Pengawasan kerja atau performance monitoring adalah proses untuk menetapkan ukuran kinerja seseorang dan pengambilan tindakan yang mendukung untuk mencapai hasil yang di harapkan.
Tujuannya untuk memastikan kita tetap di jalur yang benar dan sampai tepat waktu. Dalam manajemen perkantoran, pengawasan ini penting banget buat memastikan tugas dan target perusahaan bisa tercapai sesuai rencana. Yuk kita bahas kenapa penting:
1. Mencegah keterlambatanÂ
Jika tidak ada pengawasan, bisa aja ada pekerjaan yang diselesaikan tidak tepat waktu tanpa disadari. Dengan monitoring, atasan atau manajer bisa ngecek progres kerja secara berkala dan segera ngasih solusi jika terdapat hambatan. Misalnya, jika ada tim yang stuck, bisa langsung diarahkan atau diberi dukungan.
2. Memastikan produktivitas tim
Terkadang, seseorang suka tidak sadar jika mereka mulai terlambat atau melakukan hal yang tidak penting. Pengawasan membantu memastikan setiap anggota tim tetap fokus dengan prioritas kerja mereka. Jika ada yang "off track" manajer agar segera mengingatkan.Â
3. Meningkatkan efisiensi kerja
Lewat performance monitoring, kita bisa menganalisis apakah cara kerja yang sekarang sudah efektif atau belum. Jika ada metode kerja yang ternyata bikin progres lambat, ini bisa diubah lebih cepat, jadi kerjaan tidak berlarut-larut.
4. Mendorong akuntabilitas
Dengan pengawasan membuat karyawan lebih bertanggung jawab atas tugasnya masing-masingkarena mereka tahu performanya akan dinilai. Ini secara otomatis meningkatkan rasa disiplin dan komitmen untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.
5. Identifikasi masalah sejak awal
Dengan terus menerus memantau progres kerja, manajer dapat melihat masalah lebih awal mungkin itu dari kurangnya sumber daya, miskomunikasi, atau bahkan beban kerja yang tidak realistis. Jadi, solusi nya bisa dicari sebelum masalahnya makin besar.
6. Meningkatkan motivasi
Percayalah bahwa pengawasan yang baik (bukan over motivator) dapat memotivasi karyawan. Jika mereka melihat kerja kerasnya diapresiasi dan progresnya tercatat, mereka akan jadi lebih semangat untuk menyelesaikan tugas.
Kesimpulan: pengawasan kerja seperti itu dapat membuat semua orang tetap disiplin dan produktif. Tetapi, penting juga untuk menjaga keseimbangan pengawasan tidak boleh sampai membuat karyawan stres karena merasa diawasi berlebihan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H