Apakah kamu pernah kirim surat izin tidak masuk kerja karena belum menyelesaikan deadline? Ini tentu hal yang salah karena kamu tidak bertanggung jawab dengan tugas yang seharusnya kamu selesaikan. Izin tidak masuk kerja hanya membuatmu menghindarinya.
Hal ini juga akan membuat penilaian kinerja di kantor buruk di mata pimpinan. Itulah sebabnya kamu perlu cara menyelesaikan deadline tepat waktu tanpa menumpuk pekerjaan terlalu banyak. Pekerjaan yang selesai tepat waktu akan membuatmu lebih tenang bukan?
Cara Menyelesaikan Deadline Tepat Waktu
Berikut ini cara menyelesaikan deadline tepat waktu tanpa stres yang bisa kamu terapkan dalam dunia kerja:
1. Buat Daftar Tugas atau Pekerjaan
Pastikan kamu tahu apa yang perlu dilakukan. Tuliskan semua pekerjaan dan tanggal, poin-poin yang diperlukan, dan detail kontak dari orang-orang yang terlibat. Buat skala prioritas pekerjaan.Â
Daftar ini akan memberimu bayangan seberapa banyak tugas yang harus diselesaikan. Termasuk menentukan mana pekerjaan yang harus diprioritaskan terlebih dahulu untuk dikerjakan. Prioritaskan menyelesaikan tugas-tugas penting terlebih dahulu.
2. Percayalah Bahwa Deadline Tidak Semengerikan Itu
Deadline sering dianggap sebagai sesuatu hal yang mengerikan. Lebih baik ubah asumsi itu. Mari berteman dengan deadline. Kamu tidak perlu menganggapnya terlalu serius.Â
Jika tidak memenuhi tenggat waktu, akan ada konsekuensinya, tapi jangan terlalu memikirkannya. Pikirkan tenggat waktu sebagai sumber inspirasi dan ide untuk menyelesaikan tugas.Â
3. Segera Lakukan Langkah Pertama
Satu tindakan lebih baik dari seribu rencana. Jika sudah membuat rencana untuk menyelesaikan tugas, segera lakukan. Sulit untuk memulai sesuatu. Awalnya kamu merasa takut dan ragu.Â
Namun, perasaan ini menghilang saat kamu bekerja lebih lama dan mengatasi kemalasan itu. Cobalah untuk memegang sesuatu setidaknya selama 15 menit. Setelah itu, rasa malas akan menghilang dan membuatmu lebih produktif.
4. Jangan Menunda Pekerjaan Apapun
Menurut orang Jepang, penundaan justru menambah jumlah pekerjaan. Seseorang membiarkan masalah terus berlanjut sehingga masalah kecil menjadi masalah besar.Â
Kemudian hindari menunda-nunda pekerjaan. Tidak perlu menunggu waktu yang tepat. Faktanya, tidak ada waktu yang tepat untuk melakukan sesuatu.Â
5. Hindari Gangguan Apapun
Untuk menyelesaikan tugas dengan cepat, fokus dan konsentrasi sebanyak mungkin. Hindari semua gangguan, baik di dalam maupun di luar ruangan. Gangguan internal adalah perasaan takut, sedih, gembira berlebihan, cemas, dan lain-lain.
Singkirkan perasaan ini dan cobalah untuk menciptakan suasana yang stabil. Pada saat yang sama, gangguan eksternal adalah situasi di sekitar. Yang terbaik adalah bekerja di tempat yang tenang.
6. Pecah Tugas Besar Menjadi Tugas-tugas Kecil
Mengambil tugas besar bisa membuat stres. Cobalah untuk memecah tugas besar menjadi tugas yang lebih kecil. Misalnya, kamu harus menulis buku.Â
Tentukan tema dan struktur buku, lalu bagi menjadi beberapa bab. Bekerja melalui bab satu per satu untuk membuatnya tidak terlalu berat.Â
7. Segera Hentikan Pekerjaan
Tugas tidak selalu memakan waktu lama. Kalau bisa diselesaikan dengan cepat, kenapa tidak? Hindari menghentikan pekerjaan di tengah. Jika kamu ingin istirahat, sebaiknya lakukan setelah pekerjaan benar-benar selesai, sehingga konsentrasi tidak terganggu.Â
Jika kamu benar-benar perlu istirahat, yang terbaik adalah melakukannya untuk sementara waktu. Ini bisa dilakukan dengan peregangan, jalan-jalan di tempat kerja atau segelas kopi.
8. Transfer Ke Orang Lain
Setiap orang memiliki keterbatasan. Pekerjaan lebih cepat selesai jika dilakukan bersama-sama. Jadi jangan ragu untuk meminta bantuan orang lain, apalagi jika kamu sudah dikejar deadline.Â
Delegasikan tugas kamu dengan benar. Carilah orang yang tidak sibuk. Berikan penjelasan yang memadai tentang tugas tersebut. Lalu, luangkan waktu untuk memeriksa pekerjaannya.
9. Tetap Tenang dan Jangan Panik
Kebanyakan orang panik saat didesak deadline, apalagi saat pekerjaan menumpuk. Cobalah untuk mengendalikan kepanikan. Hentikan sejenak apa yang kamu lakukan. Tarik napas dalam-dalam lalu hembuskan perlahan.Â
Ulangi proses tersebut beberapa kali hingga kamu merasa lebih tenang. Kemudian cobalah berpikir dengan kepala dingin. Buat daftar pekerjaan yang tersisa dan bagaimana pelaksanaannya.
10 Jangan Lupa Istirahat
Terkadang tenggat waktu tidak baik untuk kesehatanmu. Ketika tenggat waktu mengejar, seseorang biasanya hanya memikirkan hal-hal yang berkaitan dengannya dan melupakan yang lainnya.
Minum terlalu banyak kopi, melewatkan waktu tidur untuk menyelesaikan lebih banyak pekerjaan adalah tindakan yang bisa menyebabkan crash. Tidak perlu waktu lama, luangkan waktu untuk istirahat, yakni tidur 30 menit saja sudah cukup untuk memulihkan diri.
Nah, itulah cara menyelesaikan deadline tanpa stres. Ini akan memberimu kebiasan baik di lingkungan kerja dan membuatnya merasa lebih produktif.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H