Mohon tunggu...
Heni DwiUtami
Heni DwiUtami Mohon Tunggu... Guru - Guru Penggerak Angkatan 4 Sidoarjo dan Pengajar Praktik Angkatan 9 Kemendikbud

Saya adalah guru SD di Sidoajo yang memiliki minat pada perkembangan potensi individu murid yang sangat beragam dan psikologi pendidikan. Selain menjadi seorang guru SD, saya juga banyak menjadi penasihat literasi dan sering mengisi berbagai workshop mengenai kepenulisan/ literasi, public speaking, dan pendidikan untuk anak usia dini.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Fasilitasi CGP oleh Fasilitator Modul 1.1

3 September 2023   19:00 Diperbarui: 3 September 2023   19:20 4466
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pada tulisan kali ini saya Heni Dwi Utami, S.Sos, S.Pd sebagai Pengajar Praktik Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 9 Sidoarjo akan menyampaikan jurnal Fasilitasi CGP oleh Fasilitator Modul 1.1

Uraikan secara singkat bagaimana partisipasi dan pemahaman CGP di kelas Anda untuk modul ini. Berikan contoh untuk memperjelas penilaian Anda.

CGP berpartisipasi dengan aktif dan menunjukkan pemahaman yang sangat baik terhadap modul 1.1. CGP mempu mendemonstrasikan pemahaman terhadap Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan relevansinya terhadap konteks Pendidikan Indonesia saat ini dengan membandingkan penerapan pendidikan abad 21 pada konteks lokal (budaya) di tempat asal mereka serta mampu menerjemahkan konsep Merdeka Belajar ke dalam tataran implementasi sesuai konteks lokal (budaya) di tempat asal mereka.

Apa saja pembelajaran (lessons learned) yang Anda dapatkan selama memfasilitasi mereka?

Pembelajaran yang saya dapatkan adalah semangat dan antusias yang ditunjukkan oleh rekan-rekan CGP menambah amunisi baru bagi saya untuk lebih bersemangat lagi membersamai mereka hingga mereka sukses menyelesaikan Program Guru Penggerak angkatan 9

Menurut Anda, apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan pelaksanaan pembelajaran di dalam modul ini? Apa dampaknya terhadap ketercapaian tujuan belajar?

(Catatan: faktor-faktor dapat berasal dari sisi peserta maupun langkah fasilitasi yang Anda lakukan)

Faktor - faktor yang mempengaruhi kesuksesan pembelajaran dalam modul ini diantaranya, motivasi atau dorongan internal yang mendorong CGP untuk belajar. Semakin tinggi tingkat motivasi, semakin besar kemungkinan kesuksesan pembelajaran. dan lingkungan belajar CGP yang sangat mendukung keikursertaan para CGP mengikuti program guru penggerak. Dampaknya, ketercapaian dalam mempelajari modul ini akan lebih mudah terwujud.

Menurut Anda, apa saja faktor-faktor yang menjadi tantangan/penghambat pelaksanaan pembelajaran di dalam modul ini? Apa dampaknya terhadap ketercapaian tujuan belajar?

(Catatan: faktor-faktor dapat berasal dari sisi peserta maupun langkah fasilitasi yang Anda lakukan)

Faktor-faktor yang menjadi tantangan/penghambat pelaksanaan pembelajaran di dalam modul ini adalah di awal mempelajari modul, beberapa CGP agak kesulitan mengakses LMS karena keterbatasan jaringan internet dan belum memahami alur mempelajari modul. Selain itu ada juga CGP yang sedang dalam keadaan merawat keluarganya yang sakit. Namun hal itu hanya di awal-awal saja, setelah mereka saling memotovasi dan saling support satu sama lain baik dengan CGP lain maupun dengan PP dan Fasilitator, dapat mengatasi tantangan tersebut.

Dari fasilitasi yang Anda lakukan di modul ini, apa rencana perbaikan yang akan Anda lakukan untuk modul berikutnya?

Rencana perbaikan yang akan saya lakukan untuk modul berikutnya adalah memberikan coaching yang lebih optimal dan maksimal lagi agar membantu para CGP mempelajari dan memahami modul berikutnya dengan baik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun