Mohon tunggu...
Hedy Lim
Hedy Lim Mohon Tunggu... Guru - Guru

Seorang pembelajar yang pernah mengajar untuk tambahan, lalu mengajar sebagai profesi dan mengajar sebagai panggilan. Apapun alasannya, selalu suka mengajar, dan sekarang (setidaknya menurut PLPG) adalah seorang guru profesional :p

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Selamat Hari Pendidikan Nasional 2019

2 Mei 2019   07:41 Diperbarui: 2 Mei 2019   08:08 53
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Sudut Pandangku....

Akal Sehat.....

Yang teriak-teriak "salam akal sehat" dan menganggap yang lain dungu, tetapi segerombolan peneriak itu menolak metoda statistik yang sudah valid secara metode ilmiah, apakah salah Pendidikan Indonesia?

Guru Honorer.....

Fenomena guru honorer. Orang yang memang panggilan jiwanya ingin mengabdi menjadi guru, ya tidak akan kemana-mana lagi secara profesional. Orang-orang ini berasal dari beberapa bagian, antara lain mungkin yang memang ingin mengabdi tanpa mempermasalahkan gaji, atau mungkin yang masih gagal ikut ujian CPNS, PNS tertunda tapi tetap ingin mengajar, mungkin saja. 

Namun lambat laun, kebutuhan hidup meningkat, melihat rekan PNS yang lebih makmur hidupnya karena penghasilannya, jadilah meradang dan ikut berdemo menuntut pengakuan dan penyerataan status sebagai PNS. Ikut demo di istana. 

Apakah ini juga salah Pendidikan Indonesia?  Sementara menurut Mendikbud, guru honorer ini terjadi karena banyak sekolah masih mengangkat mereka tetapi tdak memberikan gaji layak, seperti diberitakan di sini. 

Bingung kan kita? Berarti kalau saya membaca itu, yang terkesan adalah mereka yang  bersedia diangkat sebagai tenaga honorer oleh sekolah, lalu mengapa teriak-teriaknya, demonya ke istana (pemerintah)? Sebuah fenomena. 

Karena Pemerintah pun masih berupaya untuk mengatasi kesenjangan ini dan berusaha memeratakan pendidikan dan menyetarakan para guru honorer. Semoga semakin membaik ke depannya.

Kekuatan Warganet.....

Hampir semua orang di Indonesia sekarang ini memiliki smartphone. Menurut @spectatorindex, Indonesia di peringkat ke 6 sebagai negara yang paling banyak menggunakan telepon genggam. 

Sementara menurut laporan e-Marketer, di tahun 2018, Indonesia menjadi negara dengan pengguna aktif smartphone terbesar keempat di dunia. Keren yo Indonesia :) . 

Sementara itu pula menurut Investor Daily, jumlah pengguna internet di Indonesia diproyeksikan tembus 175 juta pada 2019, atau sekitar 65,3% dari total penduduk 268 juta. Peningkatan pengguna internet terutama ditopang oleh semakin meluasnya penggunaan ponsel pintar (smartphone) dan selesainya proyek penggelaran kabel fiber optic Palapa Ring yang menyambungkan jaringan internet ke seluruh wilayah Indonesia. Makin keren. 

Namun bertolak belakang dengan kecanggihan tersebut, mengapa rakyatnya masih ..... yaaahhhh..... kepo ada, pemarah ada, sok tahu ada..... Jika ada berita terlempar saja di media sosial, tanpa kroscek, tanpa data, tanpa punya kepentingan, yang penting "sok berbagi" dulu sambil pura-pura tanya "ini bener gak ya", lalu komentar "sekedar mengingatkan" sebagai tanda orang lain selalu salah dan jempol dia boleh sebagai penilai. 

Ada abg masuk rumah sakit karena sakit setelah sebelumnya bertengkar dengan kakak kelas, tersiar berita penganiayaan dan semua langsung menghujat, mungkin langsung meneror si "tertuduh pelaku", merasa diri paling benar. 

Ada artis bercerai, sebulan kemudian sudah menggandeng pasangan baru, langsung dihujat, dikata-katai, serasa paling tahu semua duduk persoalannya. Dan masih banyak lagi cerita seputar ini, males juga ingat-ingatnya. Salah Pendidikan Indonesia?

Kesejahteraan Guru.....

Pernyataan populer "Ingin pendidikan di Indonesia maju maka Guru perlu disejahterakan", umum terdengar kan? Suatu kemajuan luar biasa, menyaksikan perubahan di masa saya sekolah, guru-guru sekolah swasta (yang saya tahu) maupun negri yang berpenghasilan pas-pas an saja, tetapi mereka tetap berdedikasi, menjadi kenyataan guru-guru dapat memperoleh level profesional nya melalui sertifikasi berujung sebuah tunjangan dan dilanjutkan dengan kesetaraan seperti PNS melalui inpasing. Puji Tuhan sungguh sebuah langkah besar. 

Jika mau seperti itu dan jalan dengan benar, mengapa pengalaman PLPG saya dulu adalah mengumpulkan "tanda kasih" berkali-kali mulai dari pendaftaran, pelaksanaan, sampai mendapatkan selembar sertifikatnya. 

Ok, lupakan sejenak itu pengalaman pribadi he..he... Tetapi kelanjutan kisahnya masih serupa, setelah tunjangan sertifikasi, lalu pengurusan kelanjutan dengan beragam kelengkapan administrasi yang menyebabkan si Guru lupa tugas utamanya karena terlalu sibuk melengkapi berkas, atau mengurus mutasi pindah sekolah tidak mendapat informasi sejelasnya hingga akhirnya "ya sudahlah tak usah diurus" (lagi-lagi pengalaman pribadi :)).

Dan, yang saya ketahui baru-baru ini dan luar biasa adalah pemberian hibah dari pemerintah propinsi tertentu (ini DKI, propinsi lain? mungkin ada, tetapi saya tidak tahu). 

Lengkapi berkas-berkas, ajukan, buka rekening bank *** dan tambahan pendapatanpun mengalir, lumayan. Lalu yang salah apa? Entahlah, silahkan pikirkan sendiri, selama pencatatan data benar untuk sekolah-sekolah yang terlibat, tidak dibuat-buat, karena demikian aturan yang ditetapkan sang pemberi hibah, ya silahkan sah-sah saja mungkin. Tetapi jika demi data rombel dan jumlah jam tercukupi.......salahkah Pendidikan Indonesia?

Pendidikan Karakter.....

Anak-anak di sekolah itu harus lebih banyak belajar pendidikan karakter. Jangan terlalu banyak belajar menghapal dan berhitung. Apalagi pakai teknologi, nanti merusak anak-anak. 

Mereka kehilangan "rasa" kepada hal lain, terpaku pada keegoisan dan media sosial semata. Nah hayo, gimana dong. Apa sih itu pendidikan karakter? Banyak artikel tentang pentingnya pendidikan karakter, silahkan cari sendiri melalui pencarian google. 

Saya meyakini bahwa membangun karakter itu adalah melakukan perbaikan pandangan, sikap, dan perilaku terhadap diri sendiri dan hubungan dengan orang lain di dalam pekerjaan serta kehidupan pribadi. Jika kita mampu memahami orang lain dengan persepsi positif, maka mampu juga menyesuaikan diri dengan baik dalam situasi apapun. 

Siapa paling berperan di sini? Orang tua. Sudah, titik! Keluarga? Iya keluarga kecil. Keluarga besar? Yang ada nimbrung dan kepo (ini terkesan sarkastik, tidak semua seperti ini namun tidak semua pula keluarga besarmu mendidik anak-anakmu secara karakter yang baik. Nanti giliran keluarga besar bercanda soal jodoh, pekerjaan, kita juga tidak suka, bukan?). 

Mengharap pendidikan karakter di sekolah, sementara sekolah yang sama dituntut untuk menyelesaikan kurikulum, mempertahankan peringkat sekolah berdasarkan akademis, peringkat berdasarkan nilai UNBK (UNBK sih bukan syarat kelulusan lagi, sudah capek dan bosan kan dengarnya? 

Tetapi masih ada seorang kepala sekolah yang menyampaikan di pertemuan Orang Tua Siswa bahwa peringkat sekolahnya menurun akibat penurunan nilai UNBK di tahun ajaran lalu gara-gara soal HOTS. "Seorang" atau "Beberapa orang" atau "Banyak" Kepala Sekolah ya?). 

Jadi bagaimana pendidikan karakter disampaikan melalui sekolah? Orang tua banyak menuntut sekolah, sudah membayar mahal untuk sekolah swasta ternama misalnya, namun mana hasil karakternya? Andai saya tahu jawabannya, mungkin saya sudah memiliki sekolah karakter ternama di Jakarta. 

Bagaimana mau dididik dengan benar, salah ditegur, dijewer saja, Gurunya yang dilaporkan ke Polisi, ancam mau lapor HAM anak. Ada kan kejadian seperti itu. Jadilah timbul anggapan bahwa cara lain mengajarkan pendidikan karakter adalah melalui pelajaran Agama, makanya sekolah-sekolah tertentu menunjukkan identitasnya dengan Agama. 

Atas dasar itu, beberapa sekolah menjual nama Agamanya untuk basis kegiatannya. Agama dan karakter, dua hal berbeda menurut saya. Agamamu mewakili iman dan kepercayaanmu adalah tanggung jawab dirimu pada penciptamu. 

Pendidikan karakter melalui pembelajaran yang lain, bukan dijejali juga dengan teori karakter lalu dihapalkan lalu dinilai melalui tes tertulis. Terlalu senang membawa Agama mengakibatkan banyak kesalahpahaman. Mabuk Agama.

Beberapa Sekolah (setahu saya dan sesuai iman kepercayaan saya saja ya) mewajibkan devosi pagi dengan membagikan firman Tuhan disertai nasehat kebaikan baik di antara Guru maupun Guru ke siswa, kebaktian mingguan, pelajaran Agama (yang dinilai), pelajaran pendidikan karakter (terpisah namun juga dinilai), pemotongan jam pelajaran berkaitan kegiatan ibadah. 

Wah, lumayan deh banyaknya, namun tidak sedikit pula Orang tua yang senang, karakter dan Agama tersimbolisasi dengan baik. Orang tua puas, Sekolah bangga, Siswa? bisa capek dan marah, namun tak banyak yang dapat mengungkapkan lho.

Intinya, Orang tua. Orang tua butuh bantuan lewat Guru-guru di Sekolah, ini langkah bantuan. Orang tua harus terdidik. Menjadi Orang tua saja harus sadar sudah terdidik. Guru pun demikian, kesannya tidak mungkin status guru tidak terdidik, tetapi cobalah lihat kenyataan sekeliling, berapa banyak guru yang sudah terpolarisasi akal sehatnya untuk cenderung ke hal salah secara idiologi negara. 

Ingat cerita di suatu TK ada pawai dengan pakaian pejuang militan? Atau beberapa hari lalu di Riau ada pawai hari Kartini tetapi yel-yel yang diteriakan adalah Capres yang secara QC kalah suara. Anak-anak itu dapat bahan dari mana? Orang dewasalah (bisa Orang tua, bisa pula Gurunya).

Salah satu contoh berpikir bahwa pendidikan karakter di atas segalanya adalah adanya keputusan dinas pendidikan kota Malang yang mewajibkan seluruh SD kelas 1 dan 2 di kota tersebut, menghapus mata pelajaran calistung dan mengganti dengan pendidikan karakter mulai tahun ajaran 2019/2020. Artikelnya bisa dibaca di sini. 

Entahlah, saya pribadi tidak setuju. Yakin pendidiknya berkarakter baik, lurus, benar, berakal sehat, sehat rohani? Sementara bagi saya calistung juga bagian dari melatih karakter anak-anak untuk berbahasa benar, membaca benar, memakai logika matematis yang benar, mengapa dihapus? Inikah Pendidikan Indonesia?

Pendidikan Abad 21.......

Sekarang sudah hampir 20 tahun lewat di abad 21. Pasti sudah banyak kemajuan dong ya? Mana mungkin tertahan di metode mengajar yang itu-itu saja, model pembelajaran yang sama seperti 20 tahun lalu. 

Setujukah bapak ibu guru, rekan orang tua? (Semoga ini benar dan bukan menjadi sindiran ya....). Untuk menyegarkan ingatan kita tentang tema pendidikan abad 21, silahkan membaca artikel ini, saya tulis 7 tahun lalu, itupun sudah lewat 12 tahun dari abad 21. Semoga semakin tercerahkan.

Teriring Salam untuk rekan Guru dan Orang tua: 

 Selamat hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2019  

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun