Mohon tunggu...
Hanggie Zahara
Hanggie Zahara Mohon Tunggu... Sekretaris - In God We Trust

Be kind to one another

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Penerapan Human Relations Bidang Komunikasi Organisasi dalam Job Redesign dan Job Enrichment

13 April 2022   11:10 Diperbarui: 13 April 2022   11:15 1182
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Penerapan Human Relations Bidang Komunikasi Organisasi dalam Job Redesign dan Job Enrichment
(Analisis berdasarkan sumber bacaan buku Komunikasi Organisasi karya Dr. Irene Silviani, MSP)
Hanggie Zahara1


A. Sejarah dan Awal Mula Perkembangan Ilmu Komunikasi Organisasi
Dalam sejarah perkembangan pemahaman keilmuan komunikasi saat ini sangat lah luas cakupannya, terlagi dukungan perkembangan revolusi industri 4.0 menuju 5.0 banyak memberikan pengaruh kepada media komunikasi di masa modern ini. 

Di samping perkembangan komunikasi yang semakin meluas ini, perkembangan komunikasi pun turut meluas sebagaimana pada dasarnya bahwa ilmu komunikasi sendiri merupakan salah satu cabang ilmu yang memiliki sifat multidisipliner. Disebut demikian karena pendekatan-pendekatan pada pemahaman ilmu komunikasi berasal atau menyangkut dari berbagai bidang pemahaman dan keilmuan. Pemahaman sifat komunikasi ini dapat dilihat berdasarkan penerapan ilmu komunikasi pada bidang komunikasi organisasi dalam job redesign dan job enrichment.

Asal-usul ilmu komunikasi sendiri adalah sebuah cabang ilmu yang berasal dari bahasa Inggris; "Communication" dan berasal dari kata latin communicatio serta bersumber dari kata communis yang bermakna sama, pemahaman sama tersebut adalah maksud dari sama makna.  Effendy 2007 (dalam Irene Silviani. 2020:1). 

Dalam hal ini sesungguhnya dari hal tersebut lah yang  menjadi cikal bakal perkembangan pemahaman dan keilmuan komunikasi. Dalam sejarah ilmu komunikasi sendiri, banyak pakar komunikasi yang  turut membahas perkembangan komunikasi. Dimana pada Zaman Yunani Kuno yang digagas oleh Aristoteles seorang filsuf  ternama pada masanya, menyebutkan bahwa dalam komunikasi sendiri itu terdapat komunikator dan pesan dan penerima (komunikan). (Irene Silviani 2020:1).

Sejauh perkembangan ilmu komunikasi inilah, muncul lah pemahaman komunikasi yang terbagi akan kelompok. Dimana kelompok atau organisasi tersebut ada sebagai bentuk kebersamaan, dengan kehadiran manusia di muka bumi. Menurut Achmad Sobirin (dalam Irene Silviani 2020:9) sejarah organisasi sendiri baru berkemabang setelah pada saat masyarakat eropa sudah tidak tabu dengan kegiatan bisnis lagi. 

Sejak saat itu lah organisasi terus berkembang dan meningkatnya pada abad ke-18 saat terjadinya revolusi Inggris. Sejak perkembangan organisasi di masa ini lah, para pakar komunikasi mulai melakukan kajian tentang bentuk-bentuk dari penerapan komunikasi pada organisasi.

B. Konsep Dasar Ilmu Komunikasi dan Komunikasi Organisasi
Para ahli mendefinisikan pemahaman dari komunikasi menurut sudut pandang yang berbeda-beda. Menurut Irene Silviani (2020:27) Istilah komunikasi sendiri adalah sebuah prosedur yang melalui makan dan pikiran seseorang yang dapat mempengaruhi pikiran orang lain. 

Disamping itu, Berelson dan Steiner (dalam Irene Silviani 2020:28) turut memberikan makna komunikasi dari sudut pandang dirinya, bahwa komunikasi merupakan sebuah proses penyampaian informasi, emosi, keahlian, dan gagasan melalui sebuah penggunaan simbol seperti kata, gambar, bentuk, angka, DLL.

Banyak sekali bahasan tentang pemahaman ilmu komunikasi yang dimaknakan oleh para pakar ahli komunikasi. Salah satunya yang dikatakan Hovland (dalam Irene Silviani 2020:28) mengungkapan bahwa pada studi ilmu komunikasi objek studi di dalamnya bukan hanya berfokus kepada penyampaian informasi, melainkan juga berfokus pada pendapat  umum dan sikap publik terhadap komunikasi tersebut. Teori yang dikemukakan oleh Hovald ini menjadi dasar cikal bakal dari peran penerapan komunikasi organisasi yang berobjek kepada pendapat publik sebagai efek dari komunikasi di dalam organisasi yang dilakukan.


Di samping itu, menurut Goldhaber (dalam Irena Silviani 2020) menjelaskan bahwa komunikasi organisasi merupakan suatu proses untuk dapat menciptakan serta saling menukar informasi dan pengetahuan ataupun pesan dalam suatu jaringan yang  saling  tergantung satu sama lain sebagai  anggota organisasi atau kelompok. Pemahaman dalam komunikasi organisasi ini memiliki kaitan dengan pemahaman Job Redesign dan Job Enrichment dalam praktiknya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun