roadmap Kompasiana dan sesi FGD.
[caption caption="Sharing dan Bagi Hadiah dari Sponsor Taksi Blue Bird oleh Mbak Hani Amalia"]
Â
            Yang paling seru adalah ketika saya berkesempatan mengenal perwakilan 20 komunitas lainnya yang diundang antara lain
- Kak Olivia mewakili Komunitas KOTEKA
- Pak Johan Wahyudi mewakili komunitas KOMPOSONO
- Ibu Nur Hasanah mewakili komunitas RUMPIES THE CLUB
- Mbak Afriska dan Mbak Lilih mewakili komunitas MUDASIANA
- Mas Malik mewakili komunitas BOLANG
- Mas Tigor mewakili komunitas KOMPOSER
- Mbak Fitriani mewakili komunitas DESA RANGKAT
- Mas Fahmi dan Mbak Fitriani mewakili komunitas FIKSIANA
- Mas Agung mewakili komunitas KOMIK
- Kang Arul mewakili komunitas KOKOMO
- Mas Rahab dan Mas Syaifuddin mewakili komunitas KPK
- Pak Baharuddin mewakili komunitas KOCEK
- Mbak Avy mewakili komunitas KONEK
- Mas Husain mewakili komunitas KKA
- Pak Casmudi mewakili komunitas KUDETA
- Mbak Efi mewakili komunitas KBANDUNG
- Mbak Yusnita mewakili komunitas AMBOINA
- Mbak Elisa mewakili komunitas LADIESIANA
- Mbak Aulia dan Mbak Uli mewakili komunitas KTIGA
- Mas Tigor mewakili komunitas KOMPOSER
[caption caption="Daftar 14 Komunitas Hobi yang Hadir (dok:Slide Presentasi Kegiatan Kompasiana Community Gathering)"]
[caption caption="Daftar 7 Komunitas Regional yang Hadir (dok:Slide Presentasi Kegiatan Kompasiana Community Gathering)"]
Â
[caption caption="Aksi Para Admin Kompasiana (Mbak Wardah, Mas Isjet, Mas Nurulloh dan Ketua Kompasianival 2015)"]
Setelah itu, Pihak Discovery Hotel memberikan kesempatan kepada peserta untuk mengenal lebih dekat hotel ini lewat kegiatan visit hotel dan restoran. Para peserta diperkenalkan tipe kamar yang ditawarkan mulai dari tipe Superior yang harganya berkisar 2 jutaan hingga tipe president suite yang harganya 25jutaan/malam. Selanjutnya, kami  diarahkan menuju ke restoran Kembang Goyang untuk melakukan review restoran sekaligus mencicipi kuliner yang disajikan. Pihak hotel berbaik hati memfasilitasi para peserta dari luar Jabodetabek untuk nginap di hotel berkonsep budaya Betawi ini.
Â
[caption caption="Visit Hotel dan Restoran di Hotel Discovery"]
Esok harinya, kami berkemas untuk kembali ke daerah masing-masing. Sedih rasanya berpisah dengan kawan-kawan Kompasianer. Kita kan masih belum kenal dekat, tapi apa mau dikata ada banyak kegiatan yang menunggu di daerah masing-masing.
Â
Serunya Kembali Ke Bandara Dengan Taksi Blue Bird
Mas Dion, salah satu panitia pelaksana, mengatakan bahwa saya akan kembali ke bandara bareng mas Malik dan Mas Casmudi. Atas bantuan petugas hotel Discovery, kami dipesankan taksi Blue Bird. Tak lama kemudian, taksi sudah datang dan kami bergegas menaiki taksi tersebut.
Taksi tersebut dikemudikan oleh Mas Widhi Andika yang ramah dan bersahabat. Sepanjang perjalanan menuju bandara, kami berempa berasa udah kenal dekat. Kami banyak bercerita tentang pengalaman hidup dan sesekali mengutarakan lelucon. Tak ketinggalan Mas Widhi menceritakan tentang pengalamannya menjadi bagian dari keluarga besar Blue Bird Group. Dari cerita Mas Widhi, saya berkesimpulan bahwa ternyata Blue Bird tak hanya menyajikan pelayanan nomor satu bagi pengguna jasanya tetapi juga bagi supirnya.
Selama perjalanan ke bandara, pemandangan dalam taksi tak luput dari perhatianku. Terlihat data identitas supir  lengkap dengan fotonya yang terpajang di depan, suhu AC nya adem, tak ada bau-bau aneh dan tak sampah yang berserakan dari penumpang taksi sebelumnya. Pokoknya bersih dan adem dah.
[caption caption="Data Identitas Supir Taksi Blue Bird (dok:pribadi) "]
Â
[caption caption="Bersama Mas Widi, Supir Taksi Yang Ramah (dok:Pribadi)"]
Â
[caption caption="Hotline Taksi Blue Bird yang tertempel di Pintu (dok:pribadi)"]
Â
Tak terasa, kami sudah sampai di Bandara Soekarno Hatta. Saya perhatikan argonya, ternyata harganya tak jauh beda dengan tarif biaya taksi ke hotel kemarin. Harganya masuk akal tanpa ada tambahan biaya liar lainnya. Kami pun berpamitan satu sama lain dan berharap suatu saat bisa kelak bertemu lagi. Kami berpencar menuju terminal keberangkatan masing-masing
Ucapan terima kasih sebesar-besarnya buat pihak Kompasiana  yang mempercayakan saya menjadi perwakilan komunitas Kampusiana, terima kasih buat Pegipegi.com yang telah memfasilitasi tiket pesawat peserta dari daerah dan juga buat taksi Blue Bird yang telah mewadahi transportasi peserta dari dan ke bandara. Semoga nantinya kita bisa bertemu lagi dalam meramaikan ajang Kompasianival Desember mendatang. Amin. Salam dari Makassar! J
Â
           [caption caption="Logo Kampusiana"]
Â
Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H