Mohon tunggu...
hafidz fairuza
hafidz fairuza Mohon Tunggu... Guru - Guru

Senang Bisa Membantu

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Membangun Sekolah Unggul Merajut Kepemimpinan dan Manajemen Efektif dalam Dunia Pendidikan

21 Juli 2024   13:09 Diperbarui: 21 Juli 2024   13:09 21
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Membangun Sekolah UnggulMerajut Kepemimpinan dan Manajemen Efektif dalam Dunia Pendidikan

Rudi Setiawan (Mahasiswa Pascasarjana Univ. Al Qolam)

Dr. K. Muhammad Husni, M.Pd.I (Dosen Pascasarjana)

Pendahuluan

Di era globalisasi yang penuh dengan kompetisi, kualitas pendidikan menjadi salah satu kunci utama kemajuan bangsa. Lahirnya sekolah-sekolah unggul yang mampu melahirkan generasi muda berprestasi dan berkarakter mulia menjadi dambaan banyak pihak. Namun, membangun sekolah unggul bukan perkara mudah. Diperlukan kepemimpinan dan manajemen yang efektif untuk mengantarkan sekolah mencapai puncak kejayaannya.

Kepemimpinan sangat berkaitan dengan manajemen pendidikan Islam. Lembaga pendidikan memiliki seorang pemimpin yang bertanggung jawab atas operasinya. Lembaga maju atau tidak bergantung pada pemimpinnya. Kepemimpinan sangat penting dalam suatu organisasi karena merekalah yang akan menggerakkan dan mengarahkan organisasi untuk mencapai tujuannya. 

Pemimpin dewasa ini dibutuhkan untuk memimpin dan menjadi teladan bagi bawahannya untuk melakukan perubahan ke arah yang baik. Kepemimpinan selalu berubah dan berkembang, jadi banyak konsep gaya kepemimpinan yang berkembang.

Salah satu firman Allah yang artinya adalah, "Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat, "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan khalifah di bumi. "Apakah Engkau hendak menjadikan orang yang merusak dan menumpahkan darah di sana, sedangkan kami bertasbih, memuji-Mu, dan menyucikan nama-Mu?" kata mereka. 

Dia berkata, "Aku lebih mengetahui daripada yang kamu ketahui." Dalam ayat ini, al-Shabuni menjelaskan dalam kitab tafsirnya "Shafwah al- Tafasir: Tafsir li Al-qur'an al-Karim" bahwa Nabi Adam a.s. dan kaum-kaum sesudahnya diciptakan dan diangkat sebagai khalifah untuk menggantikan peran Allah dalam melaksanakan hukum-hukumNya.

Kepemimpinan dalam Islam tidak hanya mencapai tujuan. Walau bagaimanapun, semua aspek yang terlibat dalam proses mencapai tujuan tersebut termasuk dalam kepemimpinan dalam Islam, termasuk apakah metode yang digunakan sesuai dengan syariat atau tidak. Oleh karena itu, kepemimpinan dalam Islam berarti memimpin semua aspek kehidupan dengan berpedoman pada Al-Qur'an dan Hadits. Ini menunjukkan bahwa ada perbedaan antara kepemimpinan yang dianut oleh aliran barat dan yang dianut oleh kepemimpinan Islam karena yang pertama mengacu pada mengarahkan dan mempengaruhi orang lain dengan cara yang baik dan untuk tujuan yang baik dalam rangka memperoleh ridho Allah.

Indonesia telah menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui berbagai kebijakan dan program. Namun, kenyataannya masih banyak sekolah yang tertinggal dalam hal prestasi dan mutu pendidikan. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, seperti:

a)Keterbatasan sarana dan prasarana

b)Kekurangan tenaga pengajar yang berkualitas

c)Kurangnya inovasi dan kreativitas dalam pembelajaran

d)Manajemen sekolah yang belum efektif

Kurangnya sekolah unggul di Indonesia dapat dilihat dari beberapa indikator, seperti:

a)Nilai rata-rata Ujian Nasional (UN) yang masih rendah dibandingkan dengan negara-negara lain di Asia Tenggara.

b)Kurangnya minat siswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi

c)Banyaknya lulusan sekolah yang tidak siap kerja

d)Rendahnya daya saing lulusan sekolah di pasar global

Membangun sekolah unggul bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tapi juga seluruh elemen masyarakat. Oleh karena itu, membahas tentang kepemimpinan dan manajemen yang efektif dalam dunia pendidikan menjadi sangat penting. Dengan kepemimpinan dan manajemen yang efektif, sekolah dapat:

a)Meningkatkan mutu pembelajaran

b)Meningkatkan prestasi siswa

c)Mengembangkan karakter siswa

d)Mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan global

e)Menciptakan sekolah yang kondusif dan menyenangkan bagi siswa

Membangun sekolah unggul adalah investasi untuk masa depan bangsa. Dengan memiliki generasi muda yang berkualitas dan berkarakter mulia, Indonesia akan mampu bersaing di kancah global dan mencapai kemajuan yang gemilang. Oleh karena itu, marilah kita bersama-sama bergandengan tangan untuk membangun sekolah unggul di Indonesia.

Pembahasan

Membangun sekolah unggul bagaikan merajut benang-benang halus menjadi sebuah kain yang indah dan kokoh. Kepemimpinan dan manajemen yang efektif menjadi dua benang inti yang saling terkait erat dalam proses ini.

Pemimpin sekolah bagaikan nahkoda yang mengarahkan kapal menuju tujuan. Kemampuannya dalam memotivasi, menginspirasi, dan membimbing para pemangku kepentingan di sekolah sangatlah krusial. Kepemimpinan transformasional yang berfokus pada visi dan misi bersama menjadi kunci untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan penuh semangat. Kepala sekolah harus mengikuti perkembangan di dunia pendidikan, jadi mereka harus mampu mengikuti perubahan kurikulum di Indonesia.

Di sisi lain, manajemen sekolah bagaikan sistem yang mengatur dan mengelola seluruh sumber daya yang ada di sekolah. Penerapan prinsip-prinsip manajemen yang efektif, seperti perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan, sangatlah penting untuk memastikan kelancaran proses belajar mengajar dan mencapai tujuan sekolah.

Kedua benang ini, kepemimpinan dan manajemen, tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Pemimpin yang efektif membutuhkan sistem manajemen yang baik untuk menjalankan visinya. Sebaliknya, manajemen yang efektif membutuhkan pemimpin yang kuat untuk mengarahkan dan memotivasi tim.

Kolaborasi antara pemimpin dan tim manajemen sekolah menjadi kunci utama dalam membangun sekolah unggul. Dengan bekerja sama secara sinergis, mereka dapat menciptakan lingkungan belajar yang optimal bagi para siswa untuk berkembang dan mencapai potensi terbaik mereka.

Contoh penerapan kepemimpinan dan manajemen yang efektif dapat dilihat di sekolah-sekolah unggul yang telah berhasil mencapai prestasi gemilang. Para pemimpin di sekolah-sekolah tersebut mampu menginspirasi para guru dan staf untuk memberikan pembelajaran yang berkualitas tinggi kepada para siswa.

Berbagai penelitian dan teori telah menunjukkan bahwa kepemimpinan dan manajemen yang efektif merupakan faktor penting dalam membangun sekolah unggul. Beberapa teori yang relevan dengan topik ini antara lain:

Teori Weber tentang kepemimpinan karismatik adalah dasar teori kepemimpinan transformasional. Menurutnya, otoritas seorang pemimpin karismatik bergantung pada kualitas luar biasa yang membedakan mereka dari yang lain. Pemimpin seperti ini sering muncul saat situasi sulit dan mendorong orang lain untuk mengikuti mereka; contohnya adalah Hitler, Martin Luther King, dan Mahatma Ghandi.

Teori kepemimpinan transformasional yang menekankan pada kemampuan pemimpin untuk menginspirasi dan memotivasi para pemangku kepentingan di sekolah untuk mencapai tujuan bersama.

Alternatif Pemecahan Masalah atau Solusi

Berdasarkan kajian literatur dan teori, berikut beberapa alternatif pemecahan masalah atau solusi untuk membangun sekolah unggul:

a.Memperkuat kepemimpinan sekolah dengan meningkatkan kompetensi dan kapabilitas kepala sekolah dan guru.

b.Meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menerapkan kurikulum yang inovatif dan berpusat pada siswa, serta menggunakan metode pembelajaran yang aktif dan kreatif.

c.Mengembangkan budaya sekolah yang positif dengan menanamkan nilai-nilai moral dan karakter mulia kepada siswa, serta menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan menyenangkan.

d.Memaksimalkan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam proses pembelajaran dan manajemen sekolah.

e.Membangun kerjasama yang kuat antara pihak sekolah, orang tua, dan masyarakat.

Kesimpulan

Membangun sekolah unggul merupakan dambaan banyak pihak. Keberhasilannya membutuhkan kepemimpinan dan manajemen yang efektif. Kajian literatur dan teori menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional, kepemimpinan situasional, dan manajemen sekolah yang efektif adalah kunci utama dalam membangun sekolah unggul.

Alternatif pemecahan masalah dan solusi yang dapat diterapkan antara lain:

a.Memperkuat kepemimpinan sekolah

b.Meningkatkan kualitas pembelajaran

c.Mengembangkan budaya sekolah yang positif

d.Memaksimalkan penggunaan TIK

e.Membangun kerjasama yang kuat

Saran

Berdasarkan pembahasan di atas, berikut beberapa saran untuk membangun sekolah unggul:

a.Pemerintah perlu memberikan dukungan yang lebih besar kepada sekolah-sekolah dalam hal pembiayaan, sarana prasarana, dan pengembangan sumber daya manusia.

b.Sekolah perlu meningkatkan kualitas kepemimpinan dan manajemen melalui pelatihan dan pengembangan berkelanjutan.

c.Guru perlu menerapkan metode pembelajaran yang inovatif dan kreatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

d.Orang tua dan masyarakat perlu terlibat aktif dalam mendukung program-program sekolah untuk membangun budaya sekolah yang positif.

Dengan menerapkan saran-saran di atas, diharapkan sekolah-sekolah di Indonesia dapat berkembang menjadi sekolah unggul yang mampu melahirkan generasi muda yang berkualitas dan berkarakter mulia.

DAFTAR PUSTAKA

Hamandia, Muhammad Randicha. "KARAKTERISTIK KEPEMIMPINAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM." Jurnal Komunikasi Islam Dan Kehumasan (JKPI) 5, no. 2 (2021). https://doi.org/10.19109/jkpi.v5i2.10982.

Qudsya, Haziratul, Sintia Maharani, and Yantoro Yantoro. "Kompetensi Kepemimpinan Pendidikan Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar." JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 6, no. 7 (2023). https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2367.

Rahayuning Tyas, Nashria. "MODEL KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN NABI MUHAMMAD SAW." Muslim Heritage 4, no. 2 (2019). https://doi.org/10.21154/muslimheritage.v4i2.1851.

Roni Harsoyo. "Teori Kepemimpinan Transformasional Bernard M. Bass Dan Aplikasinya Dalam Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Islam." Southeast Asian Journal of Islamic Education Management 3, no. 2 (2022). https://doi.org/10.21154/sajiem.v3i2.112.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun