A. Latar Belakang
Guru Penggerak merupakan program pendidikan dari pemerintah untuk meningkatkan kompetensi guru, selain itu hadirnya guru penggerak diharapkan mampu menggerakkan komunitas belajar. Prinsip program adalah mendorong upaya peningkatan kualitas pendidikan di sekolah maupun diluar sekolah menggunakan pendekatan andragogi dan blended learning. Dengan menggunakan dua metode yang tadi dijelaskan, nantinya guru yang terdaftar di dalam program ini mereka juga harus mengikuti proses pembelajaran.
Pendampingan individu bertujuan untuk membantu CGP menerapkan hasil pembelajaran daring sehingga CGP mampu:
- mengembangkan diri sendiri dan juga guru lain dengan cara melakukan refleksi, berbagi,
- dan kolaborasi;
- memiliki kematangan moral, emosional, dan spiritual untuk berperilaku sesuai kode etik; dan
- merencanakan, menjalankan, merefleksikan, dan mengevaluasi pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dengan melibatkan orang tua.
B. Tujuan
Tujuan kegiatan pendampingan pendampingan individu 1 adalah sebagai berikut:
- Mendiskusikan tantangan belajar daring
- Merefleksikan penerapan perubahan kelas sesuai pemikiran Ki Hajar Dewantara
- Mendiskusikan pembuatan kerangka portfolio
- Mendiskusikan peta posisi diri dan rencana pengembangan diri dalam kompetensi guru penggerak
C. Indikator Keberhasilan
Indikator keberhasilan dari kegiatan pendampingan pendampingan individu 1 adalah sebagai berikut:
- Calon Guru Penggerak mampu mengidentifikasi tantangan dalam pembelajaran daring dan menemukan strategi atau solusi dalam menghadapi tantangan tersebut
- Calon  Guru  Penggerak  mampu merefleksikan penerapan perubahan kelasnya sesuai filosofi Ki Hajar Dewantara
- Calon Guru Penggerak dapat Menyusun kerangka portofolionya, mulai dari platform yang akan digunakan, komponen yang akan digunakan, hingga bentuk penyajiannya
- Calon Guru Penggerak dapat membuat peta posisi diri dan rencana pengembangan diri dalam kompetensi guru penggerak
D. Sasaran Keberhasilan
Sasaran pelaksanaan pendampingan individu 1 program PGP adalah unsur-unsur yang terkait dengan pelaksanaan pendampingan pendampingan individu 1, adalah CGP kelas 210.B Angkatan 9 Sidoarjo. Dengan nama-nama sebagai berikut:
No
Nama CGP
Asal Sekolah
1
Niswatun Khalim, S.Pd
SD I Ar-Rahmah
2
Fandi Irawan, S.Pd
SMAS Hang Tuah 2
3
Irmayanti, S.Pd
SDIT Nurul Fikri
4
Sunarwig, S.Pd.
Tk Kartini Jaya
5
Luh Himmatul Khoiro, S.Pd.SD
SDN Masangan  Wetan
6
Dewi Kusumawati, S.Pd.SD
SDN Anggaswangi 2
E. Pelaksanaan
Pelaksanan pendampingan individu 1 di wilayah sasaran pengajar praktik yang bertugas ini diselenggarakan secara luring di sekolah masing-masing CGP pada tanggal 7-14 September 2023.
JADWAL PENDAMPINGAN INDIVIDU 1
KELAS 210.B
 PP: Heni Dwi Utami, S.Sos, S.Pd
No.
Hari/Tanggal
Nama CGP
Asal Sekolah
Pukul
1
Kamis, 7 September 2023
Niswatun Khalim, S.Pd
SD I Ar-Rahmah
08.00 -- selesai
2
Jumat, 8 September 2023
Fandi Irawan, S.Pd
SMAS Hang Tuah 2
08.00 -- selesai
3
Senin, 11 September 2023
Irmayanti, S.Pd
SDIT Nurul Fikri
08.00 -- selesai
4
Selasa, 12 September 2023
Sunarwig, S.Pd.
Tk Kartini Jaya
08.00 -- selesai
5
Rabu, 13 September 2023
Luh Himmatul Khoiro, S.Pd.SD
SDN Masangan  Wetan
08.00 -- selesai
6
Kamis, 14 September 2023
Dewi Kusumawati, S.Pd.SD
SDN Anggaswangi 2
08.00 -- selesai
F. Pihak Terkait
Pihak yang terkait pada pelaksanaan pendampingan individu 1 adalah Kepala Sekolah masing-masing CGP antara lain:
No.
Nama
Jabatan
Satker
1
Sunarwig
Kepala Sekolah
TK Kartini Jaya
2
Niswatun Khalim
Kepala Sekolah
SD Islam Ar Rahman
3
Hadi Sukiyanto, S.Pd,.M.M
Kepala Sekolah
SMAS Hang Tuah 2
4
Siti Maemunah, S.Pd
Kepala Sekolah
SDIT Nurul Fikri
5
SAIFU UKHRIHAH,S.Pd.M.Si
Kepala Sekolah
SDN Masangan  Wetan
6
TASU'AH, M.Pd
Kepala Sekolah
SDN Anggaswangi 2
Catatan.
PP saat melakukan PI 1 bertemu dengan Kepala Sekolah masing-masing CGP untuk meminta izin pendampingan selama program pendidikan guru penggerak berlangsung.
G. Deskripsi Pelaksanaan Kegiatan
Pendampingan individu 1 dilaksanakan dalam kurun waktu seminggu sebelum lokakarya 1. Kali ini penulis, Heni Dwi Utami, S.Sos, S.Pd sebagai Pengajar Praktik (PP) Kelas 210.B memilih tanggal 7,8, 11,12,13,14 September 2023. Dalam 1 hari penulis melakuan pendampingan individu ke 1 CGP, dengan durasi 4 JP (atau kurang lebih 2 jam) di sekolah masing-masing CGP. Tema yang dibahas atau didiskusikan pada pendampingan individu 1 ini adalah refleksi awal kompetensi guru pengerak. Dan berfokus pada diskusi tantangan belajar daring, refleksi penerapan perubahan kelas sesuai pemikiran Ki Hajar Dewantara, diskusi pembuatan kerangka portofolio, serta diskusi peta posisi diri dan rencana pengembangan diri dalam dalam kompetensi guru penggerak.
Pada tulisan kali ini, penulis mencantumkan detail deskripsi pelaksanaan pendampingan individu di hari pertama saja sebagai referensi untuk pembaca.
Hari pertama, 7 September 2023 dengan CGP Niswatun Khalim, S.Pd di SD Islam Ar Rahmah.
Pendampingan Individu pertama dilakukan di SD Islam Ar Rahmah, dengan CGP atas nama Niswatun Khalim. PP telah berkoordinasi dengan CGP, bahwa pelaksanaan PI 1 dilaksanakan pada hari Kamis, 7 September 2023 pukul 08.00 hingga selesai. PP melakukan perjalanan dari sekolah tempat PP mengajar, yakni SD Muhammadiyah 1 Taman pukul 06.52 menuju ke sekolah CGP di SDI Ar Rahmah Sukodono, yang berjarak 9,8 km dan ditempuh selama 21 menit perjalanan.
Bagian awal pendampingan (20')
- Pengajar praktik menyapa dan menanyakan kabar Calon Guru Penggerak
Selamat pagi Bu Niswa, bagaimana kabarnya hari ini?
Alhamdulillah selalu jaga Kesehatan ya bu, dan jangan lupa bahagia
- Menjelaskan tentang fokus pendampingan
Pada PI 1 kali ini kita akan mendiskusikan mengenai tantangan belajar yang ibu alami ketika pembelajaran daring, refleksi penerapan perubahan di kelas apakah sudah sesuai dengan pemikiran Ki Hajar Dewantara, kemudian sampai dimana pembuatan kerangka portfolio digitalnya, serta bagaimana peta posisi diri Bu Niswa dan rencana pengembangan diri dalam kompetensi guru penggerak.
- PP memastikan CGP memahami aktivitas pendampingan yang akan dilakukan
Bagaimana sampai di sini apa ada yang ditanyakan atau disampaikan terlebih dahulu? Sudah jelaskah?
d. Pengajar praktik memastikan dokumen yang dibutuhkan saat pendampingan individu sudah disiapkan CGP.
Sebelum kita mulai, mohon izin saya akan memastikan beberapa dokumen yang kita butuhkan kali ini. Lembar kerja 1 sampai 4 yang pernah kita bahas sedikit di lokakarya orientasi apakah sudah disiapkan bu? Â Â
e. Pengajar Praktik menanyakan apa saja proses yang sudah berjalan selama satu bulan terakhir dan apa yang telah dilakukan sebagai capaian selama satu bulan tersebut (pada saat ini, PP melakukan kroscek berdasarkan pada "Jurnal Pemantau Pembelajaran).
Boleh ibu ceritakan, proses apa yang sudah berjalan selama satu bulan terakhir, dan apa yang telah ibu lakukan sebagai capaian selama satu bulan ini?
Respon CGP:
Banyak yang terjadi selama satu bulan terakhir ini. Kalau dulu terus terang masih monoton atau pembelajarannya masih banyak yang model ceramah, sekarang sudah berpusat pada murid. Sudah banyak media pembelajaran yang menyenangkan. Lalu suda mulai memperhatikan karakteristik murid, gaya belajar murid, dan pembelajaran jadi lebih menyenangkan serta kreatif. Kalau capaiannya, kebetulan karena saya juga Kepala Sekolah di sini, saya bisa memotivasi guru-guru di sini untuk juga melakukan pembelajaran yang berpusat pada murid. Guru-guru di sini juga makin bersemangat bekerja dan membuat media pembelajaran yang inovatif.Â
f. Pengajar Praktik mengapresiasi Calon Guru Penggerak karena telah melakukan pembelajaran daring di bulan pertama.
Alhamdulillah... luar biasa apa yang sudah Bu Niswa lakukan dan capai selama satu bulan terakhir ini. Terus bersemangat dan konsisten dalam mengawal pembelajaran yang berpusat pada murid ya bu.
g. Pengajar Praktik menanyakan tentang dukungan dari ekosistem sekolahnya
Kemudian bagaimana dukungan dari warga sekolah bu?
Respon CGP:
Alhamdulillah, mungkin juga karena posisi saya di sini sebagai Kepala Sekolah juga. Lalu guru di sekolah saya masih sedikit, baru sekitar 20an orang. Dan karena kami masih sekolah baru, karena murid kami baru sampai kelas 4 saja. Maka memudahkan untuk mendapatkan dukungan dari mereka semua. Setiap satu minggu sekali saya menyampaikan ilmu yang saya dapat di PGP ke rekan-rekan guru saat rapat, sangat disambut dengan baik, bahkan memotivasi yang lain untuk ikut mengikuti PGP di Angkatan selanjutnya.
Bagian inti pendampingan (150')
- Tindak lanjut hasil lokakarya Orientasi (30')
Diskusi terkait harapan, kekhawatiran, dan dukungan yang diberikan khususnya dari ekosistem sekolah:
PERTANYAAAN PP
Respon CGP
Apa saja kekhawatiran yang sebelumnya Bapak/Ibu resahkan dan terjadi, atau belum terjadi?
Saya khawatir tidak dapat membagi waktu dengan baik, antara tugas CGP dengan tugas menjadi Kepala Sekolah
Apa saja harapan- harapan yang sudah terwujud setelah pembeljaran 1 bulan ini? Adakah yang bapak/ ibu harapkan untuk pembelajaran 1 bulan ke depan?
Alhamdulillah ada sedikit perubahan di kegiatan pembelajaran di sekolah. Ke depan saya berharap dapat konsisten melanjutkan program yang sudah berjalan.
Bagaimana dukungan yang dibrikan oleh kepala sekolah dan rekan guru selama Bapak/ Ibu melakukan pembelajaran daring di LMS
Yayasan dan dewan guru mendukung kegiatan guru penggerak yang saya ikuti ini.
Â
Tindak lanjut hasil pembelajaran (30')
PP melakukan diskusi dengan CGP terkait modul 1.1 dan 1.2.
PERTANYAAAN PP
Respon CGP
Berdasarkan pmbelajaran mengenai filosofi pendidikan yang sudah dipelajari, apa perubahan yang dilakukan bapak/ibu di ruang kelas agar selaras dengan pemikiran KHD?
Pembelajaran sudah mulai berpusat pada anak, kegiatan di sekolah juga semakin menyenangkan. Penanaman karakter baik juga lebih optimal
Apa saja pembelajaran yang Bapak/Ibu dapatkan dari modul Filosofi Pendidikan KHD yang mendorong Bapak/Ibu melakukan perubahan tersebut?
Pembelajaran tentang student center, menuntun murid untuk dapat menuntaskan pembelajaran
Bagaimana respon pesdik atas perubahan yang dilakukan dan bagaimana bapak/ibu melihat respon tersebut?
Murid merasa senang dan antusias. Murid semakin tertib, disiplin, dan bertanggung jawab.
Apa hal yang sudah baik dari perubahan tersebut dan apa yang perlu diperbaiki ke depannya?
Adanya kebun sekolah sebagai realisasi dari P5. Lebih memperbaiki system yang ada.
Perubahan konkret yang telah dilakukan dalam kelas, apakah sudah ditungkan dalam jurnal refleksi mingguan (Aksi Nyata Modul 1.1)
Penerapan metode pembelajaran yang lebih kreatif dan menyenangkan. Sudah
Pembuatan kerangka portofolio (60')
Diskusi dan pembimbingan terkait pembuatan kerangka porthofolio digital.
PERTANYAAAN PP
Respon CGP
Media/ platform apa yang akan ibu gunakan untuk membuat portofolio digital?
Canva, G-site, saya akan mencoba menguploadnya di media cetak online juga
Komponen apa saja yang akan dituangkan ke dalam portofolio digital?
Tugas-tugas dari modul yang dituntaskan dan inovasi pembelajaran
Seperti apa bentuk penyajian portofolio digital yang akan Bapak/Ibu buat?
Beruba blog di G-sites dengan martikulasi per modul
Peta posisi diri dan rencana pengembangan diri dalam kompetensi guru penggerak (30')
Diskusi terkait kompetensi yang sudah baik dan yang perlu ditingkatkan.
PERTANYAAAN PP
Respon CGP
Kompetensi apa yang sudah baik menurut Bapak ibu? Jelaskan
Kemampuan leadership dan kemampuan pengembangan sekolah
Kompetensi apa yang perlu ditingkatkan ? Jelaskan
Kemampuan manajemen sekolah
Setelah anda mengetahui umpan balik tersebut, apakah ada perubahan rencana anda?
Apa saja yang berubah?
Ada. Mulai belajar dan mengerjakan sedikit demi sedikit administrasi serta manajemen sekolah
Bagian akhir pendampingan (10 menit)
PERTANYAAAN PP
Respon CGP
Apa pembelajaran atau ide baru yang bapak ibu lakukan setelah sesi pendampingan ini?
Saya akan memaksimalkan program yang sudah ada (tercetus dari modul 1.1), yaitu berkebun dan pengembangan Bahasa asing.
Apa yang sudah baik dan perlu diperbaiki dari pendamping/pengajar praktik di pendampingan berikutnya?
Ketepatan waktu sudah baik.
Pembimbingan secara personal dan terarah sudah luar biasa.
- PP Mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih telah berbagi praktik baik yang sudah dilakukan dari pembelajaran daring.
Luar biasa apa yang telah ibu Niswa capai selama satu bulan ini. Selanjutnya ibu dapat menerapkan apa yang telah ibu rencanakan sebagai perbaikan. Pada pendampingan berikutnya kita akan berdiskusi lebih banyak dan melakukan refleksi bersama lagi.
H. Evaluasi
Evaluasi yang dilakukan pada pelaksanaan pendampingan individu 1 ini adalah,
- Permasalahan yang muncul
- Pada pendampingan hari pertama, CGP salah memberikan share location, sehingga PP harus memutar balik cukup jauh sebelum sampai ke lokasi sekolah CGP.
- Pada pendampingan hari kedua, CGP agak terlambat 15 menit dari waktu yang telah disepakati bersama, karena CGP memeriksakan putrinya yang sakit terlebih dahulu
- Pada pendampingan hari ketiga, berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala apapun
- Pada pendampingan hari keempat, berjalan dengan lancar, namun CGP terlihat kalau masih perlu banyak belajar IT dan membiasakan diri dengan LMS serta platform portfolio digital
- Pada pendampingan hari kelima, terjadi sedikit kejanggalan. Ketika CGP meminta izin mau mengambil sesuatu (meninggalkan ruangan sebentar), Kepala Sekolah mengadu kepada PP, bahwa beliau merasa CGP mengikuti program guru penggerak hanya untuk kepentingan dirinya sendiri, tidak ada imbasnya untuk sekolah. Sedangkan ketika Kepala Sekolah tidak di ruangan, CGP mengatakan kepada PP bahwa KSnya kurang mendukung kegiatannya di PGP. Sementara ketika duduk bertiga antara PP, CGP, dan KS, baik dari CGP dan KS mengatakan bahwa KS selalu mendukung aktivitas CGP dan selalu membantu segala keperluan CGP ketika mengikuti PGP.
- Pada pendampingan hari keenam,pelaksanaan pendampingan berjalan dengan lancar tanpa ada kendala apapun. Namun yang menjadi catatan adalah, CGP perlu meningkatkan kemampuan dan keberanian diri dalam mengungkapkan ide-ide atau gagasannya dengan lebih terbuka dan percaya diri, baik kepada rekan sejawat maupun saat bersama rekan CGP lainnya selama pembelajaran daring.
Rekomendasi dan saran dari Pengajar Praktik
- Saran untuk CGP di hari pertama, CGP sebaiknya mengecek terlebih dahulu sebelum memberikan alamat atau share lokasi sekolahnya
- Saran untuk CGP di hari kedua, CGP bisa mengusulkan re-schedul/ penjadwalan ulang jika memang ada halangan yang tidak bisa ditinggalkan
- Saran untuk CGP di hari ketiga, pertahankan sinergisitas dan kolaboratif seluruh elemen sekolah dalam wujudkan pembelajaran yang memerdekakan
- Saran untuk CGP di hari keempat, CGP sebaiknya memperkaya ilmu IT juga agar memudahkan penyelesaian tugas-tugas di LMS maupun portfolio digitalnya
- Saran untuk CGP di hari kelima, CGP sebaiknya menjalin hubungan yang baik dengan Kepala Sekolahnya dengan melakukan komunikasi yang efektif dan asertif, serta membuktikan bahwa dirinya mampu melakukan yang terbaik untuk diri maupun kemajuan sekolah, sehingga KS menjadi lebih men-supportnya.Â
- Saran untuk CGP di hari keenam, CGP sebaiknya melatih kepercayaan diri dan kemampuan public speaking.
I. Penutup
Laporan pelaksanaan pendampingan pendampingan individu 1 ini diharapkan menjadi bahan informasi untuk evaluasi dan control pelaksanaan pendampingan individu maupun lokakarya Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP). Informasi yang didapatkan merupakan bahan tindak lanjut bagi pemangku kebijakan, penyelenggara serta pihak-pihak lain untuk tercapainya tujuan dari program
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H