Mohon tunggu...
Hajrah
Hajrah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Universitas Sains Islam Al Mawaddah Warrahmah Kolaka

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Contoh Kasus Manajemen Strategi (Perusahaan McDonald's)

27 Desember 2023   22:21 Diperbarui: 27 Desember 2023   22:29 2321
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

BAB II 

PEMBAHASAN

A. SEJARAH PERUSAHAAN MCDONALD'S

1. McDonald's Internasional

Restoran ini didirikan di Pasadena Timur pada tahun 1937 oleh Richard dan Maurice McDonald. Saat itu, McDonald's merupakan restoran drive-thni dan tren drive-thru berkembang pesat. bangunan restoran berbentuk segi delapan dan menyuguhkan. pemandangan dapur. Tidak ada kursi yang tersedia di dalam restoran. Setelah itu, saudara- saudara berencana untuk mengembangkan lebih lanjut restorannya yang saat itu sudah sangat sukses dan menguntungkan. Fokus pengembangannya pada kecepatan pelayanan diharapkan dapat meningkatkan volume pembelian konsumen. Konsep utamanya adalah kecepatan, harga murah, dan volume.

Restoran ini juga mempunyai logo tersendiri yaitu Zoty Luk Logo ini dirancang oleh George Dexter, seorang desainer lampu neon. Logo ini menampilkan warna kuning muda dan bentuk yang sederhana sehingga mudah diingat dan secara tidak langsung merujuk puda huruf "M" pada McDonald's. Pada saat itu, terdapat persaingan yang ketat dalam industri drive-thru, dan McDonald's bersaudara berjuang untuk mengatur dan memobilisasi semua yang mereka butuhkan untuk mengembangkan bisnis mereka. Dan kemudian, di sebuah pertemuan, mereka bertemu dengan seorang pria bernama Ray Kroc. Ray Kroc-lah yang membantu saudara-saudara McDonald's membangun bisnis ini. Oleh karena itu, salah jika berasumsi bahwa Ray Kroc adalah pendiri asli McDonald's. Restoran McDonald's yang pertama bukanlah restoran McDonald's yang pertama. Ray Kroc kemudian mendirikan, restoran dengan konsep fast food,

Sekitar tahun 1955. Ray Kroc mulai mewaralabakan produk McDonald's, dan untuk pertama kalinya, sebuah perusahaan makanan cepat saji di San Bernardino, California menggunakan sistem waralaba tersebut. Sistem waralaba ini mempunyai bentuk yang mirip dengan yang ada ini, yaitu H. rencana yang dikembangkan dengan cermat dan didokumentasikan secara lengkap dengan kontrak rinci antara perusahaan, dalam hal ini McDonald's, dan perusahaan yang mengadakan kemitraan waralaba. Pada tahun 1950-an dan 1960-an, hamburger McDonald's, sebuah produk makanan cepat saji, dijual melalui penjualan langsung. Bisnis waralaba McDonald's berkembang ke berbagai wilayah dan negara bagian. Oleh karena itu, Kroc memanfaatkan Standard Observation Checklist untuk memproduksi burger dengan spesifikasi yang sangat ketat, antara lain kandungan lemak kurang dari 19%, berat 1,6 ons, diameter 3,873 inci, dan satu potong bawang bombay. 0,23. ons

Selain pendekatan strategisnya terhadap industri, Kroc juga menyediakan sistem operasional kepada mitra barunya. Sistem ini memastikan bahwa semua produk yang disajikan identik. Oleh karena itu, kita harus menunjukkan profesionalisme. Dalam paradigma baru, setiap operator dan cabang berperilaku layaknya manajer pabrik yang harus menerapkan manajemen profesional. Maka pada tahun 1961, Kroc memulai program. pelatihan di restoran barunya di Elk Village, Illinois, yang kemudian diberi nama Universitas Hamburger. Di sana, pewaralaba dan operator dilatih dalam menjalankan restoran yang sukses serta aspek operasional kualitas, pelayanan, kebersihan, dan nilai-nilai McDonald's

Pada tahun 1960, Ray Kroc telah membuka 200 restoran di Amerika Serikat. Sebagai imbalannya, Ray Kroc membeli saham perusahaan tersebut dari McDonald's bersaudara padat tahun 1961 dengan harga hampir $3 juta. McDonald's, sebuah perusahaan makanan cepat saji, terus memperluas jaringan waralabanya di lebih dari 60 negara. Saat ini, McDonald's Corporation, pewaralaba, dan anak perusahaannya mengoperasikan lebih dari 14.000 restoran. McDonald's melayani lebih dari 22 juta orang setiap hari, atau sekitar 14.000 tamu per menit. Tidak ada keraguan bahwa McDonald's adalah perusahaan makanan terbesar di dunia.

2. McDonald's Indonesia.

Restoran McDonald's telah hadir di Indonesia sejak tahun 1991 dan merupakan McDonald's ke-70 di dunia. H. Bambang N. Rahmadi MSc MBA telah mengalahkan 13.000 pesaing untuk menjadi orang Indonesia pertama yang memenangkan hak master waralaba untuk McDonald's Corporation. Saat ini beliau menjahat sebagai Presiden dan Direktur McDonald's Indonesia. H Bambang Rahetmadi MSc MBA membuka restoran pertamanya di Sarina Jakarta. Ia harus menyelesaikan pelatihan satu tahun di Australia, Amerika Serikat, Malaysia, dan Singapura. Dalam pelatihan ini, peserta melakukan tugas-tugas sederhana seperti membersihkan toilet di toko McDonald's, serta tugas-tugas administratif yang mereka praktikkan di Indonesia. Pada tanggal 22 Februari 1991, restoran. McDonald's di Salina Thamrin, Jakarta dibuka dengan 460 karyawan dan 26 manajer. Perkembangan McDonald's Indonesia dalam sepuluh tahun terakhir dinilai sangat pesat. Saat ini McDonald's Indonesia memiliki 109 restoran dan total karyawan kurang lebih 8.000 orang yang sebagian besar merupakan lulusan perguruan tinggi.

B. VISI, MISI DAN TUJUAN PERUSAHAAN MCDONALD'S

1. Visi Perusahaan

Tujuan utama McDonald's, baik cabang internasional maupun Indonesia, adalah menjadi restoran cepat saji terbaik dunia (restoran cepat saji paling berpengalaman, tercepat, dan di dunia). McDonald's yang terbaik

  • Dalam kasus McDonald's. Menjadi yang terbaik berarti Golden Arches dihargai dan dicintai di seluruh dunia.
  • Untuk pelanggan. Menjadi yang terbaik berarti memberikan layanan pelanggan yang selaras dengan QSC&V, memungkinkan pelanggan menikmati produk unik McDonald's setiap kali mengunjungi restoran, dan memberikan pengalaman McDonald's yang membuat pelanggan tersenyum.
  • Untuk komunitas. Mengenai McDonald's, perusahaan ini memiliki ciri aktivitas dan tanggung jawab sosial tingkat tinggi, jadi menjadi yang terbaik berarti bangga atas kehadirannya di komunitas Anda. Berkat McDonald's, dunia menjadi tempat yang lebih baik.
  • Untuk komunitas, Tentang McDonald's. McDonald's adalah perusahaan yang memiliki ciri aktivitas dan tanggung jawab sosial tingkat tinggi, jadi menjadi yang terbaik berarti bangga atas kehadirannya di lingkungan Anda. Dunia menjadi tempat yang lebih baik berkat McDonald's.
  • Menjadi yang terbaik berarti memberikan kesempatan, kompensasi yang baik, pengembangan dan pelatihan profesional, serta pekerjaan yang bermakna bagi seluruh karyawan.
  • Untuk Pemasok. Menjadi yang terbaik berarti investasinya akan menguntungkan. bersama McDonald's dan dia akan menjadi mitra terbaik dalam bisnis ini
  • Untuk Pemegang Saham. Menjadi yang terbaik berarti tumbuh dengan keunggulan terbaik dan tertinggi di industri.
  • Untuk Mitra Aliansi. Menjadi yang terbaik berarti McDonald's bermitra dengan. organisasi-organisasi berkualitas tinggi dan terkenal di dunia seperti Coca-Cola, Disney, dan Olimpiade untuk memperluas kemitraan dan mempertahankan posisi kepemimpinan McDonald's.

2. Misi perusahaan

Misi McDonald's, baik McDonald's Internasional maupun McDonald's Indonesia, adalah "memahami misi kami dan bagaimana kami dapat mencapainya di restoran McDonald's".

3. Tujuan perusahaan

Tujuan dari McDonald's, McDonald's Internasional, dan McDonald's Indonesia adalah:

  • Ini adalah sistem yang dapat menyediakan layanan makanan ke lebih dari 50.000 restoran di seluruh dunia.
  • Merek McDonald's berdampak pada semua orang, kapan pun dan di mana pun kita berbisnis.
  • McDonald's adalah tempat yang baik untuk bekerja bagi semua orang di dunia.
  • Sebuah restoran yang membuat setiap pelanggan tersenyum dan merasa istimewa.
  • Makanan terbaik di kelasnya dengan presentasi spesial dan menu bervariasi.
  • Organisasi yang menjaga hubungan kerja yang kuat dan baik antara pemilik, pemasok, dan dunia bisnis.
  • Merek sukses yang berkomitmen kepada pemilik, pemasok, dan perusahaan

C. MARKETING MIX PERUSAHAAN MCDONALD'S

Kunci kesuksesan McDonald's terletak pada strategi bauran pemasaran 4P yang meliputi produk, harga, tempat, dan promosi.

1. Produk

Produk McDonald's secara konsisten dan disesuaikan dengan budaya dan selera. masyarakat setempat, sehingga memungkinkan McDonald's bersaing dengan restoran lain di seluruh dunia. Produk-produk McDonald's dikenal luas di seluruh dunia, hal ini juga disebabkan oleh konsistensi menu yang dikelola oleh McDonald's.

2. price

McDonald's menekankan pada penetapan harga ketika memasarkan produknya. Harga yang diberikan berdasarkan kuantitas. Di Indonesia, produk Big Mac terlalu mahal untuk bersaing, namun McDonald's ingin lebih memahami kecintaan masyarakat Indonesia terhadap ayam, sehingga menciptakan menu burger ayam yang lebih murah.

3. Place

di Amerika Serikat atau di negara lain, restoran McDonald's selalu berlokasi strategis. Dekat dengan jalan utama, pusat perbelanjaan dan gedung perkantoran. Lokasi yang strategis mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat pelanggan untuk mengunjungi McDonald's.

4. Promotion

Periklanan selalu memainkan peranan penting dalam kesuksesan McDonald's, baik di Amerika Serikat maupun di negara lain. Logo lengkungan emas, karakter Ronald McDonald, dan slogan "I'm Lovin' It" sukses membuat McDonald's dikenal masyarakat di seluruh dunia.

D. ANALISIS SWOT PEMASARAN MCDONALD'S

Beberapa upaya dan keunggulan McDonald's untuk mempertahankan kehadirannya dan bersaing di pasar global terkait dengan analisis SWOT

1. Strengths.

Setiap gerai McDonald's diposisikan secara strategis untuk memudahkan akses pelanggan setiap saat. Jadi tidak ada restoran McDonald's yang tidak sukses karena lokasinya yang kurang strategis. Manajer McDonald's adalah profesional (kecuali di dapur, yang bisa diambil alih oleh karyawan baru). Ray Kroc mendirikan lembaga pendidikan bernama Universitas Hamburger di Elk Village, Illinois. Lembaga ini diciptakan khusus untuk melatih para manajer masa depan McDonald's.Di sana, pewaralaba dan operator dilatih metode ilmiah menjalankan restoran yang sukses dan dilatih metode ilmiah menjalankan restoran sukses dan manajemen McDonald's dalam bentuk Kualitas, Pelayanan, Kebersihan, Nilai (Quality. Service, Cleanliness, Nilai ) dilatih dalam aspek-aspeknya

Sistem Operasi Internasional McDonald's adalah perusahaan waralaba. Penerima. waralaba harus setuju untuk beroperasi dalam kondisi ketat yang memastikan mereka mendedikasikan energinya untuk mengoperasikan satu atau dua lokasi waralaba. McDonald's memutuskan dari mana sumber buhannya, cara menyiapkannya, caru mengiklankannya, dan harga setiap item menu. Jadi tidak ada perbedaan antara restoran McDonald's yang satu dengan restoran lainnya

McDonald's juga memiliki beberapa penawaran menarik. Kampanye iklan "Like" McDonald's berhasil memikat pelanggan. McDonald's memperkenalkan karakter badut "Donald McDonald" untuk anak-anak, yang juga diterima dengan baik oleh anak-anak. Logo McDonald's yang sederhana dengan lengkungan ikonik berwarna kuning dan emas sangat berkesan dan saat ini menjadi salah satu logo yang paling dikenal di dunia. Logo lengkungan emas telah menjadi sinonim dengan McDonald's dan berfungsi sebagai ukuran popularitas McDonald's di kalangan masyarakat di seluruh dunia.

Untuk bersaing di pasar Indonesia, McDonald's membedakan segmennya dengan gerai makanan cepat saji lain yang sudah ada. McDonald's fokus pada kelas menengah atas. Hal ini terlihat dari penetapan harga menu dan tempat makan di McDonald's yang eksklusif dibandingkan KFC yang menyasar masyarakat kelas menengah ke bawah. Dengan cara ini, McDonald's akan memiliki pasarnya sendiri. McDonald's juga menjalin kerjasama dengan perusahaan besar lainnya seperti Coca-Cola. Kolaborasi ini secara signifikan memperkuat McDonald's.

2. Weakness

Meski sukses dan menyandang posisi sebagai restoran cepat saji ternama di dunia, McDonald's masih memiliki beberapa kelemahan. Hal yang paling mencolok adalah nilai gizi yang terkandung pada setiap item menunya. Menu makanan dan minuman. yang ditawarkan McDonald's diyakini sangat rendah nutrisi dan tinggi kolesterol, serta dapat menimbulkan berbagai penyakit seperti obesitas dan penyakit jantung. Produk andalan McDonald's, fast food, identik dengan gaya hidup yang tidak sehat, sehingga banyak pelanggan yang membatasi atau menghindari konsumsi produk McDonald's di restoran cepat saji.

Selain nilai gizi makanan tersebut, kelemahan McDonald's adalah harganya yang masih belum terjangkau oleh semua orang, terutama di Indonesia yang pendapatan perkapitanya masih tergolong rendah. Selain itu, mantra McDonald's mengenai menu standar membatasi inovasi menu baru. Hal ini dapat menyebabkan pelanggan bosan dan. pindah ke restoran lain.

3. Oppurtunites

  • Pelaku bisnis juga dapat berjualan secara online untuk memberikan kenyamanan lebih kepada pelanggannya dan menambahkan fitur pada layanannya.
  • Ubah kebiasaan makan Anda menjadi lebih sehat
  • Terus meningkatkan pangsa pasar, di kalangan kelompok muda dan tua
  • Menggunakan dan melestarikan bahan-bahan alami sebagai bagian dari strategi pemasaran dan periklanan Anda.
  • Menciptakan produk baru. Terus memanfaatkan teknologi untuk memengaruhi strategi pendapatan. B. Mengirim pesanan khusus melalui pesan instan.

4. Thearts

  • Nilai mata uang asing bisa berbeda-beda.
  • Industri makanan cepat saji merupakan industri yang sangat kompetitif sehingga persaingannya sangat tinggi
  • Berbagai pihak berkomitmen terhadap isu fast food dan obesitas.
  • Makanan cepat saji tidak sehat bagi konsumen yang sadar gizi.
  • Terdapat ancaman dari pesaing lokal di beberapa negara.
  • Sektor ini semakin matang dan cepat menjadi jenuh.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun