Mohon tunggu...
Hendroo Lapantuju
Hendroo Lapantuju Mohon Tunggu... Guru - Berbagi inspirasi

Belajar bersyukur dan menikmati hidup

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

2.2.a.7 Demontrasi Kontektual RPP KSE

4 Agustus 2021   08:58 Diperbarui: 4 Agustus 2021   09:13 4576
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                     : SMP Negeri 1

Mata Pelajaran         : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

Kelas/Semester       : VIII / 1

Materi Pokok             : variasi passing bawah bola voli

Alokasi Waktu          : 1 x Pertemuan

Tujuan Pembelajaran

  • Peserta didik dapat mengembangkan kompetensi pengendalian emosi diri, kerjasama dan sikap empati
  • Peserta didik dapat mengidentifikasi cara melakukan variasi passing bawah bola voli
  • Peserta didik dapat mendemonstrasikan pemahaman tentang variasi passing bawah bola voli

Langkah -- Langkah Pembelajaran

Kegiatan menggunakan media WA group

Kegiatan Pendahuluan

Guru memberikan salam, menanyakan kondisi siswa secara umum dan melakukan presensi

Guru mengaitkan materi yang akan disampaikan dengan pengalaman peserta didik melalui pertanyaan

Guru menyampaikan motivasi tentang apa yang akan diperoleh (tujuan pembelajaran) dari materi yang akan dipelajari

Kegiatan Inti

Guru meminta pesera didik untuk mengamati permainan bola voli dengan mengirimkan video di grup wa, juga menggali informasi dari buku paket atau browsing

KSE Pengelolaan diri - mengelola emosi dan fokus

  • guru memita murid untuk berkelompok dengan teman yang rumahnya berdekatan dan mengamati  tayangan video materi
  • murid amati dengan kelompoknya mendiskusikan pengalaman/ informasi baru yang dari pengamatan bersama

Peserta didik mengumpulkan informasi dari pengamatan

Peserta didik membuat pertanyaan tentang hasil pengamatan

Peserta didik berkelompok, mendiskusikan pertanyaan dan mengidentifikasi cara melakukan variasi passing bawah

Peserta didik melakukan latihan passing bawah dengan teman sekelompok

KSE Kesadaran social-keterampilan berempati

  • Guru mengajak murid untuk berdiskusi dengan teman kelompoknya
  • Murid  berdiskusi tentang kesulitan atau permasalahan yang dihadapi selama latihan kemudian dicari solusinya
  • Murid yang lebih mahir membantu temannya melalui tutor sebaya

Guru memberi kesempatan peserta didik untuk menanyakan materi yang belum dipahami atau kesulitan yang dialami ketika latihan

Peserta didik mendemonstrasikan pemahaman variasi passing bawah sesuai dengan minatnya

Guru memberikan simpulan materi yang telah dipelajari bersama

Untuk murid yang belum bisa melakukan passing bawah, guru melakukan bimbingan atau meminta bantuan teman yang sudah mahir untuk membantu mengajari (tutor sebaya). Guru memberikan berbagai strategi latihan, misal dengan bola dipegang teman, bola digantung, bola dilempar sendiri atau lempar tangkap (Guru melakukan diferensiasi proses) 

 

Sebagai produk pembelajaran, murid kemudian diminta untuk mendemonstrasikan pemahaman variasi passing bawah yang telah mereka ketahui melalui berbagai cara. (Guru melakukan diferensiasi produk berdasarkan profil belajar siswa). Murid bisa mendemonstrasikan materi dengan praktik variasi passing bawah (kinestetik) -- murid dapat menjelaskan pemahaman secara lisan melalui rekaman suara (auditori) atau juga murid boleh menjelaskan langkah-langkah variasi passing melalui cerita bergambar (visual). Hasil demonstrasi siswa berupa video, catatan, foto maupun pesan suara dikirimkan melalui wa grup. 

Kegiatan Penutup

Peserta didik melakukan refleksi apa yang telah dicapai dan belum dicapai sesuai dengan tujuan yang ditetapkan secara umum. Kemudian peserta didik membuat catatan dan simpulan hasil pembelajaran.

Guru memberikan umpan balik dari hal-hal yang disampaikan oleh peserta didik

Guru memberikan motivasi belajar, menjaga kesehatan dan makan makanan yang bergizi

Penilaian:

  • Sikap : Melakukan pengamatan selama proses pembelajaran
  • Pengetahuan: Peserta didik menjawab pertanyaan tentang variasi passing bawah bola voli
  • Keterampilan:  Peserta didik mendemonstrasikan pemahaman variasi passing bawah bola voli

Mengetahui,                                                                                                 Kebumen,        Juli 2021

Kepala Sekolah                                                                               Guru Mapel

Teguh, S. Pd                                                                                                    Hendro, S. Pd

NIP. 196808301992111001                                                            NIP. 198704072011011006

Lampiran

Lembar Observasi Penilaian Sikap:

Siswa mengisi lembar observasi melalui Google Form dengan pertanyaan sebagai berikut:

No

Pertanyaan

Cek ( )

Ya

Tidak

1.

Saya suka belajar kelompok

2

Saya bisa bekerja sama dengan seluruh anggota kelompok

3

Saya tidak ragu untuk bertanya dalam kelompok ketika mengalami kesulitan

4

Saya akan membantu teman saya yang mengalami kesulitan dalam praktik

Rekap penilaian sikap:

No

Nama

L/P

Pertanyaan

Jumlah Skor

Kriteria Nilai

1

2

3

4

1

ADAM DAVIN HIDAYATULLAH

L

2

ANDIKA FERDIANSYAH

L

3

ANIS AMELIA

P

4

Antasya Sri Widati

P

5

ANWAR AKHMAD FARKHI

L

Petunjuk pengisian rekap Lembar Observasi:

1. poin 1 untuk jawaban "tidak"

2. poin 2 untuk jawaban "ya"

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun