Jika Hari Pendidikan hanya dihiasi oleh kegiatan ceremonial, kuliah umum, seminar dan sejenisnya, maka dapat dikatakan penyelenggaraan Pendidikan hanya sekedar ceremonial - HBR
Gempita perayaan hari Pendidikan Nasional, memang begitu terasa hampir di setiap tahunnya, sehingga menimmbulkan pertanyaan dipikiran saya bahwa, apakah tujuan Pendidikan di negeri ini telah selesai dituntaskan ? atau ini hanya sebatas euphoria sejenak setelah capaian- capaian kecil pendidikan di Indonesia tercapai atau mungkin ini bentuk penghargaan kepada tokoh Pendidikan bangsa ini yang telah berjuang meletakkan fondasi pendidikan di negeri ini.
Saya hanya menerka-nerka saja, apa makna ceremonial hari Pendidikan yang kita rayakan sekarang, takutnya, penetapan 2 mei sebagai hari Pendidikan Nasional, hanya sebatas cerimonial saja, maka penyelenggaraan Pendidikan sehari-hari kita hanya sebatas ceremonial juga. Yang hanya bicara tentang upacara bendera, seminar, kuliah umum, lama belajar,
Padahal pendidikan begitu penting bagi setiap individu, Begitu pentingnya Pendidikan, bahkan Rasulullah SAW menyeru kepada umatnya untuk belajarlah dari buaian hingga liang lahat atau belajarlah sampai ke negeri China (Tiongkok). Terlepas apakah hadits itu sahih atau bukan, akan tetapi makna perkataan tersebut mengandung urgent nya Pendidikan bagi setiap insan.
Saya termasuk orang yang percaya bahwa Pendidikan merupakan akselerator perubahan status seseorang di masyarakat, yaitu dengan Pendidikan (keilmuannya) seseorang mampu memperoleh pekerjaan (penghasilan) yang layak sehingga mampu meningkatkan status sosialnya. Tapi kali ini saya harus berpikir ulang, karena kalo penyelenggaraannya hanya sebatas ceremonial maka bisa dipastikan itu hanya membentuk manusia yang serba ceremonial juga. Dan  saya kurang yakin apakah para penyelenggara menyadari hal ini sebagai masalah atau tidak, tapi jika saya tanya pada anda semua apakah pendidikan kita hari ini bermasalah ?
Saya yakin anda semua, pasti menjawab yang sama dengan saya, karena kita memiliki sense of belonging yang besar terhadap negeri ini. Begitu banyak Problematika penyelenggaraan Pendidikan kita hari ini, mulai dari tingkat partisipasi pendidikan masih rendah, kurikulum yang tidak ajeg, roadmap pendidikan yang tidak terkonsep dengan matang, minat baca kita rendah, biaya Pendidikan yang mahal, sarana pendiidkan yang masih kurang baik , kualitas pengajar yang masih diluar ekspetasi bahkan gaji guru yang jauh dari kata manusiawi dan masalah lain sebagainya dan mayoritas masalah tersebut ada di ranah pendiidkan tinggi atau Universitas.
Universitas kita
Universitas merupakan tempat para calon pemimpin bangsa di masa depan di didik dan di dadak. hampir semua pemimpin dan creator perubahan negeri ini pernah menikmati bangku perkuliahan, walaupun ada pemimpin bangsa ini tidak merasakan bangku perkuliahan formal seperti Menteri Kelautan dan perikanan kita, Bu Susi Pudjiastuti. Tapi Beliau adalah satu dari sekian banyak orang special di negeri ini.
Pada abad ke-21 ini, universitas-universitas di Indonesia semakin tidak bertaring di kancah Asia, hal ini disebabkan karena kurangnya inovasi dalam banyak hal. Program studi dan fakultasnya itu-itu saja, mata kuliah dan materi yang diajarkan dari waktu ke waktu juga tidak banyak berubah, bahkan tidak ada yang baru (mengikuti perkembangan zaman). Pengajarnya hanya berasal dari situ-situ saja, dengan jenjang karir yang protektif, kurang kompetitif, bahkan menyapu bersih lawan politik atau berdeda background organisasi, sehingga kurang mendorong daya inovasi.
Banyak kampus di dalam negeri kita terdengar bagus, tetapi dunia Akademiknya terbelenggu dengan aturan yang kaku dan terjebak dalam birokrasi administratif belaka. Investasi terhadap teknologi selalu ketinggalan. Bahkan riset-riset yang dilakukan hanya menjadi kumpulan kertas yang hanya menghiasi lemari-lemari perpustakaan, yang sangat minim menghiasi kehidupan masyarakat.
Sementara itu, negara tetangga kita, yang secara historis pernah berguru dan mengimpor guru ke negaranya mampu menempatkan 5 universitasnya dalam daftar 50 universitas terbaik Asia versi QS tahun 2018, yaitu Universiti Malaya (UM), Universiti Putra Malaya (UPM), Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM), Universiti Sains Malaysia dan Universiti Teknologi Malaysia (UTM). Hal ini dikarenakan, semakin terbukanya kampus-kampus di Malaysia untuk menerima dosen dan mahasiswa mancanegara.