Mohon tunggu...
Go Up Agency
Go Up Agency Mohon Tunggu... Konsultan - Konsultan Digital Marketing

Berbeda dengan Agensi pada umumnya yang fokus kepada jasa layananya, GUA hanya fokus terhadap Pertumbuhan Bisnis atau Pencapaian Tujuan Bisnis anda. Sehingga GUA akan lebih Fleksibel dalam segala hal. Karena kami memahami setiap bisnis memiliki kebutuhan dan tantangan yang unik.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Optimasi Shopee: Membuat Kinerja Toko Menjadi Optimal

30 Oktober 2023   21:30 Diperbarui: 30 Oktober 2023   21:36 300
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Siapa yang tidak kenal Shopee? Baik penjual ataupun pembeli pasti tidak asing dengan Shopee. Apa lagi dengan promosi yang diadakan setiap bulan pada tanggal kembar, seperti 11.11 dan 12.12. Para penjual bersama-sama membuat harga coret pada event tanggal kembar. Sedangkan para pembeli, berboyong-boyong datang untuk membeli keperluan mereka dengan harga yang lebih murah.

Namun,, jika tidak ada tanggal kembar ini, apakah anda pernah bertanya-tanya bagaimana penjualan akan optimal? Apakah baik toko baru bisa mengikuti segala macam event shopee? Atau hanya yang sudah well established saja? Jika demikian,untuk meningkatkan penjualan di Shopee secara signifikan, rahasianya ada pada optimasi Shopee dengan perencanaan yang baik.

Faktor Penting untuk Optimasi Shopee

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai faktor penting untuk optimasi Shopee. Dari pemahaman algoritma Shopee sampai cara membuat promosi yang efektif. Dengan memahami isi dari artikel ini, anda akan melangkah lebih maju dalam pemahaman mengenai optimasi Shopee.

Algoritma Shopee

Algoritma Shopee sangat cerdas. Shopee menggunakan sistem untuk pencarian produk dengan menggunakan algoritma. Hal ini yang menentukan produk mana yang akan muncul pada bagian atas dan pada bagian bawah pada suatu pencarian.

Sebagai contoh, anda memiliki toko yang menjual snack makanan Indonesia, seperti basreng, lidi, cimol kering, kuaci, dsb. Pastikan judul dan deskripsi dari setiap produk memiliki kata kunci yang relevan. Hal ini untuk membuat toko anda muncul pada bagian atas halaman result pencarian ketika calon pembeli mencarinya produk yang diinginkan.

Untuk penjelasan lebih dalam, ada beberapa hal yang menentukan hasil pencarian, yaitu:

  • Relevance

Kata kunci yang relevan dengan produk yang dijual, akan membuat produk memiliki peringkat atas dalam halaman result pencarian. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jika anda menjual basreng pada toko anda dengan berbagai macam rasa, pastikan pada produk tersebut diberikan kata kunci yang tepat pada judul dan deskripsinya. Misalnya, ada halaman khusus untuk basreng rasa daun jeruk, bisa menggunakan kata kunci 'basreng daun jeruk'.

  • Popularity

Jika toko memiliki produk yang populer yang banyak dicari oleh pembeli, maka toko anda mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dengan produk yang dicari pada halaman result. Contoh, basreng daun jeruk sedang banyak peminatnya, dan toko anda menjual basreng daun jeruk, maka ketika calon pembeli mengetikan kata kunci 'basreng daun jeruk', toko anda akan ada pada peringkat atas pada halaman result.

  • Conversion Rate

Produk yang sering dibeli (high conversion rate), juga akan memiliki peluang untuk berada pada peringkat atas di halaman result. Contoh, jika produk basreng daun jeruk pada toko anda sudah terjual sangat banyak, misalnya lebih dari 1000 pcs, dan toko lainnya dengan produk yang sama hanya berhasil menjual 150pcs. Faktor ini dapat membuat toko anda mendapat peringkat atas dalam pencarian basreng daun jeruk.

  • Promotions

Produk yang sedang dipromosikan oleh toko akan memiliki peringkat yang lebih tinggi pada halaman result. Alasannya karena Shopee ingin menarik pada audience yang datang untuk membeli produk-produk tersebut. 

Contohnya, toko anda sedang mengadakan promosi untuk produk Cimol Kering yang kurang penjualannya. Promosi ini dapat berupa harga coret (harga menjadi lebih murah beberapa persen dari harga aslinya), kupon toko yang berupa voucher toko, atau gratis ongkir. Ini dapat membuat produk Cimol Kering pada toko anda menempati posisi atas pada halaman result.

Cara lain yang dapat membuat produk anda menjadi lebih visible pada halaman result yaitu dengan cara mengikuti kampanye Shopee. Seperti, flash sale, Shopee Big Sale, Shopee Affiliate Program.

  • Rating

Rating didapat oleh toko pada halaman produk sebagai bentuk review kepuasan customers atas produk yang didapatnya. Jika customers puas dengan suatu produk, umumnya akan memberikan bintang 5 pada ulasannya.

 Contohnya, seorang customers membeli  2pcs Basreng Daun Jeruk. Kemudian pihak toko mengemasnya dengan sangat baik, barang sampai dengan kondisi baik dan tidak melebihi batas estimasi pengiriman, dan si customer sangat doyang dengan olahan basreng rasa daun jeruk pada toko anda. Ini dapat membuat customer memberikan bintang 5.

Jika, customer belum memberikan bintang 5 dalam kurang lebih 2 hari, ada baiknya jika admin toko anda mengirimkan pesan pengingat untuk customer memberikan rating bintang 5.

Memaksimalkan Penggunaan Social media

Ada beberapa hal yang dapat dibantu oleh sosial media untuk membantu optimasi toko Shopee anda. Seperti meningkatkan visibilitas toko untuk menjangkau lebih banyak calon pembeli. Anda dapat membuat konten yang lagi trend, menarik dan informatif mengenai produk-produk yang toko anda jual.

Selain itu, dengan menggunakan sosial media juga dapat meningkatkan kepercayaan pembeli. Karena dengan mem bagikan informasi produk pada content social media anda, calon pembeli dapat melihat seperti apa kualitas dari produk anda dan promosi apa yang sedang berlangsung. Untuk membuat toko anda lebih terpercaya dan menarik calon pembeli, pemberian giveaway baik sekali untuk dilakukan.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat memilih social media untuk mengoptimasi toko Shopee anda. Sosial media yang sering digunakan adalah Facebook, Instagram, Twitter dan TikTok. Namun, perlu diperhatikan kalau tidak semua sosial media cocok untuk semua tipe bisnis. 

Disini, kita menggunakan contoh toko yang menjual snack tradisional Indonesia, sosial media yang cocok untuk digunakan yaitu Instagram dan Tiktok. Kedua sosial media ini dapat menampilkan content menarik, yang sedang trend, yang dapat di upload pada IG Stories, IG posting, dan posting di TikTok. 

Ada juga fitur Live pada Instagram dan TikTok yang bisa digunakan untuk mengundang calon pembeli agar terasa lebih dekat dan interaktif. Calon pembeli bisa bertanya melalui kolom komentar. Admin yang mengadakan Live bisa langsung menjelaskan dan menampilkan produk yang ditanyakan oleh calon customers.

Penawaran Menarik untuk Calon Pembeli

Selain memberikan promosi dengan cara harga coret, free ongkir dan mengikuti kampanye Shopee, anda sebagai pemilik toko perlu memikiran penawaran menarik lainnya. Penjualan dengan sistem bundle produk bisa menjadi ide baik untuk meningkatkan daya tarik calon pembeli. 

Penjualan pada toko Shopee dengan menggunakan sistem bundle merupakan suatu metode penjualan dimana penjualan dengan menggabungkan beberapa produk menjadi satu paket. Harga yang dipasang biasanya lebih murah dibandingkan jika customer membelinya secara per item. 

Jadi, untuk toko snack tradisional Indonesia, bisa dibuat bundling seperti Basreng Kupas (Bakso Goreng dan Kuaci Kupas) atau  bisa juga dengan membuat paket bundle snack dengan tas selempang bening untuk wadah snack agar terlihat catchy. 

Sistem bundle ini bisa menjadi cara efektif untuk membantu meningkatkan penjualan. Usahakan membuat sistem bundle yang unik untuk menarik perhatian calon customer membeli paket bundle tersebut.

Jika paket bundle ini terjual dengan jumlah yang banyak, akan membantu meningkatkan angka penjualan pada toko anda. Pastinya, dengan meningkatnya angka penjualan maka keuntungan yang didapat juga akan bertambah. Tidak hanya itu, peringkat toko juga akan naik dalam halaman result, yang berarti akan membuat peningkatan visibilitas toko. Dengan ini, toko anda memiliki lebih banyak peluang untuk mendapat fasilitas fitur unggulan dari Shopee, seperti gratis ongkir, diskon, dan promosi lainnya.

Memberikan Respon yang Cepat

Penting untuk memberikan respon yang cepat dan tepat kepada pertanyaan dan keluhan dari customer atau calon customer dengan cepat. Dengan memberikan respon yang cepat dan jelas akan membuat customer atau calon customer menjadi puas dan dapat meningkatkan penjualan.Contohnya, jika ada calon customer yang bertanya mengenai suatu paket bundle atau untuk pemesanan 1 kg dapat muat berapa produk. 

Dengan admin toko Shopee anda membalas dengan cepat pesan yang masuk. Pastikan admin toko Shopee anda membalasnya dengan menggunakan bahasa yang jelas, tepat dan akurat. Untuk membantu admin toko Shopee anda menjawab pesan yang masuk dengan cepat dapat menyalakan fitur live chat. Setel waktu balasan, pesan yang masuk sebisa mungkin dijawab langsung, jangan sampai lewat dari 12 jam. Ucapkan terima kasih dan berikan CTA seperti, "ditunggu ya kak orderannya" pada akhir pesan.

Menganalisis Data Penjualan

Menganalisis data penjualan dapat memahami mengenai performa toko. Ada beberapa hal yang dapat dijadikan acuan, seperti bulan berapa toko anda memiliki konversi yang tinggi, jam berapa banyak pengunjung yang datang ke toko anda, berapa banyak setiap tipe produk terjual untuk mengetahui berapa banyak stok yang harus disiapkan, promosi apa yang berjalan. 

Contohnya, toko anda memiliki data penjualan yang stabil setiap bulan. Tetapi, konversi penjualan produknya yang berbeda-beda setiap bulan, misalnya pada bulan Mei produk basreng daun jeruk paling diminati oleh customer, sedangkan pada bulan Juni yang paling banyak adalah Cimol Kering rasa Keju. Data ini bisa dipertimbangkan untuk menyiapkan stok lebih banyak untuk dua varian ini.

Jika dalam data yang didapatkan kebanyakan orang berbelanja pada jam 12 sampai jam 1 siang dan jam 10 malam sampai jam 12 malam. Dari data ini, perhatikan, produk apa yang paling tinggi jumlah pembeliannya. Misalnya yang paling sering dibeli adalah basreng daun jeruk, anda dapat membuat bundle basreng daun jeruk dengan produk di toko anda yang penjualannya rendah. Ini adalah cara untuk menaikkan jumlah produk terjual untuk produk yang rendah konversi.

Kemudian anda dapat menganalisis juga data produk pada toko Shopee anda, yang meliputi harga, foto, deskripsi dan stok yang terecord pada sistem Shopee. Data penjualan merupakan hal penting yang dapat anda pelajari untuk menentukan rencana kedepan apa yang ingin Anda optimasi pada toko atau produk anda. Pelajari juga data customer, seperti customers anda kebanyakan datang dari daerah mana, usianya berpa, lelaki atau perempuan yang lebih sering membeli.

Dari beberapa hal ini dapat membantu anda memahami area mana yang perlu di optimasi untuk meningkatkan penjualan. Untuk mempermudah pemahaman anda membaca data penjualan, sebagai penentuan juga untuk promosi apa yang digunakan. Contohnya, dengan data yang ada, dapat membuat promosi untuk lelaki dan perempuan, misalnya pada produk bundle tas selempang untuk lelaki dapat diberikan warna biru sedangkan untuk perempuan warna pink. Tidak perlu menuliskan judul produk atau deskripsi produk untuk lelaki atau perempuan. Jadikan ini sebagai A/B testing.

Untuk mempermudah anda mengerti data yang didapat dari penjualan, ada baiknya menggunakan alat analisis data seperti Microsoft Excel atau Google Sheets. Bisa juga dibantu oleh visual data seperti, grafik, diagram dan tabel. 

Dengan memahami penjelasan mengenai optimasi Shopee diatas, diharapkan artikel ini dapat membantu anda dalalam mengoptimasi toko Shopee anda. Perlu diingat jika optimasi Shopee ini adalah hal yang harus terus menerus dilakukan untuk membantu toko anda pada posisi atas. Teruslah berinovasi, update mengenai trend dan memahami kebutuhan pasar. Selamat mengoptimalkan toko Shopee anda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun