Mohon tunggu...
Mister Hadi
Mister Hadi Mohon Tunggu... wiraswasta -

Bagi Anda yang tinggal di Bogor/Depok dan sekitarnya dan ingin belajar privat Bahasa Inggris dengan saya, hubungi : 08561802478 (call/WA)

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Melakukan dan Menerima Panggilan Telepon di Tempat Kerja

6 Maret 2015   05:58 Diperbarui: 17 Juni 2015   10:05 183
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Malam ini saya ingin berbagi tutorial berkomunikasi dengan telepon terutama di tempat kerja. Ungkapan-ungkapan apa saja yang biasa kita gunakan ketika kita melakukan panggilan telepon atau menerimanya. Ok, mari kita mulai ungkapan-ungkapan ketika kita melakukan panggilan atau menelepon sesorang di tempat kerja.


  • Memperkenalkan diri Anda


- Good morning/Good afternoon/Good evening. This is Budi at PT Terang Abadi/Budi from sales department. Could I speak to Mr. Lubis? (Jika Anda ingin berbicara dengan orang tertentu)

- Good morning/Good afternoon/Good evening. This is Budi at PT Terang Abadi/Budi from sales department. I'm calling because.../about.. (Jika Anda menelepon untuk suatu maksud tertentu)


  • Ketika orang yang ingin Anda ajak bicara tidak berada di tempat


- Can I leave message for him/her?

- Could you tell him/her that I called, please?

- Could you tell him/her to call me back, please?

- Okay, thanks. I'll call back later.


  • Mengatasi koneksi/sinyal telepon yang buruk


- I think we have a bad connection. Can I call you back?

- I'm sorry we have a bad connection. Could you speak a little louder please?

- I'm sorry, could you repeat that please?


  • Mengakhiri panggilan


- Thank you very much. Have a nice day.

- Thank you for your help. Have a good day.

Sekarang kita lanjutkan dengan menerima panggilan telepon.


  • Menjawab (panggilan) telepon


- PT Terang Abadi, this is Budi. How may I help you?

- Good morning/Good afternoon, PT Terang Abadi. How may I help you?

- Purchasing department, Agus speaking.

Perhatikan bahwa ungkapan 'How may I help you?' hanya ketika kita berbicara dengan customer/client, atau untuk external call. Untuk internal call kita cukup menyebutkan nama dan bagian/divisi kita.


  • Meminta penelepon menyebutkan namanya jika dia tidak menyebutkan namanya kepada Anda


- May I help your name, please?

- Who am I speaking with?

- May I ask who's calling?


  • Menindaklanjuti permintaan penelepon


- Sure, let me check on that.

- Let me see if he's/she's available.

- Sure, one moment please.


  • Meminta penelepon untuk menunggu


- Can I put you on  hold a minute?

- Do you mind holding while I check on that?

- Do you mind holding while I check to see if he's/she's available.


  • Menyampaikan pesan


- He's/she's not available at the moment. Would you like to leave a message?

- He's/she's out of the office right now. Can I take a message?


  • Mengatasi koneksi yang buruk atau salah sambung


-I'm sorry we have a bad connection. Could you give me your number and I'll call you right back?

- I think we have a bad connection. Could you speak a little louder, please?

- I'm sorry could you repeat that?

- I'm sorry you have the wrong number.


  • Mengakhiri obrolan


- Is there anything else I can help you with?.. Okay, thank you for calling. Have a great day.

- Is there anything else I can do for you? .. Okay, have a nice day.

Demikianlah ungkapan-ungkapan yang kita gunakan ketika kita melakukan atau menerima panggilan di tempat kerja. Bagi yang ingin melihat tutorial dalam bentuk video di Youtube, silakan klik tautan INI.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun