Mohon tunggu...
Hadi Prasetio
Hadi Prasetio Mohon Tunggu... Administrasi - debut

Undergraduate Business Administration Faculty of administration science University of Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Money

Rencana Pengembangan Sandal Setapak

29 Mei 2019   21:01 Diperbarui: 29 Mei 2019   21:04 228
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Di zaman sekarang ini, fashion bukan saja hanya sebagai sesuatu yang dikenakan, melainkan telah menjadi gaya hidup dan saling berkompetisi satu dengan yang lainnya untuk menciptakan trend baru dari tahun ke tahunnya. Dari kepala hingga telapak kaki, saat ini telah menjadi objek fashion yang dimanfaatkan untuk menciptakan sebuah produk dengan value yang unik. Selain itu, mobilitas tinggi yang harus dihadapi dewasa ini membuat individu merasa ingin cepat, instan, namun tetap sedap dipandang mata dalam memilih sesuatu, tak terkecuali dalam pemilihan fashion pada umumnya.

Untuk menjawab kebutuhan atas mobilitas yang tinggi yang kemudian membuat individu ingin merasa instan dan tetap terlihat good looking, maka Setapak hadir menawarkan sebuah produk sandal yang tidak hanya sangat nyaman, mudah pada saat dipakai, dan memiliki bentuk desain yang up-to-date, namun juga memiliki value added dalam segi strap (tali kulit sandal) yang dapat dibongkar-pasang agar bisa menyesuaikan warna strap tersebut dengan outfit yang sedang atau yang akan dikenakan.

Berikut pengembangan yang setapak lakukan, sebagai berikut;

  1. Pengembangan dan Penambahan Varian Produk

Peningkatan kualitas yang dilakukan mulai dari pemilihan bahan yang  berkualitas untuk meningkatkan kualitas produk, mengawasi kinerja vendor dalam kegiatan produksi  sol serbuk kayu,  penyesuaian bahan untuk strap dan sol sandal,  pengembangan bahan strap, dan menciptakan model sandal yang dapat menyesuaikan pasar melalui riset pasar - memperbanyak pilihan dalam ukuran dan warna. 

Dalam melakukan pengembangan produk hal utama yang dilakukan ialah meningkatkan kualitas dari produk, dimulai dari pemilihan bahan insole, midsole dan outsole, bahan kulit untuk strap yang warna-warni, dan button.  Lalu, dalam proses produksi perlu adanya quality control tiap bagian yang sedang di proses produksi guna menjaga kualitas yang dihasilkan. Hal ini dilakukan agar buyers mendapatkan kenyamanan yang dari bahan dasar tersebut.

Penambahan varian produk, mulai dari pilihan ukuran, warna, dan model sandal. Melakukan produksi dengan menambah beberapa ukuran sandal, penambahan warna strap dan bahan strap dapat diganti dengan bahan kulit (polos atau bermotif), dan adanya varian model sandal lebih menarik untuk pria atau wanita dengan inovasi fleksibel stap yang dimiliki pada setiap model. Hal dilakukan dengan menciptakan model sandal yang menyesuaikan pasar melalui riset pasar agar dapat menyesuaikan tren atau menciptakan tren sandal.

Lebih lanjut pengembangan sandal setapak mengarah ke noble purpose guna mengurangi limbah serbuk kayu yang tidak diolah kembali. Pengembangan ini melakukan pengolahan limbah serbuk kayu menjadi bahan dasar sol sandal, dalam pembentukan sol tersebut menyesuaikan telapak kaki dan lapisan tertentu untuk menciptakan kenyamanan ketika digunakan. Secara keseluruhan bahan sandal mulai dari insole, midsole dan outsole, bahan kulit untuk strap, dan button dipilih berdasarkan kualitas terbaik untuk memberikan value bagi buyers.

  1. Pengembangan dan Penyesuaian Segmen Pelanggan

Untuk pengembangan dan penyesuaian segemen pelanggan sendiri, dimulai berdasarkan karakteristik dasar pelanggan atau demografis, untuk umur, sendal setapak dapat di pakai dari berbagai umur, kemudian dari jenis kelamin, produk sendal setapak ini juga bisa dipakai oleh  perempuan maupun laki-laki karena kita memproduksi dua jenis sendal yang berbeda, ada sendal yang khusus model laki-laki, dan ada model sendal yang khusus untuk perempuan. Namun untuk model sendal laki-laki sendiri memiliki ukuran yang realtif lebih besar dibanding yang model perempuan, namun untuk model sendal laki-laki juga bersifat unisex, yang artinya dapat di pakai dan cocok oleh perempuan dan laki-laki.

Kemudian segmentasi berdasarkan lokasi pemasaran produk kita pada saat ini hanya dipasarkan di daerah JABODETABEK, karena mempertimbangkan biaya produksi serta biaya logistik yang akan dikeluarkan nantinya. Namun dalam pengembangannya tentu saja untuk segmentasi berdasarkan lokasi, produk kami ingin dapat terjual dengan cakupan yang luas se Indonesia, dan bahkan dapat di impor keluar negeri. 

Selanjutnya untuk segmentasi berdasarkan psikografis, dari kelas sosial sendiri produk kita dijual masuk untuk masyarakat yang menengah kebawah karena harga dari produk yang kami tawarkan dengan para pesaing jauh lebih murah, dan tentunya dengan kualitas yang tidak kalah bagusnya. Jadi untuk kalangan masyarakat menengah keatas juga sudah pastinya cocok sebagai segmen produk kita karena produk ini memiliki model flatbed yang sedang di gandrungi oleh orang-orang yang memiliki gaya hidup simple dan juga terutama bagi orang-orang yang memiliki gaya hidup go-green.

Kemudian untuk yang terakhir, segmentasi berdasarkan kebermanfaatan produk yang kita jual sangat cocok untuk dipakai kepada orang yang peduli terhadap lingkungan sekitar karena produk kita berbahan dasar limbah serbuk kayu, yang dimana menjadi nilai tambah bagi produk kita sebagai produk yang ramah lingkungan. 

  1. Penyesuaian Value Proposition

Value Proposition adalah keunggulan pada produk sandal kami yang bermanfaat akan kenyamanannya. Value Proposition yang dimiliki oleh Setapak menggambarkan gabungan antara produk yang inovatif dan layanan secara maksimal bagi para pengguna kami. Produk sandal oleh Setapak memiliki Value Proposition antara lain:

  • Flexible Strap

Sandal Setapak memiliki Flexible Strap, Flexible Strap yang dimiliki oleh sandal Setapak adalah bisa dipasang dan dicopot kembali, serta variasi warna strap yang sesuai dengan warna kulit yang radiant. Sehingga, para pengguna sandal Setapak dapat membeli sandal dan strap secara langsung ataupun terpisah, apabila ingin memiliki warna strap yang berbeda.

     

  • Fashionable Model

Desain sandal yang dimiliki oleh Setapak mempunyai bentuk yang berbeda pada sandal umumnya yaitu bentuk tapak sandal yang mengikuti kontur kaki para penggunanya, dan model yang sangat mengikuti perkembangan zaman untuk menyesuaikan gaya hidup target pasar Setapak yaitu Masyarakat yang berusia 18-55 tahun. Kalangan dewasa merupakan target pasar yang sesuai untuk menggunakan sandal yang adaptif dan fashionable, karena dapat disesuaikan dengan outfit yang berbeda-beda digunakan oleh para penggunanya. 

  • Harga Terjangkau

Harga pada pasar model sandal ini bisa dibilang tinggi dari perbandingan dengan harga-harga sandal lainnya, disini kami menawarkan sandal kulit dengan desain yang fashionable dengan harga yang lebih terjangkau dengan nominal Rp 200.000 s/d Rp. 300.000, namun tetap memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan sandal flatbed lainnya. Pada realisasinya, harga yang kami tawarkan kepada para calon konsumen kami adalah Rp.239.000 namun pada saat business exhibition kami menetapkan potongan harga menjadi Rp.209.000

  • Nyaman dan Tahan Lama

Bahan dasar sandal Setapak adalah Rubber Sole (Karet), bahan ini merupakan bahan yang paling fleksibel, lentur dan tahan lama. Kenyamanan yang dimiliki sandal berasal dari bahan Rubber Sole yang telah dipilih oleh Tim Setapak sesuai dengan permintaan pasar melalui berbagai penelitian secara mendalam. Bahan yang telah ditentukan akan memberikan ciri khas yang lebih menarik dibanding sandal flatbed yang diproduksi pada umumnya. Pada realisasinya, kenyamanan juga terdapat pada pemakaian suede leather pada alas kaki sandal setapak yang membuat konsumen tertarik untuk membelinya.

  1. Pengembangan dan Penyesuaian Hubungan Pelanggan

Customer Relationship / Hubungan Pelanggan merupakan cara yang dilakukan untuk menjalin hubungan dengan pelanggan atau pengguna dari sebuah produk. Customer Relationship juga menggambarkan berbagai jenis hubungan yang dibangun oleh perusahaan bersamaan dengan segmentasi pelanggan yang spesifik. Setapak menerapkan Customer Relationship melalui Personal Assistance, yaitu suatu kegiatan dimana Setapak membentuk hubungan dengan para pengguna sandal Setapak melalui interaksi secara intensif. Personal Assistance yang dilakukan oleh Setapak adalah dengan memberikan pelayanan fast response customer service dari Official Account kami, agar memberikan pelayanan dan kepuasan bagi konsumen dalam berkonsultasi mengenai produk yang kami tawarkan. Selain itu, Setapak juga membangun customer relationship dengan Co-creation, dimana co-creation yang dimaksud adalah Setapak ikut menciptakan nilai bersama pelanggan melalui testimoni pengguna sandal Setapak, dan juga meminta masukan dan saran bagi pengembangan produk kedepannya.

  1. Pengembangan dan Penyesuaian Saluran Pemasaran

Saluran pemasaran dalam produk Setapak diawali dengan menggunakan saluran pemasaran langsung. Pada saluran pemasaran langsung Setapak akan menjual produk yang telah diproduksi langsung kepada konsumen, baik menggunakan platform online sebagai media penjualan ataupun menggunakan toko offline untuk menjual langsung kepada pelanggan agar pelanggan dapat merasakan langsung produk Setapak. Untuk pengembangannya saluran pemasaran Setapak akan dikembangkan menjadi saluran pemasaran tidak langsung. Dengan saluran pemasaran tidak langsung Setapak akan menaruh barang di beberapa toko yang akan menjadi tempat penjualan produk Setapak untuk dijual kepada konsumen. Dengan saluran pemasaran ini Setapak dapat menjangkau wilayah yang lebih luas untuk menarik pelanggan yang lebih banyak lagi. Tempat tempat yang menjadi tempat penjualan adalah pusat grosir yang menjadi pusat perbelanjaan.

  1. Penyesuaian Aktivitas Utama 

Aktivitas utama merupakan sebuah aktivitas kunci yang harus diketahui dan dilakukan oleh pembuat bisnis agar produk yang dihasilkan dapat berjalan dengan baik. Setiap model bisnis, pasti memerlukan aktivitas utama karena dengan adanya instrumen ini pembuat bisnis akan mengetahui aktivitas atau tindakan apa yang perlu dilakukan agar bisnisnya dapat berjalan dan beroperasi. Adanya aktivitas utama membuat terciptanya proporsi nilai, jangkauan pasar, jangkauan jaringan antara supplier dan customer. Dalam hal ini, penyesuaian aktivitas utama yang dilakukan Setapak antara lain :

  • Design Product 

Langkah awal untuk membuat produk Setapak adalah dengan membuat design product. Aktivitas ini dilakukan oleh Setapak dengan membuat model sandal flatbed dengan adanya inovasi pada bagian strap atau tali sandal. Inovasi yang kami berikan adalah membuat sandal yang memiliki strap yang fleksibel sehingga bisa dilepas dan diganti dengan warna dan model strap lainnya. 

  • Production

Setelah melakukan design pada produk, langkah selanjutnya adalah memasuki tahapan produksi. Hal pertama yang dilakukan adalah pemilihan bahan untuk strap dengan mendatangi toko bahan, sehingga kualitas bahan sesuai dengan yang kami inginkan. Selain bahan untuk membuat tali, kami mencari kancing atau button yang kuat untuk membuat strap dapat dilepas dan dipasang kembali. Setelah itu, proses pembuatan sandal kami melakukan kerjasama dengan pengrajin sepatu dan sandal. Kami menawarkan dua model strap dan tiga warna strap yaitu hitam, biru dongker, dan merah maroon untuk pria dan beige, salem, dan biru dongker untuk perempuan. Selain itu, packaging kami lakukan dengan memes????

  • Quality Control

Untuk menjual produk yang kami tawarkan, tahap quality control harus dilewati terlebih dahulu. Pada tahap ini, kami menemukan berbagai sandal yang reject seperti button pada tali yang tidak kencang, strap yang rusak dan kepanjangan, dan lem yang tidak kuat. Untuk barang-barang yang reject, kami kembalikan ke vendor untuk diperbaiki sehingga tidak mengurangi kualitas dari sandal Setapak dan layak untuk di jual. 

  • Marketing 

Untuk memperluas brand dan produk kami, Setapak melakukan strategi pemasaran melalui digital marketing dan mengikuti exhibition. Digital Marketing yang telah kami lakukan adalah melalui akun Instagram, Facebook, dan Official Account LINE dan Whatsapp. Selain itu, kami juga mengikuti exhibition yang diselenggarakan oleh FIA UI dan Alley Market di Dmall, Depok. Untuk kedepannya kami akan menambah platform pemasaran kami dan mengikuti berbagai exhibition yang ada. 

  • Finance

Keuangan dalam suatu bisnis merupakan hal yang vital. Untuk itu, Setapak selalu mencatat seluruh transaksi yang terjadi, baik pengeluaran maupun pemasukan yang dilakukan untuk produksi dan penjualan, sehingga dapat mengetahui profit yang akhirnya diperoleh. 

  1. Penyesuaian Sumber Daya Utama

Sumber daya utama yang dibutuhkan dapat berbentuk fisik, finansial, intelektual dan manusia. Setapak memiliki tiga sumber daya utama, yaitu :

  • Finansial 

Sumber daya utama Setapak yang pertama adalah finansial. Untuk menjalankan produksi, kami membutuhkan modal awal yang kami peroleh dari modal pemilik sebanyak 6 orang. Modal tersebut kami gunakan untuk melakukan produksi sandal, packaging, dan pemasaran. 

  • Material

Untuk membuat suatu produk, diperlukan material yang sesuai dengan produk yang akan dibuat. Material merupakan sumber daya yang mendukung terbentuknya produk tersebut. Material yang digunakan oleh Setapak dalam membuat produk sandal flatbed dan strap adalah sol sandal yang termasuk insole, midsole dan outsole, bahan westin untuk strap yang terdiri dari beberapa warna, dan button untuk membuat strap tersebut dapat dilepas dan dipasang kembali. 

  • Talent

Selain finansial dan material, bisnis Setapak tidak akan dapat berjalan tanpa adanya talent yang menggerakkan usaha kami. Talent dalam bisnis Setapak ini merupakan orang yang mengelola, memproduksi, dan menjalankan pembuatan dan penjualan produk kami. Pengelolaan, pemilihan bahan, dan  menjalankan bisnis ini dipegang langsung oleh kami sebagai pemilik dari bisnis Setapak. Sedangkan untuk proses produksi, kami menyerahkan proses tersebut kepada vendor sandal flatbed yang lebih menguasai bidang pembuatan sandal.

  1. Pengembangan dan Penyesuaian Rekan Kerja (Partners)

Dalam sebuah bisnis perlu untuk membangun koneksi atau dengan bekerja sama dengan pihak lain. Dalam produk Setapak yang merupakan bisnis yang bergerak dibidang produksi alas kaki yang merupakan sandal mempunyai beberapa Key Partners. Pengembangan Key Partners yang dilakukan oleh Setapak juga pastinya akan menyesuaikan dengan kebutuhan akan kegiatan operasional Setapak yaitu produksi flatbed sandal. Peranan tersebut terbagi menjadi dua pihak yaitu vendor produksi sandal serbuk kayu dan supplier suede leather untuk strap sandal yang berkualitas. Vendor sandal yang dapat bekerjasama dengan Setapak harus memiliki kualitas produksi yang baik dan dapat memenuhi demand. Besar harapan dari Setapak akan kualitas vendor yang baik, agar Setapak dapat memenuhi dan menyesuaikan permintaan pasar yang semakin adaptif sehingga pemilihan vendor pun akan dilakukan secara selektif. Sedangkan, untuk Supplier suede leather, peranan akan supplier ini juga sangat penting untuk memberikan kualitas strap yang baik untuk memberikan nilai menonjol pada misi kami yaitu memberikan kesan fleksibilitas bagi para pengguna sandal Setapak, sehingga pemilihan bahan dasarnya pun tim Setapak akan selalu yang mengobservasi sendiri dan melakukan quality control secara berkala.

Selain itu, Setapak juga pastinya dalam melakukan penjualan tidak akan bekerja sendiri, khususnya pada bagian pengiriman barang kepada para pembeli. Setapak akan melakukan kerjasama dengan pihak perusahaan ekspedisi barang yang memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi akan proses pengiriman barang yang cepat. Setapak akan menggandeng beberapa perusahaan ekspedisi seperti JNE dan SiCepat. Kedua agen ekspedisi ini dinilai sangat cepat dalam melakukan proses pengiriman barang dengan harga yang sesuai atas pelayanan kepada para penerima barang. Sehingga, Setapak sangat mempercayai peran kedua perusahaan tersebut untuk mendukung proses pengiriman barang kepada pembeli sandal Setapak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun