Mohon tunggu...
Haura ZainNur
Haura ZainNur Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Berkembang, bertumbuh

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mengelola Kecerdasan Emosi

3 Mei 2024   20:27 Diperbarui: 3 Mei 2024   20:32 103
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

KECERDASAN EMOSI

Istilah emotional Intelligence atau sering diterjemahkan dengan kecerdasan emosi menjadi sangat  terkenal  diseluruh  dunia  semenjak  seorang  psikolog  New  York  bernama  Daniel  Goleman  menerbitkan  bukunya  dengan  judul  kecerdasan  emosi  di  tahun  1995.  Tak  kurang pejabat tinggi gedung Putih waktu itu  menggap emosional intelligence sebagai  sesuatu  yang baru dan layak diperhatikan.

Kecerdasan  emosi  bukan  sesuatu  yang  baru  di  bidang  pssikologi.Istilah  ini  sengaja dikemas oleh Goleman agar dapat ditangkap dengan mudah oleh orang-orang di luar disiplin ilmu  psikologi.  Goleman   menyatakan  dari   hasil   banyak  penelitian   menyatakan   bahwa kecerdasan   umum   semata-mata   hanya   dapat  memprediksi   kesuksesan   hidup   seseorang sebanyak  20  %  saja,  sedangkan  80  %  yang  lan  adalah  apa  yang  disebutnya Emotional Intelligence. Bila  tidak  ditunjang  dengan  pengelolahan  emosi  yang  sehat  kecerdasan  saja tidak  akan  menghasilakan  seseorang  yang  sukses  hidupnya  di  masa  yang  akan  datang. (Goleman, 1995: 25).

Kecerdasan emosional pertama kali dilontarkan pada tahun 1990 oleh psikolog Peter Salovey dari Harvard University dan John Mayer dari University of New Hampshire. Salovey dan    Mayer    mendefinisikan    kecerdasan    emosional    atau    yang    sering    disebut    EQ sebagai:“Himpunan  bagian  dari  kecerdasan  sosial  yang  melibatkan  kemampuan  memantau perasaan sosial  yang melibatkan kemampuan pada orang lain, memilah-milah semuanya dan menggunakan informasi ini untuk membimbing pikiran dan tindakan.” (Shapiro, 1998:8).

Kecerdasan  emosional  sangat  dipengaruhi  oleh  lingkungan,  tidak  bersifat  menetap, dapat  berubah-ubah  setiap  saat.Untuk  itu  peran  lingkungan  terutama  orang  tua  pada  masa kanak-kanak sangat mempengaruhi dalam pembentukan kecerdasan emosional.Keterampilan EQ   bukanlah   lawan   keterampilan   IQ   atau   keterampilan   kognitif,   namun   keduanya berinteraksi secara dinamis, baik pada tingkatan konseptual maupun di dunia nyata.Selain itu, EQ tidak begitu dipengaruhi oleh faktor keturunan.(Shapiro, 1998-10).

Adapun unsur dalam kecerdasan emosiadalah:

a.Mengenali emosi diri

Mengenali  emosi  diri  (kesadaran  diri)  adalah  mengetahui  apa  yang  dirasakan  pada suatu  kondisi  tertentu  dan  mengambil  keputusan  dengan  pertimbangan  yang  matang, serta memiliki tolak ukur yang realitis atas kemampuan diri dan kepercayaan diri yang kuat.  Sedangkan  menurut  Jhon  Mayer,  kesadaran  diri  adalah  waspada,  baik  terhadap suasana  hati  maupun  pikiran  kita  tentang  suasana  hati.  Orang-orang  yang  peka  akan susana  hati  mereka  akan  mandiri  dan  yakin  akan  batas-batas  yang  akan  mereka bangun, kesehatan jiwanya bagus, dan cenderung berpendapat positif akan kehidupan.

b.Mengelola Emosi

Mengelola   emosi   merupakan   kemampuan   individu   dalam   menangani   emosinya dengan  baik  sehingga  berdampak  positif  dalam  melaksanakan  tugas,  peka  terhadap kata hati sehingga dapat mencapai tujuannya. Kemampuan ini mencakup kemampuan untuk    menghibur    diri    sendiri,    melepaskan    kecemasan,    kemurungan    atau ketersinggungan  dan  akibat-akibat  yang  ditimbulkannya  serta  kemampuan  untuk bangkit dari perasaan-perasaan yang menekan

c.Memotivasi Diri Sendiri

Motivasi   merupakan   dorongan   untuk   melakukan   sesuatu   sehingga   menuntun seseorang  untuk  menuju  sasaran,  dan  membantu  dalam  mengambil  inisiatif  dan bertindak  secara  efektif  untuk  bertahan  menghadapi  kegagalan  dan  frustasi.  Untuk

mendapatkan  prestasi  yang  terbaik  dalam  kehidupan,  kita  harus  memiliki  motivasi dalam  diri  kita,  yang  berarti  memiliki  ketekunan  untuk  menahan  diri  terhadap kepuasan  dan  mengendali  kan  dorongan  hati,  serta  mempunyai  perasaan  motivasi yang  positif,  yaitu  antusias,  gairah,  optimis  dan  keyakinan  diri.  Orang  yang  pandai dalam  memotivasi diri,  mereka cenderung  jauh  lebih produktif dan efektif dalam  hal apapun yang mereka kerjakan.

MENGELOLA KECERDASAN EMOSI DALAM PEMBELAJARAN

Pembelajaran  (menurut  Wikipedia  Bahasa  Indonesia)  adalah  proses  interaksi  peserta didik  dengan  pendidik  dan  sumber  belajar  pada  suatu  lingkungan  belajar.  Pembelajaran merupakan  bantuan  yang  diberikan  pendidik  agar  dapat  terjadi  proses  perolehan  ilmu  dan pengetahuan,  penguasaan  kemahiran  dan  tabiat,  serta  pembentukan  sikap  dan  kepercayaan pada  peserta  didik.  Dengan  kata  lain,  pembelajaran  adalah  proses  untuk  membantu  peserta didik agar dapat belajar dengan baik.

Pembelajaran  yang  berkualitas sangat tergantung dari  motivasi pelajar dan kreatifitas pengajar. Pembelajar yang memiliki motivasi tinggi ditunjang dengan pengajar yang mampu mengelolah  kecerdasan  emosi  siswa  akan  membawa  pada  keberhasilan  pencapaian  target belajar.  

Target  belajar  dapat  diukur  melalui  perubahan  sikap  dan  kemampuan  siswa  melalui proses belajar. Desain pembelajaran yang baik, ditunjang fasilitas yang memandai, ditambah dengan  kreatifitas  guru  akan  membuat  peserta  didik  lebih  mudah  mencapai  target  belajar   Mengembangkan kecerdasan emosional dalam pembelajaran sungguh sangat diperlukan agar pembelajaran  berlangsung  optimal  dan  menghasilkan  hasil  belajar  yang  maksimal ada beberapa cara yang dilakukan untuk mengembangkan kecerdasan emosi dalam pembelajaran adalah sebagai berikut:

1. Menyediakan lingkungan yang kondusif.

2. Menciptakan iklim pembelajaran yang demokratis.

3. Mengembangkan sikap empati, dan merasakan apa yang dirasakan oleh peserta didik.

4. Membantu peserta didik menemukan solusi dalam setiap masalah yang dihadapinya.

5.  Melibatkan  peserta  didik  secara  optimal  dalam  pembelajaran,  baik  secara  fisik,  sosial maupun emosional.

6. Merespon setiap prilaku peserta didik secara positif, dan menghindari respon negatif.

7.    Menjadi    teladan    dalam    menegakkan    aturan    dan    disiplin    dalam    pembelajaran. (Goleman,2002)

Mengupas  pengelolaan  kecerdasan  emosi  yang  tepat  tidak  dapat  lepas  dari  sistim pendidikan  di  sekolah.  Pendidikan  yang  ideal  adalah  pendidikan  yang  menyertakan  aspek kognitif,  afektif  dan  psikomotorik.  Muatan  pelajaran  di  sekolah  kita  terlalu  sarat  dengan muatan  kognitif  dan  sangat  kurang  mengupas  aspek  psikomotorik  apalagi  aspek  afektifnya. 

Emosi anak adalah aspek pendidikan yang selalu ditinggalkan dan dianggap remeh oleh para pendidik. Sisitem rengking yang diterapkan di sekolah masih dipandang pro dan kontra oleh psikologi dan pendidik. Pada hal sistem rengking baik untuk anak-anak yang cerdas sehingga perkembangan emosinya dapat optimal.

Kurangnya    perhatian  terhadap  faktor  emosi  di  dunia  pendidikan  terhadap  anak  dapat dicontohkan dengan guru yang menghina siswa didalam kelas, guru tidak dapat memberikan “hadiah”    dan  “hukuman”  yang  tepat  terhadap  siswa  yang  berprestasi  dan  yang  tidak berprestasi.  Membangun  naskah  emosi  yang  sehat  pada  anak  dapat  dilakukan  dengan berbagai cara aantara lain :

1.Ajarkan nilai-nilai budaya dimana anak hidup.

2.Kenali dlu emosi-emosi anak yang menonjol, baru kita mengajarkan emosi-emosi itu kepada anak. Guru bisa mengasah kecerdasan emosional anak yang menonjol.

3.Kenalkan anak tentang emosi misalnya dengan cara kata-kata , bahasa tubuh, ekspresi wajah,

4.Buatlah disiplin yang konsisten antara guru dan siswa.

5.Ajarkan pada ekspresi emosi apa yang dapat diterima oleh lingkungan.

6.Tunjukkan perilaku yang dapat diimitasi/ditiru oleh anak secara langsung.

7.Pupuk rasa empati dengan sesama.

KESIMPULAN

Kecerdasan   emosi   merupakan   nilai-nilai   yang   terdapat   psikologis   yang   harus ditumbuh  kembangkan  dan  dikelolah  dengan  baik   melalui  proses  pembelajaran.  Yang diperlukan  oleh  anak  agar  menjadi  manusia    dewasa  yang  berhasil  tidak  semata-mata kecerdasan  umum  yang  sifatnya  hanya  kognitif  saja,  akan  tetapi  yang  tidak  kala  penting adalah kecerdasan emosional. Kecerdasan emosional perlu didikan semenjak anak masih usia dini melalui naskah pengelolah emosi yang sehat, oleh karena itu pembelajaran yang berhasil haruslah  menciptakan  emosi  yang  positif  pada  diri  anak.  

Untuk  menciptakan  emosi  yang positif    ,    diantaranya,    mengajarkan    nilai-nilai    budaya    dimana    anak    itu    berada, mengembangkan  dan  mengasah    emosi  anak  yang  menonjol,  memperkenalkan  kepada  anak tentang  emosi  dengan  cara  verbal  dan  non  verbal,  disiplin  yang  konsisten,  ajarkan  apa  anak ekspresi  emosi  yang  dapat  diterima  oleh  lingkungan,  menunjukkan  prilaku  yang  baik  dapat ditiru secara langsung dan memupuk rasa empati tehadap orang lain.

Haura Zain Nur Abidah

Fakultas Ilmu Pendidikan dan Humaniora

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Universitas Pelita Bangsa

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun