Mohon tunggu...
handaka kembaren
handaka kembaren Mohon Tunggu... Guru - guru di smk negeri 1 panai hilir

saya guru yang mengabdi di smk negeri 1 panai hilir yang berada di ke camata panai hilir kabupaten labuhanbatu provinsi sumatera utara

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practices

21 Januari 2023   10:45 Diperbarui: 21 Januari 2023   11:01 293
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

 

Lokasi

SMK NEGERI 1 PANAI HILIR

Lingkup Pendidikan

SMK

Tujuan yang ingin dicapai

LK 1.1 Kolom identifikasi masalah

Meningkatkan Motivasi belajar siswa kelas x dalam pembelajaran Pekerjaan Dasar Teknik mesin (PDTM) menggunakan Model pembelajaran Problem Based Learning.

Penulis

Handaka kembaren S.Pd

Tanggal

14 Desember 2022

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

LK 1.1 Kolom analisis identifikasi masalah

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah :

Adapun penyebab kurangnya motivasi siswa kelas X Teknik Pemesinan SMKN 1 PANAI HILIR, pada pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik mesin berdasarkan pengamatan yang dilakukan adalah :

1. Guru belum menggunakan media belajar yang bervariasi

2. Guru belum menerapakan model pemebelajaran yang kreatif dan inovatif

3. Guru belum optimal memotivasi siswa dalam belajar.

Berdasarkan hasil analisis beberapa penyebab ditentukan bahwa akar penyebab masalah adalah pembelajaran yang dirancang dan ditetapkan oleh guru belum berpusat pada siswa (Student Center),  Guru belum menerapakan model pemebelajaran yang kreatif dan inovatif dan memberikan kebebasan kepada siswa dalam menentukan pembelajaran serta Guru belum optimal memotivasi siswa dalam belajar.

Alasan praktik ini penting untuk dibagikan :

Praktik ini penting untuk dibagikan karena beberapa alasan mendasar, diantaranya :

1. Membuat siswa termotivasi untuk belajar

2. Sebagai bahan referensi bagi pendidik di SMKN 1 PANAI HILIR  terutama untuk mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik mesin

3. Sebagai bahan referensi bagi pendidik yang mengalami masalah yang sama dengan penulis.

4. Agar dapat meningkatkan prefesionalsme kita sebagai Pendidik di Instansi masing-masing.

Peran dan tanggung jawab dalam praktek ini :

Saya berperan sebagai guru kelas X pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik mesin yang bertanggung jawab dalam hal :

1. Memberikan motivasi kepada siswa

2. Membimbing siswa dalam proses pemebelajaran

3. Mengorganisir siswa dalam belajar

4. Memfasilitasi siswa dalam menerapkan model pembelejaran inovatif untuk meningkatkan motivasi siswa.

5. Mempersiapakan sebaik mungkin RPP, Media pembelajaran, LKPD, Instrument penilaian dan bahan ajar

Tantangan : 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

LK 1.2 Kolom eksplorasi penyebab masalah

Dari analisis hasil kajian wawancara dan literatur penyebab dari tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu meningkatkan pemahaman abstrak siswa pada materi mata pelajaran antara lain

  • Kurangnya penggunaan media pembelajaran yang tepat untuk  materi pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik mesin
  • Metode - metode pembelajaran yang digunakan oleh guru bersifat membosankan dan kurang variatif
  • Model pembelajaran yang digunakan oleh guru tidak inovatif
  • Motivasi belajar siswa rendah

Dari penyebab diatas tantangan yang dihadapi oleh guru adalah

  • pemilihan media pembelajaran yang tepat dan menarik bagi siswa
  • pemilihan metode pembelajaran yang variatif sehingga siswa merasa tertarik dan antuasias dalam mengikuti pembelajaran
  • pemilihan model pembelajaran yang tepat dan sesui dengan karakteristik materi pelajaran dan karakteristik siswa
  • Guru harus bisa menumbuhkan motivasi belajar siswa melalui proses pembelajaran yang menyenangkan

Dilihat dari keempat tantangan tersebut bisa di simpulkan bahwa tantangan yang dihadapi melibatkan guru dari sisi kompetensi yang harus dimiliki guru yaitu kompetensi pedagogik dan profesional sedangkan dari sisi siswa adalah motivasi belajar

Aksi : 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Langkan_langkah yang harus di lakukan oleh guru sesuai tantangan yang dihadapi antara lain:

  • Pemilihan Media Pembelajaran
  • Strategi yang dilakukan guru dalam pemilihan media pembelajaran adalah dengan memilih media pembelajaran yang dirasa tepat dan sesuai dengan materi pelajaran juga sesuai karakteristik siswa, selain itu guru juga bisa memilih media pembelajaran yang dikuasainya baik dalam pembuatan dan juga pengoprasian.
  • Proses pembuatan media ini dimulai dari mempelajari materi yang akan dibuat medianya, kemudian guru merancang desain menu-menu apa saja yang perlu ada di media pembelajaran setelah rancangan / desain baru guru mulai membuat media ini
  • Sumber daya yang diperlukan untuk membuat media pembelajaran ini antara lain pengetahuan guru dalam menggunakan aplikasi power point serta Video dan juga alat seperti komputer/laptop dan jaringan internet.
  • Pemilihan Metode Pembelajaran yang variatif
  • Strategi yang dilakukan guru dalam pemilihan metode pembelajaran adalah dengan memahami karakteristirk siswa dan karakteristik materi
  • Disini guru memilih metode pembelajaran yang akan digunakan adalah Ceramah, Penugasan, Tanya-Jawab dan Diskusi
  • Proses pemilihan metode ini pertama guru mempelajari apa saja metode-metode dalam pembelajaran, lalu memahami karakteristik siswa dengan melihat kemampuan dasar dan kebiasaan siswa. Lalu melihat karakteristik materi dengan mempelajari materi pembelajaran yang terdapat di buku Tema guru dan buku tema siswa.
  • Sumber daya yang diperlukan dalam pemilihan metode ini antara lain pemahaman/kompetensi guru akan metode-metode pembelajaran dan juga pemahaman guru akan materi pembelajaran.
  • Pemilihan Model Pembelajaran
  • Strategi yang dilakukan guru dalam pemilihan model pembelajaran adalah dengan memahami karakteristik siswa dan karakteristik materi
  • Disini guru memilih model pembelajaran PBL
  • Proses pemilihan model ini pertama guru mempelajari apa saja model-model dalam pembelajaran, lalu memahami karakteristik siswa dengan melihat kemampuan dasar dan kebiasaan siswa. Lalu melihat karakteristik materi dengan mempelajari materi pembelajaran yang terdapat di buku  siswa.
  • Sumber daya yang diperlukan dalam pemilihan metode ini antara lain pemahaman/kompetensi guru akan Model Pembelajaran PBL dan juga pemahaman guru akan materi pembelajaran.
  • Meningkatkan Motivasi siswa
  • Strategi yang dilakukan guru dalam meningkatkan motivasi siswa adalah dengan merancang pembelajaran yang berpusat pada siswa
  • Disini guru mengembangkan RPP dengan kegiatan yang berpusat pada siswa
  • Proses pengembangan RPP yang berpusat pada siswa guru menentukan kegiatan kegiatan apa saja yang akan dilakukan dalam pembelajaran yang kegiatan kegitan itu berpusat pada siswa dan membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran.

Sumber daya yang diperlukan dalam pemilihan metode ini antara lain pemahaman/kompetensi guru akan pembuatan RPP dan juga kreatifitas merancang kegiatan-kegiatan yang membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran.

Refleksi Hasil dan dampak 

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Dampak dari aksi dan langkah langkah yang dilakukan dirasa hasilnya efektif dan dapat dilihat dari

  • Penggunaam Media video dan powerponit serta benda nyata  ini sangat membantu pemahaman siswa akan konsep mengukur tentang materi penggunaan alat ukur pembanding dibuktikan dengan hasil evaluasi pembelajaran siswa di atas KKM
  • Pemilihan Metode yang variatif sangat efektif untuk meningkatkan keaktifan siswa terlihat dari kegiatan siswa saat pembelajaran
  • Pemilihan  Model pembelajaran PBL menumbuhkan berfikir kritis siswa terlihat dari tanggapan dan jawaban yang di lontarkan guru saat pembelajaran
  • Desain kegiatan yang berpusat pada siswa sangat meningkatkan keaktifan siswa saat proses pembelajaran sehingga siswa termotivasi untuk belajar

Respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran ini adalah sangat senang, bisa di lihat saat kegiatan refleksi akhir pembelajaran siswa memberikan refleksi bahwa pembelajaran sangat menyenangkan dan media pembelajarannya menarik juga mudah dipahami.

Faktor keberhasilan pembelajaran ini sangat ditentukan akan penguasaan guru terhadap media pembelajaran, metode, model dan langkah-langkah pada rencana pelaksaanaan pembelajaran yang sudah dibuat.

Pembelajaran yang bisa diambil dari proses dan kegiatan yang sudah guru dilakukan adalah seyogyanya guru lebih kretaif dan inovatif dalam memilih metode, model dan media pembelajaran untuk membuat proses belajar mengajar sesuai dengan yang diharapkan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun