Mohon tunggu...
Abdul Ghofar
Abdul Ghofar Mohon Tunggu... Operator - Menulis mengisi waktu mengungkap rasa

Santai

Selanjutnya

Tutup

Diary

Harga Beras Naik

30 September 2023   02:41 Diperbarui: 30 September 2023   03:24 343
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Penggilingan padi foto HP saya. Dokpri

" Mahal mas harga beras naik, sekarang juga kosong, cuma ada tiga kilo" kata Asop sambil menyandarkan motor balapnya.

Pagi itu jam setengah delapan pagi tanggal 29 Agustus 2023, saya masih berjaket tebal, maklum kalau bulan begini di Garut suhu malam sampai pagi bisa tiga belas derajat celcius.

Pagi itu saya datang ke tempat penggilingan padi punya Asop, seperti biasa untuk membeli beras untuk dipakai sendiri atau dijual diwarung saya.

Ketika saya datang, penggilingan masih tutup, akhirnya saya putuskan untuk menunggu didepan tempat penggilingan sambil berjemur dibawah matahari pagi yang pelan-pelan menghangatkan udara kemarau.

Tidak lama, kurang lebih sepuluh menit dia datang, langsung saya sedikit berteriak " Beras ada?", dia jawab " Harga beras naik, mahal mas, kosong jarang yang menggiling padi, panennya jelek." Memang saat itu sedang kemarau, udara kering dan dingin.

" Ya paling cuma tiga kilo kalau mau, harganya juga naik, tiga belas ribu mas." kata dia.

" Gapapalah segitu juga, tapi nanti kalau sudah ada kirim ya kerumah, banyak yang datang beli beras tapi kosong dirumah." kata saya.

" Siap mas, memang sedang susah, panen banyak yang jelek, kelihatan berisi tapi hampang." kata dia.

Penggilingan padi foto HP saya. Dokpri
Penggilingan padi foto HP saya. Dokpri

Usaha penggilingan padi ini sudah lama beroperasi, cukup sederhana namun ramai juga yang menggilingkan padinya kesini. Satu-satunya diurug, perkampungan dekat rumah saya. Ongkosnya bisa berupa uang atau berupa beras setelah digiling, saya tidak hafal berapa kilo beras sebagai ongkos dari berapa kilo padi yang akan digiling.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun