Mohon tunggu...
Gramedia Official
Gramedia Official Mohon Tunggu... Lainnya - Tempat kamu mencari buku 📚

📖 Halaman untuk pecinta buku. Dari trivia, review, hingga rekomendasi buku dari #SahabatTanpaBatas-mu. 🤗

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Berbagai Tips Memasang Iklan Lowongan Kerja yang Efektif!

6 Maret 2023   13:55 Diperbarui: 6 Maret 2023   14:00 292
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: geralt/pixabay

Sudah menawarkan beberapa fasilitas serta tunjangan yang menarik, tetapi iklan lowongan kerja yang kamu pasang masih memiliki jumlah pelamar yang sangat sedikit. 

Mungkin, ada yang harus kamu perbaiki dari iklan lowongan kerja tersebut.

Bukan sebuah rahasia umum lagi, kalau iklan lowongan kerja yang ditulis secara menarik mampu membawa pelamar yang lebih banyak dibandingkan dengan iklan lamaran kerja yang ditulis alakadarnya saja. 

Jadi, ketika membuat iklan lowongan kerja tidak bisa dianggap sepele.

Dalam memasang iklan lowongan kerja, kamu tidak disarankan untuk memberikan informasi yang ambigu. Lalu, bagaimana cara memasang iklan lowongan kerja yang efektif? 

Maka dari itu, terdapat beberapa tips yang bisa kamu jadikan sebagai referensi untuk memasang iklan lowongan kerja.

Tips Memasang Iklan Lowongan Kerja

Sumber: QuinceCreative/pixabay
Sumber: QuinceCreative/pixabay

1. Targetkan kandidat yang tepat

Tips dalam memasang iklan lowongan kerja yang pertama adalah dengan cara menargetkan kandidat yang tepat sesuai yang diinginkan perusahaan. 

Dalam hal ini, dibutuhkan kejelasan dalam informasi yang dicantumkan menjadi sebuah keharusan.

Apabila kamu membuat iklan lowongan kerja yang tidak jelas informasinya, maka hal tersebut bisa membuat kamu selaku pihak HRD akan kesulitan pada saat tahapan seleksi. 

Oleh sebab itu, terlebih dahulu pastikan untuk para HRD menulis deskripsi pekerjaan dengan jelas dan tepat.

Misalnya menggunakan judul generic yang disesuaikan dengan deskripsi dari lowongan pekerjaan yang dibuka. 

Lalu, hindari penggunaan istilah atau jargon internal dan kamu juga bisa menggunakan desain yang menarik untuk jenis iklan lowongan kerja yang tidak kamu pasang di situs portal lowongan pencarian kerja.

2. Judul serta deskripsi harus jelas dan sesuai

Tips selanjutnya dalam memasang iklan lowongan kerja adalah dengan memperhatikan judul serta deskripsi pekerjaan dengan jelas dan harus sesuai. 

Tujuan dibuatnya iklan lowongan  kerja ini adalah untuk memberitahukan kepada setiap calon pelamar kerja bahwa ada lowongan atau posisi yang kosong di perusahaan tersebut.

Selain itu, iklan lowongan kerja juga bisa menjadi sebuah media pemasaran untuk perusahaan kamu. 

Jadi, supaya bisa menarik perhatian para calon pelamar, ada baiknya untuk kamu mulai mempertimbangkan pembuatan iklan lowongan kerja yang mengikuti tren yang sedang hype. Misalnya, dalam segi desain yang mengikuti tren agar menarik.

Perlu diketahui juga bahwa membuat iklan lowongan kerja yang baik dengan judul serta deskripsi yang sesuai bisa mencerminkan profesionalisme yang dimiliki oleh perusahaan kamu sendiri.

Dengan begitu, nantinya dengan sendirinya akan ada banyak calon kandidat berkualitas yang akan melamar di perusahaan dan sesuai dengan kriteria yang perusahaan butuhkan.

3. Memberi alasan kenapa harus melamar di perusahaan kamu

Tidak banyak perusahaan yang membocorkan informasi mengenai perusahaan dengan sebuah alasan tertentu. 

Namun, saat ini sudah banyak perubahan dan banyak juga pelamar yang mulai tertarik dengan informasi lainnya yang berkaitan dengan perusahaan yang akan mereka lamar.

Maka dari itu, tips dalam memasang iklan lamaran kerja yang selanjutnya adalah dengan memberikan sebuah alasan mengenai kenapa para calon pelamar harus memilih perusahaan kamu. 

Di iklan lamaran kerja yang kamu buat, kamu bisa mencantumkan apa saja keunggulan yang dimiliki oleh perusahaan kamu.

Sejak tahun 2022, semakin banyak juga generasi milenial yang memasuki dunia kerja. 

Jadi, tidak sedikit dari mereka yang mengharapkan adanya work life balance dan engagement. 

Hal itu bisa kamu manfaatkan pada saat membuat iklan lowongan kerja dengan mempromosikan keuntungan sekaligus fasilitas yang ditawarkan dari perusahaan kamu.

Jika terdapat berbagai keunggulan lain yang dimiliki oleh perusahaan kamu disbanding dengan perusahaan lainnya, maka jangan segan untuk mencantumkan di iklan lowongan kerja tersebut.

Nah, itulah beberapa cara yang harus kamu lakukan dalam memasang iklan lowongan kerja supaya bisa mendapatkan calon kandidat sesuai dengan kebutuhan perusahaan. 

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa menjangkau kandidat yang berkualitas secara luas. 

Salah satunya adalah dengan memasang iklan lowongan kerja yang jelas dan detail. Selamat mencoba.

Penulis: Nurul Ismi Humairoh

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun