Akhir-akhir ini, kebanyakan dari kita lebih sering berada di rumah dan melakukan berbagai pekerjaan atau aktivitas di rumah. Dan salah satu kebiasaan buruk yang muncul adalah procrastination atau kita jadi sering menunda-nunda pekerjaan karena dianggap mudah.
Akibat menunda pekerjaan itu, kita sebenarnya sedang menunda kesuksesan kita sendiri. Kesuksesan paling kecil adalah kesuksesan kita dalam menyelesaikan satu pekerjaan dan lanjut pada pekerjaan lainnnya. Ditambah lagi, ada distraksi internet yang membuat kita tidak fokus dan terus menunda pekerjaan.
Menunda pekerjaan ini menjadi masalah besar bagi anak muda zaman sekarang dan ini harus segera di atasi. Ada salah satu kemampuan yang harus kita miliki untuk mengatasi kebiasaan suka menunda-nunda pekerjaan, yaitu Self-Management atau seni mengelola diri sendiri.
Memahami definisi self-management
Dilansir dari website BetterUp.com, Self-management atau manajemen diri adalah kemampuan kita untuk mengelola perilaku, pikiran, dan emosi kita secara sadar dan produktif.
Maksudnya adalah seseorang dengan keterampilan manajemen diri yang kuat, tahu apa yang harus dilakukan dan bagaimana bertindak dalam situasi yang berbeda.
Misalnya, orang yang punya manajemen diri yang baik tahu bagaimana menghindari gangguan saat bekerja atau melakukan aktivitas dari rumah, sehingga dapat mempertahankan fokus dan tetap produktif.
Mereka tahu apa yang perlu mereka lakukan untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai dan mereka melakukan Tindakan untuk mencapainya. Manajemen diri berarti memahami tanggung jawab pribadi dalam berbagai aspek kehidupan dan melakukan apa yang dibutuhkan untuk memenuhi tanggung jawab itu.
Alasan kenapa penting memiliki kemampuan self-management