Mohon tunggu...
Hana Lutfiyah Febriani
Hana Lutfiyah Febriani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Universitas Teknologi Digital, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Analisis Perilaku Konsumtif dan Daya Beli Konsumen dalam keputusan Pembelian Produk Kecantikan Secara Flash Sale Pada aplikasi shopee

1 November 2024   16:08 Diperbarui: 1 November 2024   16:30 187
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber gambar peneliti 2024

BAB II 

TINJAUAN PUSTAKA

2.1       Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penetapan harga, promosi, dan distribusi ide, barang, dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan individu dan organisasi. Menurut Philip Kotler dan Kevin Lane Keller (2022) Manajemen pemasaran adalah seni dan ilmu memilih pasar sasaran dan meraih, mempertahankan, serta menumbuhkan pelanggan dengan menciptakan, menghantarkan, dan mengkomunikasikan nilai pelanggan yang unggul. Menurut Malcom McDonald dan Hugh Wilson (2021) Manajemen pemasaran adalah proses yang melibatkan analisis, perencanaan, implementasi dan pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan, membangun dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan target pembeli demi mencapai tujuan organisasi.

Menurut Mark Ritson (2023) Manajemen pemasaran modern adalah tentang memahami pelanggan secara mendalam, menciptakan proposisi nilai yang unik, dan mengkomunikasikannya melalui saluran yang tepat untuk membangun hubungan jangka panjang dan menghasilkan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Pemasaran adalah serangkaian aktivitas strategis yang dilakukan oleh suatu organisasi untuk menciptakan, mengkomunikasikan, dan menyampaikan nilai kepada pelanggan serta mengelola hubungan dengan mereka. Proses ini melibatkan identifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen, pengembangan produk atau jasa yang sesuai, penetapan harga yang kompetitif, serta distribusi dan promosi yang efektif. Tujuan utama pemasaran adalah untuk menarik pelanggan baru dengan menjanjikan nilai superior dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada dengan memberikan kepuasan.

2.1.1    Strategi Manajemen Pemasaran

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya tentang pengertian manajemen pemasaran. Maka dari itu, diperlukan strategi manajemen pemasaran yang tepat dan berkualitas untuk bisa mencapai target perusahaan. Berikut beberapa strategi manajemen pemasaran yang bisa Anda lakukan:

1) Menentukan KPI (Key Performance Indicator)

Strategi manajemen pemasaran yang pertama adalah dengan menentukan KPI. Tujuannya adalah agar divisi pemasaran bisa memberikan hasil yang efektif dan memuaskan. Anda bisa menentukan KPI yang transparan, terukur, dan tentunya tepat untuk dilakukan.

2) Mengidentifikasi Target Pasar

Strategi manajemen pemasaran selanjutnya adalah melakukan identifikasi pada target pasar perusahaan. Hal ini menjadi salah satu tugas manajemen pemasaran yang tidak boleh diabaikan agar kegiatan pemasaran yang dilakukan bisa tepat sasaran dan memberikan hasil yang diinginkan.

3) Analisis Data

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
  13. 13
  14. 14
  15. 15
  16. 16
  17. 17
  18. 18
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun