Mohon tunggu...
HARI SR
HARI SR Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi main bola, topik suka membaca buku

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Keuntungan dalam Membangun Kedai C&F di Wilayah Majalengka

13 Juni 2024   16:30 Diperbarui: 13 Juni 2024   16:30 55
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pada mulanya budaya minum kopi di Indonesia merupakan kebiasaan yang dilakukan oleh pemerintah Belanda pada jaman tanam paksa. Namun, seiring perkembangannya masyarakat Indonesia pun mulai gemar meminum kopi. Kehadiran kedai kopi atau cafe di Indonesia, mengubah gaya hidup masyarakat Indonesia dalam meminum kopi. 

Meminum kopi tidak lagi menjadi kebiasaan orang dewasa hanya untuk mengurangi kantuk, tetapi juga anak muda baik pria maupun wanita. Dulu kedai kopi atau cafe identik dengan tempat yang kurang nyaman, tidak terlihat menarik dengan suasana yang monoton. Kini cafe identik dengan tempat yang nyaman, suasana yang cozy, fasilitas yang lengkap seperti lounge,bar, AC (Air Conditioner), Wi-Fi, bahkan mulai bermunculan cafe dengan desain interior yang unik yang belum pernah ada sebelumnya. Sehingga tidak aneh apabila saat ini masyarakat merasa nyaman untuk menghabiskan banyak waktubersama kerabat di kedai kopi atau cafe.

Dengan berbagai sarana dan prasarana yang ditawarkan oleh cafe saat ini, masyarakat menjadikan cafe sebagai tempat yang nyaman untuk melakukan berbagai aktivitas seperti tempat untuk bertemu dengan sahabat, teman lama, keluarga, ataupun kolega bisnis. Tidak jarang konsumen cafe datang untuk mengerjakan tugas kuliah, tugas kantor, atau sekedar memperoleh informasi terbaru dengan memanfaatkan fasilitas jaringan Wi-Fi yang disediakan oleh cafe tersebut, sambil mencicipi berbagai jenis minuman dan makanan yang ditawarkan.

Perubahan era teknologi yang semakin pesat dengan segala kecanggihan dan kemudahan yang bisa didapat membuat manusia semakin penasaran dan terlena dengan smartphonenya masing-masing, hal itu membuat kurangnya berinteraksi dalam suasana berkumpul, dalam hal ini manusia seharusnya dapat berpikir secara kreatif, dan komunikatif agar kehidupannya tidak terlena oleh kecanggihan dan teknologi yang ada saat ini. Keberadaan coffe shop ini membantu untuk menyediakan tempat yang dapat mendukung untuk meningkatkan komunikasi dalam bersosial dan mampu meningkatkan kreatifitas dalam berpikir.

Maka dengan adanya suasana dari cafe, dapat meningkatkan performa kinerja, bahkan dapat membantu untuk dapat berpikir out of the box. Hal ini akan menjadi nilai tambah bagi bisnis cafe, terutama untuk segmen pekerja. 

Untuk segmen pekerja pada umumnya lebih mementingkan kualitas ataupun manfaat yang didapat dibanding harga, karena itu segmen pekerja merupakan konsumen potensial dalam bisnis cafe kelas menengah ke atas. Karena suasana cafe dapat membantu untuk bekerja dengan suasana baru, dan mengerjakan tugas-tugas yang memerlukan kreativitas.

Varian produk kopi asal Kabupaten Majalengka, Jawa Barat sekarang telah banyak dikenal dan diminati di pasar lokal maupun nasional. Hal itu menguat seiring perkembangan maraknya kedai kopi yang kian tumbuh menjamur di setiap daerah dengan konsumen kebanyakan dari kalangan milenial. 

Menurut data dari Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Majalengka (DKP3 Majalengka) bahwa perkebunan kopi di kabupaten berjuluk Kota Angin ini memiliki lahan yang cukup luas. "Saat ini luas areal penghasil kopi Majalengka mencapai 1.200 hektar. Semuanya itu tersebar di wilayah Kecamatan Lemahsugih, Malausma, Cingambul, Banjaran, Argapura dan Rajagaluh," kata Kepala DKP3 Majalengka, Iman Firmansyah kepada TIMES Indonesia, Jumat (10/3/2023).

Majalengka sebagai salah satu kota wisata, tidak ketinggalan dalam perkembangan bisnis cafe. Mulai banyak bermunculan kedai kopi lokal yang ada di setiap sudut kota bahkan sampai ke tempat tempat wisatanya. Kedai kopi ini dibangun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan budaya minum kopi dengan sarana dan prasarana yang sangat memberikan kenyamanan bagi konsumennya, seperti tempat duduk yang nyaman serta kemudahan akses internet. 

Selain itu membuka peluang usaha atau membuka kedai C&F di wilayah majalengka terutama di daerah pegunungan merupakan sebuah keunggulan, Karena menyuguhkan pemandangan yang indah , Itu juga salah satu strategi pemasaran dan juga bisa menarik minat pengunjung atau customer untuk berdatangan ke tempat usaha kita.

Mayoritas masyarakat majalengka terutama anak muda menyukai untuk memiliki komunitas sosial, dimana mereka bisa berbagi pengalaman, bercanda, meningkatkan kreativitas maupun menemukan teman baru. Dan untuk menghabiskan waktu kosong, mereka biasanya cenderung mencari tempat untuk "nongkrong" atau kumpul-kumpul. Dalam hal ini, cafe menjadi salah satu pilihan bagi anak-anak muda di majalengka untuk menghabiskan waktu luang atau week end.

Selain suasana, salah satu fasilitas tambahan yang digunakan untuk meningkatkan kreatifitas adalah melalui permainan. Kebanyakan anak muda majalengka sangat senang bermain games disela-sela waktu mereka, game yang dimaksud adalah game online maupun offline yang dapat mereka mainkan sebagai bentuk interaksi atau komunikasi yang seru dalam tongkrongan, bermain game dapat meningkatkan kreativitas dan mengurangi tingkat stres, sehingga performa kerja pun dapat meningkat.

Maka berdasarkan dari aspek-aspek tersebut, penulis akan membuat sebuah Busines dengan membangun sebuah usaha Coffe Shop yang diberi nama "Kedai C&F (Coffe and Fun)" dengan menambahkan fasilitas fun games. Games yang akan disediakan bukan lah games-games online tetapi games yang dimaksud adalah lebih berfokus pada permainan offline yang akan lebih memaksimalkan sisi interaksi sosial secara langsung oleh para pemainnya, dimana dalam permainan ini memiliki interaksi sosial yang lebih tinggi dibanding games-games online yang berfokus pada komputer atau smartphone tanpa harus bertatap muka dengan orang lain. Padahal interaksi sosial juga dibutuhkan untuk pengembangan otak secara kognitif. 

Karena itu, salah satu fokus Caffe Shop yang akan dibangun ini adalah bermain sekaligus dapat berinteraksi dengan orang lain, saling berkomunikasi, bekerjasama, melihat perubahan emosi secara nyata, dan banyak hal lain yang bisa didapat dari bentuk komunikasi tersebut nantinya.

Analisis ekonomi dilakukan dengan melihat tren ekonomi yang dapat diamati dari pertumbuhan ekonomi Indonesia, inflasi dan BI rate (suku bunga). Dalam pidato presiden, pertumbuhan ekonomi Indonesia periode 2009-2013 mencapai rata-rata 5,9% per tahun yang merupakan pertumbuhan ekonomi tertinggi. Target pertumbuhan ekonomi Indonesia 2014 ditetapkan pada 6,4%. Kemudian rata-rata inflasi selama tahun 2008-2013 adalah 6,21%

Kemudian dengan nilai return yang diperoleh dari investasi lain sebesar 11,23% ditambah dengan risk premium untuk beverage non alcohol sebesar 6%, maka didapat nilai WACC sebesar 17,23%. Setelah itu dilakukan analisis investasi, dimana menggunakan kondisi pesimis, normal, dan optimis. 

Dalam kondisi pesimis, diasumsikan terjadi penurunan penjualan sebesar 10%. Kondisi ini mempertimbangkan kemungkinan masuknya banyak kompetitor, serta kemungkinan inflasi yang tinggi, yang menyebabkan orang semakin selektif dalam memilih produk makanan. Sedangkan pada kondisi optimis, terjadi kenaikkan penjualan sebesar 10%. Kondisi optimis ini mempertimbangkan kemungkinan kondisi ekonomi yang semakin baik dan masyarakat semakin makmur sehingga masyarakat cenderung memilih produk berkualitas untuk dikonsumsi.

           

Parameter yang digunakan dalam analisis investasi ini adalah nilai NPV (Net Present Value), IRR (Internal Rate of Return), dan PP (Payback Period), untuk mengetahui layak tidaknya proyek tersebut dijalankan. Dalam hal ini parameter yang digunakan adalah :

* NPV bernilai positif

* IRR lebih besar dari WACC

* Payback period yang kurang dari 5 tahun

Maka diketahui analisis investasi untuk kondisi pesimis, kondisi normal, dan kondisi optimis.

Makal business ini diharapkan dapat membantu para pebisnis dalam mengevaluasi feasibility dari bisnis Cafe, dan juga mengevaluasi kelayakan dalam pembuatan Cafe agar dapat memiliki daya saing dengan kompetitornya. Dengan strategi yang lebih menekankan pada upaya pemasaran (intensive strategy) melalui strategi market penetration.
Perencanaan pemasaran di buat dengan tujuan untuk memperkuat brand perusahaan. Kemudian menganalisis kompetitor-kompetitor langsung maupun kompetitor potensial dari Kedai C&F. Selain itu juga dibahas tentang segmen pasar, target pasar, positioning, dan tentang ukuran pasar. 

Perencanaan operasional telah disusun mulai dari pemilihan lokasi, desain layout, perhitungan kapasitas operasional, hingga rangkaian proses operasional yang terjadi dalam Cafe ini. Desain layout yang dibuat dan peralatan-peralatan yang digunakan disesuaikan dengan ukuran tempatnya. 

Perencanaan sumber daya manusia diawali dengan biaya-biaya pra operasional yang diperlukan, kemudian bentuk dan struktur organisasi yang disesuaikan dengan kebutuhan cafe yang mendukung kegiatan operasional perusahaan ini. Selain itu, juga dijelaskan tentang deskripsi tugas-tugas, spesifikasi kerja masing-masing fungsi, dan sistem penilaian kinerja, dimana karyawan yang memiliki kinerja yang bagus akan mendapatkan bonus. Kompensasi dan tunjangan juga diperhitungkan untuk periode lima tahun ke depan.

Berdasarkan hasil perencanaan keuangan business plan ini mendapatkan hasil yang cukup bagus dengan periode perencanaan 5,5 tahun, hasil NPV adalah sebesar Rp. 471.037.879 dengan IRR sebesar 41,03%. Sedangkan payback periode adalah 2 tahun 5 bulan. Berdasarkan hasil tersebut maka bisnis ini dapat dikatakan layak untuk dijalankan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun