Mohon tunggu...
Go Mobile ID
Go Mobile ID Mohon Tunggu... Konsultan - Single gateway into the world of mobile.

Full-cycle digital-agency specialized in mobile marketing. Our services: media buying, ASO, social media, and campaign optimization. gomobileagency.com

Selanjutnya

Tutup

Money

Apa yang terjadi setelah iklan Anda diklik? Post Click KPI

25 Agustus 2022   11:57 Diperbarui: 25 Agustus 2022   12:01 84
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Go Mobile Agency - Apa itu Post Click KPI? Peter Drucker, seorang guru manajemen, dipuji karena mengatakan: "Jika Anda tidak dapat mengukur performa iklan, Anda tidak dapat mengelolanya." Iklan digital mengikuti aturan yang sama. Namun, advertiser secara konsisten gagal melacak metrik penting. Kebanyakan fokus untuk mendapatkan banyak klik sehingga lupa fase pasca-klik yang menghasilkan konversi dari periklanan.

Lima metrik pasca-klik yang harus Anda pantau untuk menilai dan memaksimalkan efektivitas campaign iklan Anda secara akurat dibahas Go Mobile Agency dalam artikel ini.

Mengapa kita perlu menambahkan post-click KPI ke campaign kita?

Penting untuk diperhatikan bahwa channel yang berbeda memiliki KPI inti yang berbeda. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa tidak semua channel dalam hal ini cenderung secara langsung mempengaruhi pendapatan atau konversi. Misalnya, tergantung pada penawaran Anda, mungkin tidak praktis untuk mengantisipasi bahwa media sosial akan berdampak signifikan pada penjualan. Oleh karena itu, "reach" bisa menjadi kunci KPI untuk media sosial.

KPI utama untuk PPC dalam contoh di atas adalah biaya per akuisisi daripada pendapatan karena pendapatan hanya akan memberi kita gambaran parsial. Pendapatan akan dipengaruhi secara signifikan oleh penyesuaian besar apa pun pada anggaran PPC, tetapi ini tidak berarti bahwa aktivitas PPC berhasil. Lebih baik menghitung biaya per akuisisi dengan cara ini.

KPI tambahan apa yang mungkin Anda atur untuk mendapatkan hasil yang lebih baik?

Dalam iklan spanduk, Anda dapat mempertimbangkan penggunaan metrik Pasca-klik tambahan untuk mengukur efektivitas campaign iklan Anda. Inilah yang dapat Anda tambahkan:

1. Page Per Session

PPS menunjukkan berapa banyak halaman di situs web Anda yang rata-rata diperiksa oleh pengguna Anda. Metrik ini memungkinkan Anda memahami seberapa menarik konten halaman Landing Anda dan bagaimana reaksi pengguna terhadapnya. Tentu saja, jika halaman Landing Anda hanya terdiri dari 1 halaman, metrik ini tidak relevan dan Anda harus mempertimbangkan untuk memilih yang lain.

2. Bounce Rate

Rasio bounce rate adalah persentase pengunjung yang segera meninggalkan situs web Anda setelah hanya membuka satu halaman atau menghabiskan kurang dari 30 detik di situs web dan tidak menekan tombol apa pun. Persentase rasio pentalan yang lebih tinggi menunjukkan ada yang salah dengan strategi Anda (contoh: konteks berbeda antara laman landas dan iklan spanduk atau konten LP yang buruk).

3. Session

Mengacu pada Google, sesi adalah sekelompok interaksi pengguna dengan situs web Anda yang berlangsung dalam jangka waktu tertentu. Anda dapat menganggap sesi sebagai cara untuk menggabungkan tindakan terkait iklan yang dilakukan pengguna di situs Anda. Misalnya, satu sesi iklan dapat berisi beberapa tampilan halaman dan tindakan di dalamnya.

4. Av. Session

Waktu yang dihabiskan pengguna di situs web Anda untuk membaca sekilas konten. Penting untuk dicatat bahwa halaman arahan yang Anda tempatkan harus sebagus iklan spanduk Anda.

Beberapa ukuran banner iklan yang dapat digunakan:

300x250 - RKT ~1,03% ini adalah RKT rata-rata, tetapi akan sangat bergantung pada lalu lintas

300x600 - RKT ~1.07% itu RKT rata-rata, tapi itu akan sangat bergantung pada lalu lintas

320x50 - CTR akan sangat tergantung pada banner, bisa 5%, bisa 0,5%

1200x627 - RKT dapat bervariasi dari 1% -2% hingga 6%

320x480 - RKT ~ 1,02% ini adalah RKT rata-rata, tetapi akan sangat bergantung pada lalu lintas

Untuk memaksimalkan efektivitas campaign iklan Anda, Anda dapat memperhatikan sumber yang Anda gunakan untuk mendatangkan traffic, beberapa di antaranya tidak membawa hasil atau membawa hasil dengan biaya yang sangat tinggi, jadi akan lebih baik untuk menghentikannya dan fokus pada sumber yang memiliki traffic murah dan hasil yang lebih baik, itu berarti mereka cocok untuk produk/layanan Anda. Untuk memahami cara mengoptimalkan, Anda masih perlu menguji semuanya terlebih dahulu, sehingga Anda memiliki gambaran lengkap di depan Anda - materi iklan apa, ukuran apa, dan sumber apa.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun