Sebelum kita membahas mengenai 4 pendekatan yang ada dalam Job Design, alangkah lebih baik kita mengetahui lebih dulu apa itu job design. Job Design adalah fungsi inti dari manajemen sumber daya manusia dan hal yang berkaitan dengan perincian akan pokok, metode dan hubungan dari pekerjaan dalam rangka memenuhi kebutuhan teknologi dan organisasi sebagaimana keperluan sosial dan perorangan dari pemilik pekerjaan atau karyawan. Nah, setelah kita mengetahui pengertian dari job design, ayo kita bahas apa saja 4 pendekatan dalam Job design.
1. Turner dan Lawrence (1965)Â mengatakan bahwa motivasi dalam suatu pekerjaan berasal dari:
- Variasi dalam aktivitas kerja
- Otonomi dalam menentukan metode pekerjaan apa yang akan digunakan
- Interaksi dengan orang lain dalam melaksanakan pekerjaan dan di waktu lain
- Pengetahuan dan keterampilan yang cukup untuk melakukan pekerjaan itu
- Tanggung jawab untuk memecahkan masalah dan keputusan lain.
2. Cooper (1973) mengatakan motivasi karyawan akan ditingkatkan dengan:
- Variasi dalam tugas, lingkungan, dan orang yang tersedia untuk interaksi
- Kebijaksanaan dalam memilih bagaimana melakukan pekerjaan dan dalam memilih bagaimana untuk memecahkan masalah
- Tujuan yang jelas tetapi cukup menantang