Mohon tunggu...
Kompasianer METTASIK
Kompasianer METTASIK Mohon Tunggu... Lainnya - Menulis itu Asyik, Berbagi Kebahagiaan dengan Cara Unik

Metta, Karuna, Mudita, Upekkha

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Cerpen: You Are a Star

11 September 2022   17:48 Diperbarui: 11 September 2022   17:54 330
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
 You're a STAR (gambar: defencehealth.com.au, diolah pribadi)

Siang ini saya menonton Idola Cilik di televisi, sebuah ajang menyanyi untuk anak-anak. Di episode kali ini, ada satu segmen yang beda. Dikisahkan ada satu orang yang cacat secara fisik karena terkena radang otak saat bayi. Namanya Mia dan dia senang banget nonton Idola Cilik karena ngefans dengan Okky Lukman sebagai MC.

Mia nonton Idola Cilik sampai sekarang. Setiap kali Okky Lukman yg ngomong di TV, volume di TV langsung dikencengin, kalo yg nyanyi penyanyi ciliknya malah dikecilin volumenya.

Yang sangat membuat terharu, Mia seakan-akan mendapat semangat hidup baru karena menonton Okky di Idola Cilik. Sedari kecil Mia divonis tidak dapat bicara, baca dan tulis oleh dokter. Namun ternyata setelah nonton Okky, dia terpacu untuk belajar, untuk mau berubah. Sekarang Mia bisa baca, bisa ngomong, malah Mia hafal perkalian! Mia juga jadi rutin nulis surat buat Okky, sekitar 25 buah surat yang sudah ia tulis.

Menurut dokter, Mia harus sering makan havermut. Namun Mia gak doyan dan SELALU muntah setiap kali makan. Akhirnya suatu kali ibunya Mia membeli havermut, dan bilang ke Mia kalo havermutnya itu dari Okky. And guess what? Mia mao makan dan gak muntah sama sekali!!

Pertemuan Mia dan Okky di acara Idola cilik Sabtu siang tadi memang mengharukan. Karena saya juga mudah terharu saya jadi ikut menangis haha. Dan yang lebih menyenangkan lagi, melihat Okky yang kayanya seneng banget bisa membahagiakan Mia, selain di sisi lain Okky juga mungkin ga nyangka karena dia bisa memberikan perubahan sebegitu besar untuk Mia. Okky gak nyangka kalau menjadi MC acara lomba menyanyi, ternyata menjadi jalan untuk dia berbuat kebaikan yang besar.

Dari kejadian yang dialamin Okky membuat saya tersadar, "Gila yah, kita tuh ga pernah tau seberapa besar arti kita bagi orang lain". Okky sebagai MC mungkin ga akan berpikir bahwa dia bisa memberikan semangat begitu besar buat Mia. Bikin Mia mau untuk belajar, bikin Mia mau untuk tersenyum lagi, bikin Mia semangat hidup meskipun kondisinya fisiknya kurang.

Aku tertegun usai membaca, pertanyaanku dijawab. Menjadi bermanfaat bukan hanya tentang berbuat hal besar. Aktivitas rutin yang kita lakukan sehari-hari, mungkin kita rasa biasa saja. Tetapi mungkin, luar biasa bagi orang lain.

Aku membaca kalimat akhir dari tulisanku di blog lamaku ini.  Tersenyum, kuucapkan kembali kalimat Zoya 12 tahun yang lalu,

"Jangan pernah remehkan perbuatan kita. Karena kita -saya dan kamu- ga tau kalau mungkin saja diam-diam kita telah menjadi bintang bagi orang lain."

**

Jakarta, 11 September 2022
Penulis: Jess Vandana, Kompasianer Mettasik

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun