Mohon tunggu...
Hana Marita Sofianti
Hana Marita Sofianti Mohon Tunggu... Guru - Praktisi Pendidikan Anak Usia Dini, Guru , Blogger, Ghost Writer, Founder MSFQ

Praktisi Pendidikan Anak Usia Dini , Guru, Blogger, Ghost Writer, Founder MSFQ

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

PAUD Holistik Integratif dan Urgensi TdBA di Purwakarta

21 November 2022   20:28 Diperbarui: 21 November 2022   20:34 333
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto: Dokumentasi Peningkatan Kompetensi Pendidik Paud Holistik Integratif (Jayagiri, Lembang-Bandung) | Dokpri

"5 Layanan Paud Holistik Integratif merupakan layanan menyeluruh di setiap satuan pendidikan, diantaranya : Pengasuhan, Kesehatan dan Gizi, Pendidikan, Perlindungan dan Kesejahteraan" (ayogurubelajar.kemendikbud.go.id)

Transformasi Pendidikan jenjang Paud dapat terlihat dari pemaknaan kata Paud dari mulai nama lembaga hingga saat ini menjadi nama seluruh satuan layanan baik formal, nonformal, dan informal.

Pendidikan Anak Usia Dini merupakan layanan yang diberikan kepada anak dari mulai janin, lahir sampai dengan 6 tahun, semoga dapat bersinergi dengan jenjang berikutnya Sekolah Dasar.

Artinya ketika anak melanjutkan ke jenjang berikutnya layanan akan terus berkesinambungan dan tujuan dari pendidikan nasional 'Ki Hajar Dewantara', mendidik manusia seutuhnya sesuai dengan kodrat dirinya, kodrat alamnya dan kodrat zamannya.

Foto: Perjanjian Kerjasama Paud Holistik Integratif/dokpri
Foto: Perjanjian Kerjasama Paud Holistik Integratif/dokpri

Paud Holistik Integratif dan Urgensi Tdba

Awal pelaksanaan dari 5 layanan Paud Holistik Integratif jenjang Paud adalah dengan menganalisis atau mengidentifikasi Ali dan Ale sebagai berikut :

1. Identifikasi Ali ( Analisis Lingkungan Internal)

Artinya satuan pendidikan menganalisis keadaan lingkungan sekolahnya seperti : Warga Belajar yaitu Keadaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Siswa/i, Keadaan Orang tua, dan lainnya.

2. Identifikasi Ale (Analisis Lingkungan Eksternal)

Merupakan identifikasi keadaan sekitar lingkungan sekolah baik layanan umum atau bukan yang memang dapat bekerjasama dengan satuan pendidikan, misalnya : layanan umum (mushola, lapangan, kantor desa, dll) layanan kesehatan (puskesmas, posyandu, dll).

Kedua identifikasi tersebut untuk memudahkannya dapat digambarkan melalui peta konsep dengan beberapa layanan di satuan pendidikan anak usia dini.

Implementasi 5 layanan Paud Holistik Integratif yaitu:

1. Pengasuhan 

Layanan pengasuhan seperti P2k2s ( Pengasuhan Penuh Kesadaran dan Kasih Sayang) artinya apabila layanan ini dilakukan dengan hal tersebut maka pencapaian pertumbuhan dan perkembangan anak dapat optimal, tentunya melalui Trisentra Pendidikan.

2. Kesehatan dan Gizi

Merupakan layanan Paud yang bermitra dengan layanan Kesehatan dan Gizi seperti Posyandu, Puskesmas, Klinik, Rumah Sakit, dll. Seperti Pemeriksaan Ddtk (Deteksi Dini Tumbuh Kembang) anak usia dini.

Pemberian Vitamin, Vaksin, Pemeriksaan Gigi, stimulasi mencuci tangan yang baik dan benar, gosok gigi, dan masih banyak lagi bisa juga Parenting dengan mendatangkan ahli dalam bidang tersebut.

3. Pendidikan

Maksudnya setiap jenjang Paud baik formal, non formal, informal memiliki mitra yaitu Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota pada masing-masing daerahnya untuk bersinergi dalam meningkatkan mutu layanan sekolahnya masing-masing.

Ketika Diklat Peningkatan Kapasitas Pendidik Paud Holistik Integratif kemarin saya mencantumkan layanan kerjasama dalam bidang Pendidikan, diantaranya Tatanen di Bale Atikan jenjang Paud dan praktek baik di satuan pendidikan.

Praktek baik misalnya melalui program atikan kesundaan beas kaheman yang menggunakan 'kanjut kundang' salah satu implementasinya adalah minim sampah/sisa anorganik juga sebagai penerapan kepedulian dan kesadaran sosial sebagai jawaban dari 'Social Divide' dalam 3 Jurang Kesenjangan dalam Urgensi Tatanen di Bale Atikan (Tdba).

Tatanen di Bale Atikan merupakan salah satu pilar bunga pendidikan karakter Purwakarta istimewa, tercantum dalam Peraturan Bupati nomor 103 Tahun 2021 tentang Tatanen di Bale Atikan dan Peraturan Daerah nomor 9 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Pendidikan di Kabupaten Purwakarta.

Pendidikan Karakter dalam Peraturan Bupati Purwakarta nomor 69 Tahun 2015 ternyata tidak jauh dari Peraturan Presiden nomor 60 Tahun 2013 tentang Layanan Paud Holistik Integratif.

Jadi keduanya memiliki sinergi yang sangat tinggi dan menjadi acuan dan dasar hukum program pendidikan karakter melalui layanan mitra bidang Pendidikan melalui Dinas Pendidikan dengan Satuan Pendidikan.

4. Perlindungan

Dalam pelaksanaannya hal ini terintegrasi dengan layanan Sekolah Ramah Anak yang juga ada dalam Bunga Pendidikan Karakter Purwakarta Istimewa. Hal ini adalah memberikan keamanan, ketentraman, kenyamanan bagi anak usia dini. 

Seperti lingkungan/properti ramah anak, penggunaan Alat Peraga Edukatif ramah anak yang menciptakan kondisi warga belajar yang ramah anak juga, dan lain sebagainya.

5. Kesejahteraan

Misalnya membantu orang tua mengurus KIA (Kartu Identitas Anak) dan Akta Kelahiran Anak yang memang saya sendiri merupakan pelaku dalam membantu mengenai hal tersebut.

Urgensi 5 Layanan Paud Holistik Integratif di Kabupaten Purwakarta

Kaitannya dengan kebijakan pendidikan jenjang Paud di Purwakarta adalah dengan hidup berkesadaran sejak usia dini, dimana anak mulai belajar berbakti pada dirinya, pada sesama, pada alam (Tribakti).

Konsep tersebut di atas merupakan salah satu program dari pemerintah daerah kabupaten Purwakarta dan Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Tatanen di Bale Atikan dan Implementasi Merdeka Bermain Melalui Desain Pembelajaran Berbasis Pancaniti serta Proyek P5 Berbasis Tatanen di Bale Atikan. 

Ketiganya dalam proses penyusunan Tim Pengembang Paud yang saya sendiri berada di dalamnya, menyusun Panduan dan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan juga dinaungi oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta yang telah mendapatkan pengakuan dan Penghargaan pendidikan versi Unesco.

Masih banyak lagi yang ingin saya tuangkan pemikiran-pemikiran yang saya dapatkan di Peningkatan Kompetensi Pendidik Paud Holistik Integratif melalui blog K ini, bekerjasama antara Seameo Ceccep, International Women University dan Universitas Pendidikan Indonesia, semoga tetap dapat konsisten menulis ditengah kesibukan, Ciee! So! Sibuk! Hehehe....

Salam Cinta Anak Usia Dini

Hana Marita Sofianti

Purwakarta, 21 Nopember 2023

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun