Mohon tunggu...
Gloriana Lestari
Gloriana Lestari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

"Follow the flow, enjoy the process"

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Asesment, Pengukuran, Penilian, Evaluasi serta Tujuan Pembelajaran dan Capaian pembelajaran

20 September 2023   18:40 Diperbarui: 20 September 2023   18:45 484
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Asesmen, Pengukuran, Penilaian, Evaluasi

Tujuan Pembelajaran  dan Capaian pembelajaran

 

Pada hakekatnya Asesmen, Pengukuran, Penilian serta evaluasi, persamaannya adalah semuanya memiliki kaitan dengan aktivitas menilai atau menentukan nilai sesuatu. Dan juga semunya berfokus untuk meningkatkan  kemampuan peserta didik. Selain itu, dengan hal/ proses-proses tersebut guru bisa menentukan metode, Teknik, strategi yang tepat ketika melakukan pembelajaran. Sehingga nantinya kualitas peserta didik, materi, organisasi, kurikulum yang berlaku/ diterapkan beserta guru dapat berproses seoptimal mungkin kemudian dapat meningkatkan mutu Pendidikan. Selanjutnya yang menjadi perbedaan secara umum yaitu  terletak pada ruang lingkup dan pelaksanaannya. .

DEFINISI

Tujuan

ASESMEN

Langkah-langkah pencarian tentang kemampuan dan hambatan yang dialami oleh peserta didik.

  • Bahan refleksi serta landasan untuk meningkatkan mutu pembelajaran.
  • Finding Out merupakan suatu proses mencari, menemukan dan mendeteksi kekurangan kesalahan atau kelemahan dari peserta didik dalam proses belajar.
  • Subjeknya hanya siswa

PENGUKURAN

Proses untuk menentukan kuantitas sesuatu yang menghasilkan angka

  • Menaksir pemahaman dan kemampuan peserta didik
  • memberikan umpan balik yang relevan dan terukur kepada siswa maupun pengajar
  • Guru dapat mengadopsi strategi pembelajaran tepat guna
  • Angka atau skornya bersifat kuantitatif

PENILAIAN

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun