Mohon tunggu...
Ade Febriani
Ade Febriani Mohon Tunggu... Guru - Senang menulis, membaca, menonton

Great Bear diambil dari salah satu konstelasi bintang. Dalam bahasa latin disebut Ursa Major. Rasi yang membentuk sosok beruang ini menunjukkan arah utara. Sebagai guru, saya ingin menunjukkan arah yang benar pada murid-murid saya. Dan kalau bisa, masyarakat luas.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Kepribadian dan Tingkat Kematangan Siswa

6 Juli 2013   14:01 Diperbarui: 24 Juni 2015   10:56 152
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Setelah membaca The Organized Teacher yang ditulis oleh Steve Springer, Brandy Alexander, dan Kimberly Persiani-Becker, Ed. D., berikut cuplikan mengenai tingkat kematangan dan kepribadian yang dimiliki siswa di setiap tingkatan sekolah:

TAMAN KANAK-KANAK

* Mampu menjelaskan kebutuhan mereka

* Fokus pada diri sendiri (egois)

* Mempunyai rentang konsentrasi yang relatif pendek

* Sedang melatih kemampuan motorik halus

* Memerlukan instruksi bertahap

* Kebanyakan familiar dengan pengalaman pribadi

* Menikmati kegiatan bernyanyi, menari, dan bermain peran

KELAS SATU

* Belum mampu menangani lebih dari satu pekerjaan di waktu yang sama

* Mampu bekerjasama dalam kelompok

* Mempunyai kesadaran terhadap orang-orang di sekitarnya

* Menikmati belajar melalui kegiatan, permainan, cerita kreatif, menari, dan bernyanyi

* Mampu berkonsentrasi pada tugas

* Saat mengerjakan tugas memerlukan pengecekan

* Lebih nyaman dengan hal yang sudah mereka tahu daripada hal yang sebenarnya bisa mereka lihat

KELAS DUA

* Mandiri, namun tetap membutuhkan pengecekan saat mengerjakan tugas

* Peduli pada alam dan makhluk hidup di sekitarnya

* Berani mengambil risiko, percaya diri pada kemampuannya

* Menikmati ketika mengetahui cara kerja sesuatu

* Menyadari hal-hal baru, seperti TV, radio, film, pakaian, dan mainan

KELAS TIGA

* Antusias dan tertarik untuk mempelajari hal-hal baru

* Mampu mengintrospeksi dirinya sendiri

* Mempunyai ketakutan tidak diterima lingkungan

* Saat bermain memilih teman dengan jenis kelamin sama, namun bisa bekerjasama di kelas dengan teman berbeda

* Menyadari perbedaan antara kenyataan dan imajinasi

* Kreatif dalam karya tulis dan seni

KELAS EMPAT

* Mampu membedakan hal-hal serius dan humor

* Menyadari tingkat-tingkat  kemampuan orang

* Mengenali hal-hal yang mempunyai persamaan dan perbedaan

* Peduli pada popularitas, musik, film, dan TV

* Menekan batas aturan

* Spesifik mengenai hal yang disukai dan tidak, termasuk dalam hal pelajaran

* Bertanggungjawab pada tindakannya sendiri

* Mampu mengintrospeksi diri

KELAS LIMA

* Senang kalau bisa mempunyai ide atau tugas yang orisinal

* Berani bertanggung jawab terhadap sesuatu yang menantang

* Bisa menjadi pemecah masalah

* Menikmati pekerjaan tangan dan menghasilkan benda tiga dimensi

* Bisa bekerjasama dengan satu teman atau lebih

* Mulai frustasi ketika teman sekelas lebih baik dalam mata pelajaran

* cenderung bias gender dan memilih teman berdasarkan minat

* Mampu bekerja secara mandiri dalam jangka waktu lama

* Keunggulan dan kelemahan dalam bidang akademis, fisik, dan kreativitas makin jelas

Sekian info kali ini. Semoga bermanfaat.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun