Mohon tunggu...
Gracetika
Gracetika Mohon Tunggu... Lainnya - mahasiswa

Halo, aku suka membaca, tapi jarang belakangan, aku juga suka menulis tetapi juga jarang belakangan, membuka akun ini semoga semakin rajin membaca dan menulis, terimakasih

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Analisis Struktur Naratif dalam Film "Penyalin Cahaya' Berdasarkan Teori Tvzetan Trodov

10 Juni 2022   21:40 Diperbarui: 10 Juni 2022   22:08 3280
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Film. Sumber ilustrasi: PEXELS/Martin Lopez

PENDAHULUAN

Dalam kehidupan sehari-hari, manusia sebagai makhluk sosial selalu melakukan komunikasi dan berinteraksi satu dengan yang lainnya. Sekarang banyak jenis media yang bisa digunakan untuk berkomunikasi. Teknologi berkembang sangat pesat menghasilkan banyak media massa yang dapat digunakan untuk media komunikasi, termasuk media elektronik, 

Film menjadi salah-satunya media komunikasi yang berbentuk audio visual ini berpengaruh besar dalam masyarakat, terbukti dari banyak studi khalayak yang dilakukan, menyatakan bahwa sebuah film bisa mempengaruhi kebiasaan, cara pandang, budaya, bahkan gaya hidup seseorang, hal ini terbukti dari cara kerja iklan sebuah produk di dalam film misalnya,

para penonton akan cenderung terpengaruh untuk mengkonsumsi produk-produk yang digunakan oleh seorang tokoh dalam sebuah film. karena sejatinya film mengandung unsur naratif yang mencerminkan kehidupan dan pola tingkah laku manusia. Film merupakan sebuah karya seni yang dibangun atas dua unsur yaitu naratif dan sinematik didalamnya mengandung sebuah plot yang berkaitan dengan kehidupan, pengalaman atau kisah fiktif

Film adalah karya cipta seni dan budaya yang merupakan media komunikasi massa pandang-dengar yang dibuat berdasarkan asas sinematografi dengan direkam pada pita seluloid, pita video, piringan video, dan/atau bahan hasil penemuan teknologi lainnya dalam segala bentuk, 

jenis, dan ukuran melalui proses kimiawi, proses elektronik, atau proses lainnya, dengan atau tanpa suara, yang dapat dipertunjukkan dan/atau ditayangkan dengan sistem proyeksi mekanik, elektronik, dan/atau lainnya; 

(Undang-Undang Republik Indonesia).

Unsur naratif merupakan hal yang penting dalam membangun sebuah film, naratif merupakan rangkaian cerita yang berstruktur, dalam bentuk tertulis yang nanti akan diwujudkan menjadi gambar nyata. Unsur sinematik juga tidak kalah penting, membangun cerita lewat gambar, merupakan perwujudan secara visual dari unsur naratif

 Dalam penelitian ini akan mengambil objek film penyalin cahaya. film penyalin Cahaya adalah sebuah film drama thriller Indonesia yang rilis pada tahun 2021, berbicara tentang kekerasan seksual yang dialami Sur seorang mahasiswi dari keluarga sederhana yang sedang menempuh pendidikannya dengan bantuan dana beasiswa dari alumni di kampusnya, 

mendapati masalah setelah swa fotonya dalam keadaan mabuk tersebar di media sosial dan beasiswanya dicabut akibat tidak berkelakuan baik. 

Film yang disutradarai oleh Wregas Bhanuteja mendapatkan banyak penghargaan salah satunya sebagai Film Cerita Panjang Terbaik oleh Festival Film Indonesia, membuat film ini sangat menarik untuk diteliti terkait unsur naratifnya, selain karena waktu rilis yang terhitung masih baru sehingga belum banyak penelitian dengan objek film serupa, juga unsur naratif yang disajikan sangat menarik

 TINJAUAN PUSTAKA

Pada penelitian kali ini penulis tentunya menggunakan beberapa acuan sebagai tinjauan pustaka

 Berdasarkan tinjauan pustaka yang dilakukan peneliti belum menemukan penelitian yang membahas tentang analisis struktur pada objek yang sama yaitu film penyalin cahaya, namun terdapat beberapa kajian yang menggunakan ilmu analisis dan teori yang sama, yaitu teori struktur naratif oleh tvzetan todorov

Penelitian pertama, berjudul Analisis Kemiskinan Melalui Unsur Naratif Dalam Film "Turah", oleh Marantika Gilang Asmono dalam penelitian ini menganalisis tanda-tanda yang terdapat dalam unsur naratif film Turah, terdapat kesamaan dalam metode penelitian yang digunakan penulis

Sebuah buko oleh Eriyanto bertajuk "Analisis Naratif : Dasar-dasar dan penerapanya dalam Analisis Teks Berita Media" edisi pertama ini banyak membahas tentang teori naratif baik untuk teks berita dan naratif dalam fiksi, yang bisa penulis gunakan sebagai acuan dan sebagai sumber data

Karya tulis skripsi berjudul "Analisis Narasi Film 99 Cahaya di Langit Eropa" oleh Atik Sukriati Rahmah seorang mahasiswi dari Universitas Islam Negeri Syarif dengan bidang ilmu komunikasi, banyak perbedaan dengan penelitian ini baik dari objek penelitian, metode sampai hasil analisis, tetapi teori-teori mengenai naratif yang digunakan dalam penelitian ini memiliki banyak kesamaan 

Selanjutnya penelitian berjudul "Analisis Struktur Naratif Sebagai Pembentuk Film Animasi Bul" Oleh Gede Pesek Putra Adnyana Yasa mahasiswa jurusan Desain Visual dan Animasi di Institut Seni Indonesia 

Denpasar menyatakan bahwa Unsur naratif yang merupakan salah satu unsur sebagai pembentuk sebuah film, khususnya dalam hal ini adalah film animasi yang berjudul Bul memiliki peran yang sangat penting. Unsur naratif terdiri dari unsur tema, cerita, struktur cerita, dan tokoh/karakter

METODE

Penelitian ini dilakukan dengan mengamati film penyalin cahaya, menggunakan metode penelitian kualitatif dalam ilmu kajian seni akan menghasilkan data deskriptif, berupa rangkaian kata-kata tertulis dari hasil observasi atau pengamatan terhadap objek kajian.

Pengumpulan data dilakukan melalui proses observasi dan tinjauan pustaka mengenai teori yang digunakan, metode deskriptif dipilih guna mendeskripsikan dengan jelas analisis terhadap film yang dipilih berdasarkan teori yang digunakan, pengumpulan data diperoleh dari film dan jurnal-jurnal acuan

Penelitian ini menggunakan metode Penelitian ini bergerak pada titik lingkaran persoalan unsur naratif pembentuk film (tema, cerita, struktur cerita, dan tokoh). Hal ini dimaksudkan untuk memahami secara mendalam mengenai unsur-unsur naratif pembentuk film Penyalin Cahaya yang berpotensi menciptakan nilai estetis.

Selanjutnya peneliti akan melakukan analisis data melalui potongan adegan dan struktur naratif berupa dialog dari tokoh-tokoh pada film penyalin cahaya, yang nantinya akan dibedah dan dianalisis secara terstruktur dengan teori struktural film 

PEMBAHASAN

a. Teori  Naratif Oleh Tzvetan Todorov

Unsur naratif dalam film menjadi sangat penting ketika kita melihat hasil akhir dari sebuah film, jika sinematografi yang apik tidak diimbangi dengan alur cerita yang menarik maka film akan menjadi mati. Narasi sendiri merupakan rangkaian peristiwa yang berstruktur , 

unsur naratif kita temukan dalam banyak karya seni dan sastra, berkaitan dengan penulisan dalam proses kreatif pengembangan ide, maka sejatinya menjadi dasar dari berkembangnya sebuah cerita melalui plot, tokoh, (tema, cerita, struktur cerita, dan tokoh). membahas tentang naratif banyak sekali teori-teori yang dapat dipelajari, salah-satunya adalah teori naratif oleh tvzetan todorov, teori dalam naratif akan membahas tentang struktur yang terkandung dalam sebuah cerita

 Tzvetan Todorov, lahir 1 maret 1939 di Sofia Bulgaria. Merupakan seorang filsuf dan kritikus budaya. Ia menetap di Prancis bersama istrinya Nancy Huston dan dua anak mereka sejak 1963. Teori Todorov menyatakan bahwa cerita atau naratif memiliki susunan atau struktur tertentu, 

dimana para penulis secara sadar atau tidak akan menyusun ceritanya menurut beberapa babak yang bisa di jelaskan  dan berulang, struktur tersebut akan tersusun oleh kronologis, motif dan plot dan hubungan sebab-akibat untuk mendukung kekuatan plot dalam cerita

 Menurut Todorov cerita akan diawali dengan situasi yang stabil, kemudian saat cerita mengalir ke tengah bagian konflik akan muncul, selanjutnya saat tiba di akhir cerita konflik akan membaik dan keadaan akan kembali menjadi stabil

Maka secara skematis menurut teori Todorov struktur narasi tercatat sebagai berikut :

Awal cerita - Konflik - Penyelesaian

(situasi terkendali) - (kekacauan terjadi) - (situasi kembali terkendali)

Penerapan Teori

Dari pembabakan struktur naratif menurut teori Todorov maka dapat diterapkan pada film penyalin cahaya sebagai berikut 

Babak 1: 

Di awal film dibuka dengan pertunjukkan teater matahari yang menakjubkan, lalu menampilkan para kru yang bekerja di balik layar, tokoh utama dalam kisah ini adalah Suryani, biasa dipanggil Sur ia bekerja sebagai desain web di organisasi tersebut, tidak berperan banyak pada pementasan sur memutuskan untuk pulang duluan ke rumah dikarenakan ada jam malam yang diterapkan oleh orang tuanya.

Sesampainya di rumah Sur membantu ibunya menemukan ponsel yang hilang dengan bantuan ilmu komputer yang ia miliki, membuat ibunya bangga, tidak lama ia mendapatkan kabar gembira tentang kemenangan teater matahari dalam perlombaan yang baru saja berlangsung, Sur sangat senang dan melanjutkan pekerjaannya mengupload beberapa dokumentasi dan informasi ke web

Keesokan harinya Sur dan seluruh anggota teater matahari menerima penghargaan dari kampus beserta sambutan yang meriah, tidak lupa perayaan digelar disalah satu rumah anggota yang menjabat sebagai penulis naskah dalam teater, Rama tumbuh dari keluarga yang kaya raya, 

menyediakan fasilitas tempat untuk acara tersebut, rama mengundang Sur sekaligus memberikan kabar baik, desain sur dilirik oleh ayah nya dan menawarkan pekerjaan untuk Sur,  tidak ingin kehilangan moment Sur meminta amin sahabatnya yang bekerja sebagai tukang fotokopi di kampus untuk menemani ia menghadiri pesta perayaan tersebut.

Sur dan Amin tiba di pesta, semua orang menyambut dengan bahagia, terbawa euforia Sur lepas kontrol dan menghiraukan perkataan amin untuk pulang juga petuah ayahnya untuk tidak minum-minum, sur berakhir di kamarnya dalam keadaan linglung masih mengenakan pakaian kebaya untuk pesta perayaan, 

sedangkan hari ini adalah jadwal sidang presentasi untuk kelanjutan beasiswanya, Sur panic dan bergerak dengan cepat, sedangkan ayahnya di luar kamar sudah menunggu dengan amarah yang memuncak. Babak satu berakhir

 Analisis : Pada awal film terlihat keadaan stabil, tokoh utama mendapat perhatian dari orang-orang sekitar dengan baik, kehidupannya juga berjalan lancar, Sur mengikuti organisasi dan perkuliahan secara bersamaan tanpa kendala, ia juga bisa memenuhi peraturan yang dibuat oleh kedua orang tuanya, ia tidak mengabaikan pekerjaan rumah dan tercatat sebagai mahasiswa penerima beasiswa dari kampus

 Bukti Narasi : 

Ibu Sur Kehilangan ponsel, Sur mencari menggunakan perangkat laptop 

IBU

Buset. Pake apaan lu ?

Canggih amat 

SUR

(Tersenyum) 

IBU

Ga sia-sia gua nyekolahin lu di jurusan computer  

Sur menerima kabar kemenangan dan memperlihatkan ke Ibu 

SUR

Ibu! 

IBU

Wih selamat 

Sur tersenyum dan langsung mengurus web 

IBU

Lu ngurusi gituan itu kuliah lu lancer kagak? 

SUR

Lancar lah, Bu

Lagian ini juga bagus buat CV

Bukti kalo Sur bisa bikin website gitu, ini juga bagus kok buat laporan beasiswa

  Babak ke 2 :

Cerita berlanjut setelah perdebatan dengan ayahnya, akhirnya Sur menuju kampus dengan terburu buru, sesampainya di tempat Sur mendapatkan fakta bahwa foto nya yang tengah mabuk tersebar di media sosial lewat unggahan dari akun pribadinya sendiri, dengan pertimbangan tersebut terpaksa beasiswanya dicabut dengan alasan tidak berkelakuan baik

 Analisa : Cerita mulai menuju pertengahan, perlahan konflik mulai terlihat, situasi yang tadinya stabil berubah menjadi kacau, karena sebab akibat yang dapat dijelaskan, dalam hal ini tokoh Sur berusaha bertahan  dan menyelesaikan permasalahannya, tetapi dalam film ini konflik tidak teratasi dengan mudah, banyak kejutan-kejutan yang dihadirkan penulis dalam rangkaian konflik

 Sur memutuskan untuk mencari tahu apa yang terjadi dengan dirinya pada malam itu, dan siapa yang dengan sengaja mengupload foto-foto tersebut, ia yakin bahwa ia sedang dikerjai oleh senior-senior dalam organisasi tersebut

 Konflik masih berlanjut Sur diusir dari rumah oleh ayahnya, tidak kehabisan akal ia mengungsi ke rumah Amin, yang memang tinggal di dalam ;lingkungan kampus, akan mempermudah misinya dalam mengungkap kebenaran yang terjadi, Sur dibantu Amin bertindak pasti menyalin semua data anak-anak untuk mendapatkan bukti, 

mengumpulkan informasi dengan bantuan para anggota organisasi, mendatangi tempat-tempat penting yang ia lalui malam itu, hingga puncaknya mengakses bukti rekaman CCTV di rumah Rama dan menemukan fakta bahwa kecurigaan nya adalah fiktif belaka, ternyata dirinya sendiri adalah pelaku yang menyebarkan foto-foto itu karena dirinya sedang 

dalam keadaan tidak sadarkan diri di bawah pengaruh minuman beralkohol, ini malah menyebabkan situasi semakin kacau karena ia menghambat pekerjaan para anggota organisasi lainnya dan menyita waktu mereka

 Tidak sampai di situ konflik terus berlanjut, saat Sur mendapatkan data dari ponsel pribadi rama, ia menemukan fakta bahwa, ia mengalami pelecehan secara seksual dan mengumpulkan beberapa bukti, masi dibantu oleh amin akhirnya beberapa orang ikut ambil bicara, bahwa mereka menggugat Rama 

atas kejadian tersebut dan menuntut keadilan dengan beberapa bukti, ternyata rama sudah menyiapkan stategi yang lebih baik. Sur kalah dengan bukti-buktinya malah menyebabkan masalah besar dimana kedua orang tuanya menjadi terjerat dengan permasalahan ini, menemukan fakta bahwa tingkat sosial juga mempengaruhi keadilan untuk seseorang

 Ibu Sur dengan ikatan batinnya mengetahui ada yang tidak beres dengan putrinya mengambil tindakan membela Sur tanpa sepengetahuan ayahnya, Sur dititipkan di tempat perlindungan anak dan perempuan sambil terus mengumpulkan bukti, Sur

 dibantu beberapa temannya akhirnya menemukan bukti yang kuat dengan menyabotase seorang supir taksi konflik menjadi sangat seru karena adegan dibungkus dengan apik menampilkan proses penangkapan dan pengejaran yang memicu rasa penasaran penonton

 Babak dua diakhiri dengan aksi rama menyandera mereka semua dan menghanguskan semua bukti, sehingga Sur dan teman-teman lainnya kembali tidak berdaya konflik melemah

Babak 3 :

Sur dan farah kembali ke kampus mereka membawa naik mesin fotocopy ke atas rooftop disana mereka memperbanyak bukti yang mereka punya dan menyebarluaskan nhya lewat membuang dokumen dokumen fotokopi tersebut ke bawah, banyak yang menjadi tertarik dan membaca, bukti-bukti tersebut pun membawa para korban lainnya naik ke rooftop dan membagikan kisah mereka sebagai bentuk protes atas kejahatan dan keadilan yang tidak mereka dapatkan

Di Akhir film kita menemukan rama yang tertampar atas kejahatan yang ia perbuat baik secara fisik dan hukum sosial

Bukti Narasi :

SUR

Cuma barang bukti ini yang kita punya, Selebihnya kita cuma punya cerita 

FARAH

Menurut lo mereka bakal percaya ga? 

SUR

Tato di punggung ka farah artinya apa? 

FARAH

"Di dalam kegelapan saya memutuskan untuk bekerja"

SIMPULAN

 Hasil analisis dari pembabakan struktur naratif bahwa bisa kita lihat, teori tzvetan todorov yang menyatakan bahwa naratif dibagi menjadi tiga bagian, juga berlaku untuk unsur naratif pada film penyalin cahaya, meskipun memiliki alur konflik yang tidak biasa karena film ini bergenre drama thriller tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa struktur tiga babak secara sadar atau tidak 

ditulis oleh narator pasti akan berpola sama di setiap cerita yang kita temui, yaitu situasi awal yang stabil, tengah bagian saat muncul konflik dan berakhir dengan penyelesaian sehingga situasi kembali stabil

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun