Mohon tunggu...
Halima Maysaroh
Halima Maysaroh Mohon Tunggu... Guru - PNS at SMP PGRI Mako

Halima Maysaroh, S. Pd., Gr. IG/Threads: @hamays_official. Pseudonym: Ha Mays. The writer of Ekamatra Sajak, Asmaraloka Biru, Sang Kala, Priangga, Prima, Suaka Margacinta, Bhinneka Asa, Suryakanta Pulau Buru

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Peran Kepala Sekolah dalam Pengelolaan Sumber Daya atau Aset Sekolah

26 Februari 2024   12:35 Diperbarui: 26 Februari 2024   12:36 3580
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bakat murid merupakan aset manusia (dokumentasi pribadi)

Sekolah adalah suatu ekosistem terstruktur dalam dunia pendidikan formal. Disebut ekosistem sebab terdiri dari beberapa komponen kehidupan. Baik komponen biotik maupun abiotik. Komponen biotik atau hidup terdiri dari semua manusia yang berperan di sekolah seperti kepala sekolah, guru, murid, penjaga sekolah, satpam, orang tua, tim administrasi dan lain-lain. Sedangkan komponen abiotik atau tak hidup dapat berupa bangunan, kebutuhan finansial operasional sekolah, lingkungan dan lain-lain. Semua komponen tersebut merupakan aset/modal atau sumber daya yang dimiliki.

Sumber daya secara bendawi dan sumber daya manusia tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk pembelajaran murid yang lebih berkualitas. Sumber daya atau aset sesungguhnya bukan hanya fasilitas yang ada di dalam sekolah berupa benda-benda saja. Lingkungan dan fasilitas sekitar sekolah juga berperan penting dalam menunjang pembelajaran.

Pemimpin pembelajaran yang mampu mengidentifikasi aset atau sumber daya

Langkah paling awal yang harus dilakukan seorang kepala sekolah dalam pemanfaatan aset adalah mengidentifikasi aset-aset yang dimiliki sekolah. Terkadang seorang pemimpin lalai dalam memaksimalkan aset dalam pembelajaran sebab tidak teridentifikasi dengan baik.

Mengindentifikasi aset berdasarkan jenis aset yang dimiliki

Seorang pemimpin suatu lembaga harus memiliki kompetensi dalam mengidentifikasi aset yang telah ada. Berikut contoh cara mengidentifikasi aset atau sumber daya yang ada di sekolah:

  • Aset/ Modal Manusia

1. Kepala Dinas

Pendidikan S1, pernah menjadi kepala sekolah dan pengawas sekolah.

2. Pengawas Sekolah

Pendidikan S1, pernah menjabat sebagai kepala sekolah.

3. Kepala Sekolah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun