Mohon tunggu...
hasanuddin
hasanuddin Mohon Tunggu... Guru - guru/ sdn 10 segedong/pns

olahraga dan membaca

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practices)

3 Februari 2024   08:59 Diperbarui: 3 Februari 2024   19:10 843
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

LK 3.1 Menyusun Best Practices

Menyusun Cerita Praktik Baik ( Best Practices) Menggunakan Metode Star (Situasi Tantangan Aksi Refleksi Hasil dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran.

Lokasi

SD Negeri 10 Segedong Kecamatan Segedong, Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalimantan Barat.

Lingkup Pendidikan

Sekolah Dasar

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 3 dalam proses pembelajaran di SD Negeri 10 Segedong

Penulis

Hasanuddin, S.Pd

Tanggal

23 Januari 2024

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda  dalam praktik ini.

Dalam kegiatan PPG yang saya laksanakan ini, saya mengangkat masalah "Rendahnya motivasi belajar peserta didik kelas 3 SD Negeri 10 Segedong dalam mengikuti proses pembelajaran.

Adapun kondisi yang menjadi latar belakang masalah motivasi belajar siswa yang rendah bisa dilihat dari  indikator berikut:

  • Kurangnya semangat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran yang dilakukan.
  • Siswa tidak fokus saat menerima materi pelajaran
  • Pembelajaran masih belum terpusat pada peserta didik.

Praktik baik ini sangat penting untuk dibagikan agar terjadi perubahan motivasi belajar siswa secara khusus dan terjadinya perbaikan kualitas proses dan hasil pembelajaran secara umum, sehingga diharapkan terjadinya indikator berikut:

  • Aktivitas    belajar     peserta didik semakin meningkat
  • Peserta didik semakin tekun dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru
  • Peserta didik semakin ulet dalam menghadapi berbagai kesulitan-kesulitan dalam pembelajaran
  • Peserta didik memberikan umpan balik dan respon yang positif terhadap informasi  yang disampaikan guru
  • Mulai tumbuhnya motivasi dan semangat internal dari dalam diri peserta didik itu sendiri secara mandiri
  • Mulai tumbuh dan berkembangnya kemampuan  intelegensia serta daya berfikir kritis peserta didik setelah melalui serangkaian kegiatan pembelajaran yang mengasah rasa ingin tahunya

Saya sebagai guru sangat memiliki peran dan tanggung jawab terhadap keberlangsungan dan keberhasilan praktik baik ini karena sejalan dengan pergeseran makna pembelajaran dari pembelajaran yang berorientasi kepada guru (teacher oriented) menuju pembelajaran yang berorientasi kepada siswa (student oriented), maka peran guru dalam proses pembelajaran pun mengalami pergeseran, salah satunya adalah penguatan peran guru sebagai  motivator. Proses pembelajaran akan berhasil manakala siswa memiliki motivasi dalam belajar. Oleh sebab itu, guru perlu menumbuhkan motivasi belajar siswa secara optimal dengan cara menciptakan kreatifitas dalam pembelajaran yang efektif dan inovatif. Adapun peran dan tanggung jawab saya sebagai guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik dapat dirangkum sebagai berikut:

  • Menjadikan siswa aktif dalam kegiatan belajar mengajar
  • Menciptakan suasana kelas yang kondusif
  • Menciptakan metode pembelajaran yang bervariasi
  • Meningkatkan antusias dan semangat dalam belajar
  • Memberikan penghargaan dan penguatan yang positif
  • Menciptakan aktivitas yang melibatkan siswa di dalam kelas
  • Meningkatkan prestasi dan mutu belajar siswa menjadi lebih baik

Tantangan :

Apa saja yang menjadi tantangan  untuk mencapai tujuan tersebut?

Siapa saja yang terlibat

Adapun beberapa tantangan yang dihadapi guru dalam mencapai tujuan meningkatkan motivasi belajar siswa adalah:

  • Siswa yang sangat beragam dan heterogen, baik dari segi pengetahuan, keterampilan  dan motivasinya
  • Siswa masih canggung saat  mempresentasikan hasil percobaan dan diskusi di depan kelas, namun mungkin disinilah mereka belajar berkomunikasi dan berkolaborasi dengan sesama
  • Siswa masih perlu diarahkan dan dibimbing dalam melakukan praktikum meskipun urutan langkahnya telah jelas tertuang di dalam LKPD

Adapun pihak-pihak yang terlibat dalam pelaksanaan praktik baik ini adalah:

  • Guru itu sendiri sebagai subjek utama yang melakukan praktik
  • Siswa yang menjadi sampel dalam proses pembelajaran
  • Teman sejawat yang merupakan guru yang membantu mengobservasi Pelaksanaan praktik pembelajaran yang dilakukan oleh guru sekaligus memberikan masukan dan sarannya
  • Videografer yang mengambil video pada proses praktik pembelajaran
  • Kepala Sekolah yang telah memberikan izin, masukan dan saran pada praktik pembelajaran yang dilakukan
  • 1 orang operator sekolah yang senantiasa stand by menyiapkan ruangan dan jenset jika sewaktu-waktu terjadi pemadaman listrik

Aksi :

Langkah-langkah apa  yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/strategi apa yang digunakan/bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat /Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Adapun langkah-langkah dan strategi yang dilakukan untuk menghadapi tantanga dalam praktik  pembelajaran sebagai berikut:

  • Menyamakan pengetahuan  awal siswa dengan memberikan informasi- informasi teknis dan materi- materi pendahuluan.
  • Guru sering dan selalu memberikan bimbingan dan  arahan kepada siswa dalam kelompok dalam pelaksanaan praktikum agar tujuan praktikum bisa terlaksana dan efisiensi waktu.
  • Prosesnya guru selalu berkeliling dari kelompok ke kelompok, mengecek dan membimbing jika ada  kesalahan dan menjawab pertanyaan siswa yang tidak mereka mengerti.

Adapun sumber daya yang diperlukan untuk menjalankan strategi ini adalah:

  • Siswa
  • RPP, Bahan ajar, LKPD, media power point, instrumen evaluasi dan link- link video pembelajaran
  • Sarana Laptop
  • Infocus, Speaker, Kabel penghubung
  • Spidol, pena, penggaris, karton, papan whiteboard
  • Ruang kelas
  • Jenset

Refleksi Hasil dan dampak

 Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan?

Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang  dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidak berhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Adapun dampak yang terlihat dari Aksi yang dilakukan pada PPL 1 adalah sebagai berikut:

  • Kemampuan berfikir kritis peserta didik mulai  berkembang
  • Keterampilan proses  peserta didik mulai berkembang, dapat dilihat dari menganalisis data yang diperoleh dalam menjawab persoalan
  • Peserta didik mulai menunjukkan kemajuan dalam melakukan komunikasi dan kolaborasi saat melakukan presentasi dan diskusi
  • 4. Peserta didik mulai belajar mengkomunikasikan sesuatu harus berdasarkan materi, bukan berdasarkan pendapat pribadi saja

Berdasarkan langkah-langkah / sintaks pembelajaran PBL yang   dilakukan, terlihat bahwa telah menunjukkan arah yang positif dan  efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini karena terjadi perubahan-perubahan yang dialami siswa antara sebelum dengan sesudah diterapkannya pembelajaran PBL.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun