Setelah membaca The Organized Teacher yang ditulis oleh Steve Springer, Brandy Alexander, dan Kimberly Persiani-Becker, Ed. D., berikut cuplikan mengenai tingkat kematangan dan kepribadian yang dimiliki siswa di setiap tingkatan sekolah:
TAMAN KANAK-KANAK
* Mampu menjelaskan kebutuhan mereka
* Fokus pada diri sendiri (egois)
* Mempunyai rentang konsentrasi yang relatif pendek
* Sedang melatih kemampuan motorik halus
* Memerlukan instruksi bertahap
* Kebanyakan familiar dengan pengalaman pribadi
* Menikmati kegiatan bernyanyi, menari, dan bermain peran
KELAS SATU
* Belum mampu menangani lebih dari satu pekerjaan di waktu yang sama
* Mampu bekerjasama dalam kelompok
* Mempunyai kesadaran terhadap orang-orang di sekitarnya
* Menikmati belajar melalui kegiatan, permainan, cerita kreatif, menari, dan bernyanyi
* Mampu berkonsentrasi pada tugas
* Saat mengerjakan tugas memerlukan pengecekan
* Lebih nyaman dengan hal yang sudah mereka tahu daripada hal yang sebenarnya bisa mereka lihat
KELAS DUA
* Mandiri, namun tetap membutuhkan pengecekan saat mengerjakan tugas
* Peduli pada alam dan makhluk hidup di sekitarnya
* Berani mengambil risiko, percaya diri pada kemampuannya
* Menikmati ketika mengetahui cara kerja sesuatu
* Menyadari hal-hal baru, seperti TV, radio, film, pakaian, dan mainan
KELAS TIGA
* Antusias dan tertarik untuk mempelajari hal-hal baru
* Mampu mengintrospeksi dirinya sendiri
* Mempunyai ketakutan tidak diterima lingkungan
* Saat bermain memilih teman dengan jenis kelamin sama, namun bisa bekerjasama di kelas dengan teman berbeda
* Menyadari perbedaan antara kenyataan dan imajinasi
* Kreatif dalam karya tulis dan seni
KELAS EMPAT
* Mampu membedakan hal-hal serius dan humor
* Menyadari tingkat-tingkat  kemampuan orang
* Mengenali hal-hal yang mempunyai persamaan dan perbedaan
* Peduli pada popularitas, musik, film, dan TV
* Menekan batas aturan
* Spesifik mengenai hal yang disukai dan tidak, termasuk dalam hal pelajaran
* Bertanggungjawab pada tindakannya sendiri
* Mampu mengintrospeksi diri
KELAS LIMA
* Senang kalau bisa mempunyai ide atau tugas yang orisinal
* Berani bertanggung jawab terhadap sesuatu yang menantang
* Bisa menjadi pemecah masalah
* Menikmati pekerjaan tangan dan menghasilkan benda tiga dimensi
* Bisa bekerjasama dengan satu teman atau lebih
* Mulai frustasi ketika teman sekelas lebih baik dalam mata pelajaran
* cenderung bias gender dan memilih teman berdasarkan minat
* Mampu bekerja secara mandiri dalam jangka waktu lama
* Keunggulan dan kelemahan dalam bidang akademis, fisik, dan kreativitas makin jelas
Sekian info kali ini. Semoga bermanfaat.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H